Contoh Soal Perkalian Matriks Berikut Cara Menghitungnya

Contoh Soal Perkalian Matriks Berikut Cara Menghitungnya

Contoh Soal Perkalian Matriks – Definisi dari matrik di dalam matematika adalah kumpulan beberapa unsur atau bilangan yang tersusun antara baris dan kolom.

Bilangan bilangan matriks yang tersusun di sebut dengan element matrik. Lalu secara umun pengertian perhitungan matriks disini maksudnya adalah perkalian antara dua buah matrik yang memenuhi syarat saja.

Karena tidak semua bentuk matrik dapat dikalikan antara satu dengan yang lain, sehingga dalam contoh soal perkalian matriks ada beberapa rumus untuk menghitungnya

Ada Banyak Rumus Perkalian Matriks

Biasanya rumus tersebut dinyatakan atau ditulis dengan huruf kapital contohnya “x” yang menyatakan suatu kolom dari matriks ordo.

Rumus matriks sendiri digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah dalam soal matematika, seperti mencari solusi dari nilai persamaan liner, fungsi liner, atau transformasi liner.

Ada banyak rumus dalam matriks, seperti rumus matriks baris, rumus matriks kolom, rumus mencari matriks nol, dan masih banyak lagi rumus yang lain.

Dalam artikel ini akan membahas rumus perkalian matriks dan rumus perkalian matriks dengan skalar. Untuk mencari rumus perkalian matriks matematika mempunyai metode rumus menghitung matriks yg sangat berbeda dengan operasi menghitung nilai penjumlahan atau pengurangan matriks.

Metode yg diterapkan didalam rumus menghitung perkalian matriks ialah dengan memasangkan baris pada matriks pertama dengan kolom pada matriks kedua.

Tetapi kedua nilai matriks ini bisa dikalian jika banyak kolom pd matriks pertama mempunyai nilai yg sama dg banyak baris pd matriks kedua dan hasil perkalian matriks akan mempunyai baris yg sama banyak dg baris matriks pertama.

Rumus-Rumus Perkalian Matriks

1. Matriks Skalar

Sedangkan dalam rumus perkalian matrik skalar dilakukan dengan cara mengalikan seluruh elemen elemen matriks dengan skalarnya. Jika k adalah satu konstanta dan a adalah matriks, maka cara melakukan perkalian skalar dapat dilakukan dengan cara dibawah ini:

Cara menghitung perkalian skalar dalam martiks cukup mudah dilakukan. Dibawah ini adalah contoh contoh soal perhitungan matriks.

2. Matriks Bujur Sangkar

Macam Matriks yg selanjutnya yaitu Matriks Bujur Sangkar dan pengertian Matriks ialah Matriks yg mempunyai banyak sekali barisnya dan sama dg banyaknya kolom.

Macam Matriks yang diatas ini ialah Matriks Skalar dan mempunyai pengertian matriks yg mempunyai eleman – eleman pd diagonal’nya bernilai sama.

3. Matriks Segitiga

Kemudian untuk Macam dan Jenis Matriks ke tiga ialah Matriks Segitiga Atas yg merupakan Matriks Bujur Sangkar dg elemen – eleman ada dibawah diagonal utamanya yg bernilai Nol.

Matriks Segitiga Bawah merupakan Jenis Matriks selanjutnya dan mempunyai eleman – eleman yg berada di atas diagonal utamanya serta bernilai Nol.

Operasi Pada Rumus Matematika Matriks

Setelah membahas Macam dan Jenis Matriks Matematika sekarang tinggal membahas macam dan jenis operasi pada Rumus Mencari Matriks yg dibagi menjadi

Contoh Soal Perkalian Matriks

Perkalian Matriks

Penjelasan dari contoh soal perkalian matriks atau Rumus Penjumlahan Matriks dan Rumus Pengurangan Matriks ialah jika nilai Matriks A dapat dijumlahkan atau dpt dikurangkan jika nilai dari dua Matriks Matematika tersebut berukuran atau bernilai sama.

Lalu hasil dari penjumlahan tersebut didapatkan dari sebuah matriks yg diperoleh dengan cara menjumlahkan atau mengurangkan nilai elemen yg seletak dan berikut di bawah ini adalah contoh soal perkalian matriks:

Penjelasan dari Cara Menghitung Rumus Perkalian Skalar Matriks ialah Skalar dikali dg Matrik maka akan memperoleh sebuah nilai Matrik dg elemen – elemennya merupakan perkalian skalar tersebut.

Rumus Perkalian Dua Matriks

Nilai Matriks A bisa dikalikan dg Matriks B (AxB) jika banyak kolom A = banyak kolom dari B dan contoh soal matematika Rumus Perkalian Dua Matriks seperti dibawah ini.

Itulah beberapa contoh mengenai soal perkalian matriks berikut rumus matriks dan cara pengerjaan soalnya. Sekian ulasan mengenai matriks dan perhitungan matriks dalam matematika, semoga informasi yang ada dalam artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.

Comments are closed.