3 Contoh Kegiatan Ekonomi Adalah Sebagai Berikut

3 Contoh Kegiatan Ekonomi Adalah Sebagai Berikut

Contoh Kegiatan Ekonomi Adalah – Tidak dapat dipungkiri jika seiring dengan berkembangnya zaman maka kebutuhan manusia akan semakin meningkat dan kebutuhan yang meningkat tersebut terutama di dasari karena semakin banyaknya tuntutan di era kehidupan yang serba modern ini.

Maka salah satu cara untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhan di dalam kehidupan ini adalah dengan melakukan kegiatan ekonomi.

Meskipun saat ini kegiatan ekonomi menjadi salah satu sektor yang berkembang pesat, namun masih ada saja masyarakat yang belum memahami kegiatan ekonomi dengan adalah dengan tepat.

Kegiatan Ekonomi Sudah Berjalan Sejak Zaman Dahulu

Pada dasarnya kegiatan ekonomi sendiri merupakan salah satu jenis kegiatan yang sudah berjalan sejak zaman dahulu kala, seperti contoh dahulu masyarakat primitif akan melakukan kegiatan barter atau bertukar sumber daya untuk saling memenuhi kebutuhan.

Karena pada zaman dahulu mata uang belum diciptakan dan belum diterapkan dalam proses jual beli. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, penggunaan mata uang telah dijadikan sebagai media pokok di dalam berbagai macam kegiatan ekonomi.

Oleh karena itu pada artikel ini akan dibahas mengenai beberapa pokok dalam kegiatan ekonomi, jenis kegiatan ekonomi yang sangat umum ditemui dan contoh kegiatan ekonomi.

contoh kegiatan ekonomi

Memahami Definisi Kegiatan Ekonomi Adalah Sebagai Berikut

Dalam ilmu ekonomi kebutuhan hidup manusia di bagi ke dalam tiga jenis utama yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

Kebutuhan primer sendiri seperti kebutuhan pangan, papan, dan sandang. Kemudian kebutuhan sekunder lebih kepada pemenuhan kebutuhan yang muncul karena situasi atau kondisi tertentu.

Sedangkan kebutuhan tersier biasanya muncul karena keinginan dari dalam diri seseorang. Sehingga dari berbagai kebutuhan tersebut tentunya memacu munculnya berbagai contoh kegiatan ekonomi saat ini.

Untuk dapat melakukan kegiatan ekonomi dengan benar maka sebelumnya anda harus benar-benar memahami definisi dari kegiatan ekonomi itu sendiri.

Kegiatan ekonomi adalah suatu jenis kegiatan yang selalu dilakukan oleh manusia di dalam kehidupan sehari-hari dimana kegiatan tersebut bertujuan untuk mendapatkan barang atau jasa.

Sehingga seringkali kegiatan ekonomi juga didefinisikan sebagai salah satu kegiatan untuk mencapai kesejahteraan di dalam hidup.

Sebab salah satu indikasi kesejahteraan manusia adalah tercapainya semua jenis kebutuhan di dalam kehidupan dan dari definisi tersebut juga dapat dilihat bahwa kegiatan ekonomi sangat menjunjung tinggi salah satu ciri utama manusia.

Dimana manusia sendiri merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa adanya interaksi dengan orang lain. Serupa dengan kegiatan ekonomi yang selalu membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak agar dapat berjalan dengan lancar.

Oleh karena itu saat ini terdapat berbagai contoh kegiatan ekonomi adalah berjalan di masyarakat. Namun sebelum mengetahui hal tersebut maka ada baiknya anda uraikan tiga pokok kegiatan ekonomi dengan benar yang juga akan dibahas dalam artikel ini.

Contoh kegiatan ekonomi adalah
Tiga Pokok Contoh Kegiatan Ekonomi Adalah Sebagai Berikut

Setelah mengetahui pentingnya melakukan kegiatan ekonomi dan pengertian dari kegiatan ekonomi itu sendiri maka hal selanjutnya yang harus bisa anda lakukan adalah uraikan tiga pokok kegiatan ekonomi dengan benar.

Sebab jika anda tidak memahami hal tersebut maka tentunya kegiatan ekonomi yang anda lakukan tidak dapat berjalan dengan lancar. Berikut tiga pokok kegiatan ekonomi yang wajib anda pahami :

1. Kegiatan Produksi
Dalam definisi baku kegiatan produksi sendiri memiliki pengertian sebagai sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan barang yang baru atau menambah suatu kegunaan dari barang yang sudah ada.

Pada dasarnya kegiatan produksi sendiri dibagi ke dalam dua jenis yaitu produksi barang dan produksi jasa. Oleh karena itu ada baiknya jika kita memahami masing-masing kegiatan ekonomi dalam hal ini yaitu macam-macam kegiatan produksi.

Kegiatan produksi barang sendiri merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang paling banyak dilakukan saat ini untuk memenuhi permintaan konsumen.

Produksi barang merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk menambah kegunaan dari sebuah benda dengan merubah bentuk serta sifat dari benda tersebut.

Sebagai contoh sebuah batang kayu diolah menjadi berbagai macam furnitur rumah tangga seperti meja, kursi, dan lain-lain. Tentunya hal tersebut dilakukan untuk memenuhi permintaan pasar dalam bidang desain interior rumah tangga.

Kegiatan produksi selanjutnya yaitu produksi jasa dimana dalam kegiatan ini tidak dilakukan proses perubahan bentuk dan sifat pada hal tertentu dan kegiatan ekonomi yang termasuk ke dalam jenis ini misalnya penyedia jasa angkut barang, pagelaran seni, dan lain-lain.

2. Kegiatan Distribusi
Kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan ekonomi yang paling penting dalam proses pemenuhan kebutuhan. Setelah sebuah barang atau jasa melewati proses produksi maka selanjutnya barang dan jasa tersebut wajib disebarluaskan ke beberapa wilayah sesuai dengan permintaan pasar.

Lebih singkatnya lagi adalah kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan barang dan jasa dari produsen ke konsumen di masing-masing daerah.

3. Kegiatan Konsumsi
Setelah barang dan jasa selesai melewati proses distribusi atau penyampaian barang maka hal selanjutnya yang pasti terjadi adalah proses jual beli.

Dimana salah satu pokok kegiatan dalam proses ini adalah pemenuhan kebutuhan masyarakat dan dimana pemenuhan kebutuhan itu juga dikenal sebagai kegiatan konsumsi.

Demikianlah artikel uraikan tiga pokok kegiatan ekonomi ini dan semoga saja artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Kita semua.

Comments are closed.