9 Isi Hak Oktroi VOC yang Wajib Diketahui Oleh Generas Muda

9 Isi Hak Oktroi VOC yang Wajib Diketahui Oleh Generas Muda

Hak Oktroi VOC – Seperti yang kita ketahui bahwa dalam perkembangannya bangsa Indonesia banyak sekali melawati berbagai macam perjuangan dan juga pertarungan sehingga ada baiknya generasi muda mengetahui sejarah bangsa Indonesia.

Dimana pada kala itu seluruh warga negara rela berkorban harta dan nyawa agar Indonesia secepatnya dapat meraih kemerdekaan dan terbebas dari kelamnya masa penjajahan.

Sebelum berhasil meraih kejayaan dan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, seluruh masyarakat Indonesia harus terlebih dahulu merasakan keterpurukan kehidupan dalam penjajahan.

Sejarah Penjajahan yang terjadi Di Indonesia

hak oktroi voc

Penjajahan yang terjadi di Indonesia pada awalnya dimulai dari adanya invasi oleh bangsa Portugis dan Spanyol dan hal tersebut didasari karena Indonesia merupakan salah satu negara penghasil rempah terbanyak dengan kualitas terbaik.

Dimana pada saat itu rempah memiliki harga yang sangat tinggi di pasar dunia. Kabar itupun secepat angin tersebar ke berbagai negeri Barat, salah satunya adalah Belanda. Sehingga Belanda pun mengirim beberapa kapal perdagangan yang kala itu ingin mengambil semua hasil rempah Indonesia.

Namun ketika sampai sayangnya Belanda harus melawan Portugis dan Spanyol sehingga untuk sementara waktu harus mundur dari Indonesia.

Tak lama Belanda datang dengan invasi besar-besaran yang berpura-pura berperang bersama rakyat Indonesia untuk mengusir kependudukan Portugis dan Spanyol kala itu.

Setelah berhasil melakukan invasi, ternyata hal tersebut menjadi titik awal Belanda untuk menjajah Indonesia selama kurang lebih 350 tahun.

Selama itu pula kegiatan pemerintahan dan perdagangan dilakukan oleh Belanda yang tujuannya adalah untuk memonopoli perdagangan di kawasan Asia.

Belanda Membentuk VOC

Untuk melancarkan kegiatan tersebut maka penduduk Belanda yang menetap di Indonesia membentuk sebuah kongsi dagang yang dinamakan dengan VOC.

VOC sendiri sebenarnya merupakan sebuah persatuan dagang yang tujuan utamanya adalah untuk melakukan monopoli perdagangan di kawasan Asia serta menyatukan kegiatan perdagangan khususnya pada komoditas rempah di wilayah Timur dunia.

VOC sendiri merupakan singkatan dari Vereenigde Oostindische Compagnie yang didirikan pada tanggal 20 Maret 1602. Meskipun hanya sebuah kongsi dagang, VOC tetap mendapatkan dukungan penuh dari pemerintahan Belanda. Sehingga selama masa kejayaan VOC. Organisasi ini mempunyai hak untuk memiliki pasukan perang serta melakukan perjanjian dengan negara lain.

hak oktroi voc
9 Isi Hak Oktroi VOC Sebagai Salah Satu Perjalanan Sejarah Indonesia

Pada saat dibentuknya organisasi ini pemerintah Belanda menetapkan beragam hak istimewa tersebut dalam sebuah perjanjian yang dikenal dengan Hak Oktroi VOC.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai hak-hak istimewa yang dimiliki oleh VOC, maka berikut beberapa isi hak oktroi voc yang tertuang dalam beberapa poin yaitu :

1. Hak untuk memonopoli perdagangan.

2. Hak untuk mencetak mata uang sendiri.

3. Hak untuk mengadakan perjanjian internal dengan raja-raja di Nusantara.

4. Hak untuk memiliki angkatan perang atau tentara.

5. Hak untuk mengumumkan sebuah perang.

6. Hak untuk menjalankan sistem pemerintahan sendiri.

7. Hak khusus sebagai wakil resmi dari Kerajaan Belanda di Indonesia.

8. Hak untuk menarik pajak dari rakyat.

9. Hak untuk menjalankan kekuasaan penghakiman.

Demikian isi hak oktroi VOC yang wajib anda ketahui, sehingga anda mendapatkan pemahaman yang tepat mengenai penjajahan Belanda yang terjadi di Indonesia.

Comments are closed.