Mengenal 3 Fase Menstruasi Bagi Wanita Dengan Siklus Normal

Mengenal 3 Fase Menstruasi Bagi Wanita Dengan Siklus Normal

Fase Menstruasi – Kaum wanita adalah makhluk istimewa yang diberikan Tuhan siklus bulanan sebagai periode normal dalam sistem reproduksi yaitu disebut dengan menstruasi atau datang bulan atau siklus datang bulan.

Menstruasi sendiri dalam bahasa ilmiah atau biologi merupakan proses peluruhan sel-sel telur dari dinding rahim karena faktor sudah matang dan tidak mendapatkan pembuahan sehingga meluruh keluar dari rahim.

Proses ini normal dan terjadi setidaknya sebulan sekali sebagai strategi tubuh untuk membersihkan rahim dan juga sebagai penanda bagi wanita yang telah memasuki usia dewasa bahwa sel-sel telurnya telah matang dan memasuki usia reproduksi baru.

Bagi wanita yang sudah menikah, kematangan sel telur sebelum menstruasi bisa menjadi sarana pertemuan dengan sel sperma dan kemudian menghasilkan janin. Akan tetapi ketika terjadinya menstruasi, maka kenapa dilarang untuk berhubungan badan karena proses peluruhan sel-sel telur ini membawa darah kotor, oleh karenanya menstruasi menjadi satu satunya proses yang dijalani untuk membersihkan darah kotor yang ada di dalam rahim wanita.

Mengenal 3 Fase Menstruasi Bagi Wanita Dengan Siklus Normal

fase menstruasi pada wanita
1. Tahap subur

Fase menstruasi bagi wanita normal secara umum bisa dibagi menjadi tiga tahap, tahap pertama adalah tahap subur dimana periode ini antara tiap orang berbeda-beda, pada tahap subur ini wanita tidak mengalami menstruasi

Tetapi sel-sel telur yang ada di dalam rahim atau lebih tepatnya di kantung pembuahan sedang diproduksi dan menuju kematangan. Pada tahap subur ini, jika anda merupakan suami istri dan ingin mempunyai momongan, maka pada tahap subur ini bisa menjadi sarana untuk pertemuan sel telur dan sel sperma.

2. Mulainya menstruasi

Tahap kedua bagi fase menstruasi bagi wanita normal adalah dimulainya tanda-tanda menstruasi dengan keluarnya darah yang cukup banyak dari saluran kewanitaan, peluruhan darah ini berbeda dengan peluruhan darah ketika anda hamil

Karena peluruhan darah dalam kondisi hamil bisa disebut flek, sementara dalam kondisi normal anda bisa disebut dengan fase menstruasi. Dimana dalam kondisi ini, darah yang meluruh kotor keluar dari saluran kewanitaan, menyebabkan perubahan hormonal bagi perempuan sehingga sangat sensitif, labil, terbawa emosi, serta mengalami perubahan mood yang tidak biasa.

Secara ilmiah kondisi ini masih dalam kondisi normal, dimana biasanya diiringi dengan perasaan tidak nyaman di sekitar punggung, merasakan pusing, serta mengalami kondisi kurang nyaman di area perut hingga ke bawah. Dalam beberapa kondisi, ada beberapa wanita yang merasakan kondisi kurang nyamannya terlampau sakit, sehingga bisa berobat ke dokter, dokter akan meresepkan obat anti nyeri untuk sementara waktu.

Sebagai jalan alami, anda bisa kurangi stress ketika masuk dalam fase ini. Caranya dengan membagi pekerjaan secara merata dan sesuai dengan kemampuan anda, minimalisir penyebab emosi, perbanyak refreshing dan jalan-jalan serta usahakan untuk menjaga kebersihan saluran kewanitaan agar anda tidak mengalami infeksi penyakit.

Pada beberapa orang ketika dalam fase ini akan mengalami kekurangan darah dan dokter akan meresepkan vitamin tambah darah. Orang biasanya mengenal terkena anemia atau kekurangan zat besi dan darah merah, maka perbanyak makan sayur dan buah buahan yang mengandung zat besi.

3. Fase pemulihan

Fase ketiga adalah fase pemulihan dimana anda mulai kembali normal dan hanya menunggu proses pembersihan terakhir. Normalnya siklus menstruasi bisa berjalan dalam tiga hari atau seminggu, sehingga pastikan anda mengetahui siklus menstruasi masing-masing dan mencatatnya dikalender.

Jika anda merasa ada yang tidak beres dengan fase menstruasi anda, anda ada baiknya segera berkonsultasi dengan tenaga medis terdekat, minimal ke puskesmas yang ada di daerah anda dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Anda.

Comments are closed.