8 Kegunaan Amoxilin dan Kontraindikasinya yang Perlu Anda Ketahui

8 Kegunaan Amoxilin dan Kontraindikasinya yang Perlu Anda Ketahui

Kegunaan Amoxilin – Apakah Anda tahu kegunaan Amoxilin untuk apa? Nama Amoxilin tidak asing di telinga kita. Tapi hanya sebagian orang saja yang tahu apa itu amoxilin dan kegunaannya.

Amoxilin merupakan salah satu antibiotik dari golongan penisillin yang digunakan untuk mengatasi berbagai jenis infeksi bakteri dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri. Antibiotik ini menjadi obat andalan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri seperti bronkitis, infeksi pada telinga, radang paru – paru, gonorea, infeksi pencernaan dan lainnya.

Amoxilin berbentuk tablet, kapsul, sirup dan suntik atau injeksi. Beberapa merek dagang Amoxilin diantaranya : Arcamox, Laprimox, Mokbios, Opimox, Widecilin, Solpenox, Amoxsan, Kalmoxillin, Pehamoxil, mixgra, nufamox, vibramox dan lainnya.

Obat ini bisa digunakan untuk orang dewasa dan anak – anak. Karena Amoxilin tergolong obat resep, maka obat ini tidak dijual secara bebas dan tidak bisa diminum secara sembarangan.

Penggunaan obat ini harus dengan petunjuk dan dosis aman dari dokter. Obat ini harus diminum sesuai anjuran dokter, tidak boleh melebihi dosis maupun kurang dari dosis dan harus dihabiskan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan oleh dokter.

Dosis amoxilin berbeda – beda tergantung dari jenis infeksi yang menyerang. Pada saat memberikan dosis amoxilin, dokter akan melihat seberapa parah infeksi yang menyerang dan reaksi tubuh pasien terhadap obat.

Cara Kerja Amoxilin yang Perlu Anda Ketahui

Amoxilin bekerja dengan cara menghambat pembentukan dinding sel bakteri, membunuh dan menghentikan perkembangannya. Amoxilin menghancurkan peptidoglikan, bagian penting yang menyelimuti dinding sel bakteri.

Antibiotik ini menghancurkan peptidoglikan pada saat bakteri membelah diri. Itu sebabnya pertumbuhan bakteri dapat dihentikan oleh antibiotik ini.

8 Kegunaan Amoxilin yang Jarang Diketahui Banyak Orang

kegunaan amoxilin

Berikut ini kegunaan Amoxilin yang dikonsumsi dengan dosis yang tepat dan sesuai anjuran dokter, diantaranya :

1. Mengobati infeksi hidung dan telinga

2. Mengobati pneumonia dan infeksi paru – paru

3. Mengobati infeksi kulit yang disebabkan bakteri

4. Megobati penyakit gonorea, lyme, infeksi ginjal

5. Mengobati infeksi sinus

6. Mengobati infeksi saluran kemih

7. Mencegah infeksi bakteri setelah operasi

8. Membunuh bakteri penyebab tukak lambung

kegunaan amoxilin

Kontraindikasi Amoxilin

Untuk mencegah terjadinya efek samping dari penggunaan Amoxilin, maka penting untuk Anda mengetahui peringatan berikut ini:

• Jika Anda memiliki alergi terhadap penisillin, maka Anda tidak boleh mengonsumsi antibiotik ini.

• Penderita ginjal harus berhati – hati saat mengonsumsi obat ini.

• Wanita hamil dan menyusui harus berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi Amoxilin.

• Bagi wanita yang sedang mengonsumsi pil kontrasepsi dan mengalami muntah – muntas setelah mengonsumsi Amoxilin, pastikan menggunakan alat pengaman tambahan seperti kondom.

• Bagi penderita demam kelenjar sebaiknya tidak mengonsumsi Amoxilin karena dapat menimbulkan ruam.

• Jika terjadi alergi atau overdosis setelah mengonsumsi Amoxilin, segera periksakan diri ke dokter.

• Jika Anda menjalani vaksinasi, pastikan berkonsultasi dengan dokter karena Amoxilin dapat menurunkan efektifitas vaksin tersebut.

 

Bagaimana Cara Mengonsumsi Amoxilin yang Benar?

Untuk menghindari terjadinya efek samping setelah mengonsumsi Amoxilin, Anda harus membaca petunjuk pada bungkus obat dan mengikuti anjuran dari dokter. Anda tidak boleh mengubah dosis tanpa anjuran dokter.

Amoxilin bisa dikonsumsi pada saat sebelum makan dan sesudah makan. Saat meminum Amoxilin, Anda perlu menjaga jarak waktu antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Anda harus menghabiskan Amoxilin sesuai resep dari dokter. Jika dosis yang diresepkan sudah habis tetapi penyakit belum sembuh, maka Anda harus menemui kembali dan memeriksakan diri ke dokter.

Comments are closed.