Apa Saja Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol? Berikut Ulasannya

Apa Saja Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol? Berikut Ulasannya

Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol – Manajemen memiliki ruang lingkup yang luas, manajemen bisa digunakan sebagai acuan untuk mengelola diri sendiri, kelompok maupun organisasi atau perusahaan.

Manajemen digunakan untuk mengatur, menjalankan serta mengontrol semua kegiatan organisasi dalam rangka mencapai tujuan. Manajemen memiliki berbagai fungsi, yang mana fungsi – fungsi ini menjadi panduan para manajer untuk menjalankan proses manajemen untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.

Salah satu tokoh manajemen yang paling berpengaruh dalam memperkenalkan fungsi manajemen adalah Henry Fayol, seorang industriawan berkebangsaan Perancis. Fungsi manajemen ini diperkenalkan pada abad ke-20.

Apa Saja Fungsi Manajemen Menurut Henry Fayol? Berikut Ulasannya

 fungsi manajemen menurut henry fayol

1. Planning

Planning atau perencanaan merupakan fungsi dasar dari manajemen. Perencanaan berfungsi sebagai langkah awal yang diperlukan untuk menentukan sasaran dan bagaimana strategi mencapai tujuan.

Proses perencanaan bersifat dinamis, dapat berubah sewaktu – waktu sesuai situasi dan kondisi pada saat itu. Pada prosesnya, pemimpin berpengaruh dalam memutuskan atau mengubah tujuan yang ingin dicapai suatu organisasi.

Perencanaan diawali dengan menentapkan tujuan organisasi atau perusahaan. Selanjutnya menentukan srategi yang digunakan untuk mencapai tujuan. Agar tujuan organisasi atau perusahaan bisa tercapai, diperlukan perencanaan menyeluruh yang saling terintegrasi.

2. Organizing

Fungsi manajemen menurut Henry Fayol yang kedua yaitu organizing. Organizing atau pengorganisasian merupakan cara membuat stuktur organisasi yang sesuai dengan sasaran oganisasi dengan mensinkronkan sumber daya – sumber daya yang dimiliki organisasi.

Sumber daya tersebut diantaranya sumber daya alam, sumber daya modal dan sumber daya manusia. Menurut Henri Fayol, di dalam proses pengorganisasian terdapat pemusatan wewenang pada level pimpinan suatu organisasi atau perusahaan.

Prinsip – prinsip pengorganisasian menurut Henry Fayol yaitu adanya pembagian tugas pekerjaan, sentralisasi, kesatuan pengarahan dan adanya tingkatan organisasi.

3. Commanding

Commanding atau pengarahan merupakan fungsi manajemen menurut Henry Fayol yang ketiga. Pada prosesnya, pengarahan ditujukan untuk memberikan arahan pada SDM (Sumber Daya Manusia) suatu organisasi atau perusahaan agar SDM tersebut dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Pengarahan bisa dilakukan dengan komunikasi dan pemberian motivasi agar pekerja mampu melaksanakan tugas sesuai tujuan yang ditetapkan oleh organisasi.

 fungsi manajemen menurut henry fayol

4. Coordinating

Coordinating atau pengkoordinasian merupakan salah satu fungsi manajemen untuk menyinergikan atau menyelaraskan seluruh kegiatan yang ada di dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan organisasi.

Di dalam suatu organisasi, koordinasi itu yang sangat penting. Beberapa alasan yang mendasari pentingnya koordinasi yaitu :

• Mencegah terjadinya kekacauan, miscommunication ataupun kekosongan pekerjaan.

• Agar tercipta keselarasan antara orang – orang dan pekerjaannya sehingga tujuan organisasi dapat tercapai.

5. Controlling

Fungsi manajemen menurut Henry Fayol yang terakhir adalah controlling. Controlling atau pengendalian adalah kegiatan untuk memantau dan memastikan seluruh kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan, diperintahkan serta dikoordinasikan sebelumnya berjalan sesuai tujuan yang ditetapkan.

Dengan kata lain, fungsi controlling ini memastikan kegiatan yang telah dilakukan sesuai dengan rencana awal dan mengevaluasinya.

Di dalam pelaksanaannya, controlling juga dikenal dengan sebutan correcting, evaluating dan appraising. Prinsip – prinsip pelaksanaan controlling yaitu :

1. Pimpinan organisasi melakukan pengawasan dengan standar nilai yang jelas dan dipahami para karyawan.

2. Seluruh elemen organisasi harus memahami bahwa fungsi pengawasan merupakan hal penting guna mencapai tujuan.

3. Semua karyawan di dalam suatu organisasi atau perusahaan harus memahami standar penilaian dalam pengawasan karena hal ini menentukan reward dan punishment yang diberlakukan.

Comments are closed.