Kegunaan Bioplacenton untuk Luka Bakar dan Cara Menggunakannya

kegunaan bioplacenton

Kegunaan Bioplacenton – Sahabat, untuk mengobati luka bakar, ada beberapa pilihan obat herbal yang dapat digunakan.

Namun, jika kamu membutuhkan obat kimia yang dapat menyembuhkan luka, terutama luka bakar, kamu harus mencoba dan merasakan kegunaan bioplacenton.

Apa itu bioplacenton?

Bioplacenton atau yang dikenal dengan nama lain placenta extract adalah obat yang ditujukan bagi luka bakar. Obat berbentuk salep atau krim ini dapat mempercepat atau memicu pertumbuhan jaringan baru kulit.

Obat ini diproduksi oleh perusahaan farmasi Kalbe dan telah mendapatkan pengakuan Badan Pengawas Obat dan Makanan. Obat ini bisa didapatkan di apotek dengan mudah tanpa memerlukan resep dokter.

Kandungan bioplacenton

Di dalam bioplacenton terdapat placenta extract dan neomycin sulfate. Placenta extract berfungsi dalam pertumbuhan jaringan kulit baru. Sementara itu, zat aktif neomycin sulfat, kandungan tersebut merupakan antibiotik yang tergolong aminoglikosida.

Baca Juga  Mengenal Daun Antanan dan Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Cara kerja dari neomycin tersebut adalah mengangkat bakteri (30S) yang menghambat pertumbuhan sel jaringan kulit.

Selain diklaim dapat memicu terjadinya pembentukan jaringan baru pada kulit dengan cepat, aminoglikosida juga dapat mengantisipasi terjadinya infeksi pada luka.

kegunaan bioplacenton

Apa Sajakah Kegunaan bioplacenton?

Dalam menyembuhkan luka bakar atau memicu tumbuhnya sel jaringan kulit baru, fungsi lain salep ini adalah sebagai berikut.

1. Menyembuhkan luka dengan gejala infeksi

2. Mengurangi peradangan luka kronik

3. Mampu menyembuhkan ilkus debukistus

4. Mampu meredakan eksim piodemia

5. Serta mampu mengatasi impetigo furunkolosis.

Efek samping bioplacenton

Meskipun perannya sangat optimal bagi pertumbuhan kulit, namun situasi atau penggunaan yang tidak tepat dapat menimbulkan efek samping. Beberapa efek yang mungkin ditimbulkan oleh bioplacenton adalah sebagai berikut.

1. Beberapa kondisi tertentu dapat memungkinkan adanya ruam pada luka bakar yang diolesi bioplacenton

2. Pada area kulit yang diolesi dapat terasa gatal apabila terdapat reaksi bakteri

3. Selai itu dapat terasa panas diikuti bentuk bengkak pada area luka.

kegunaan bioplacenton
Bagaimanakah cara menggunakan bioplacenton?

Agar mendapatkan kegunaan biplacenton secara optimal, gunakan seperti berikut.

1. Bersihkan terlebih dahulu area luka dengan air bersih. Agar lebih baik, gunakan air hangat

2. Setelah luka dibersihkan, tunggu sejenak sampai kering secukupnya

3. Selanjutnya bioplacenton dapat diaplikasikan sebanyak 4 hingga 6 kali sehari.

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan bioplacenton

Walaupun obat ini memiliki manfaat yang optimal, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan agar tidak mendapat efek samping negatifnya.

1. Jika luka tidak kunjung sembuh dalam waktu yang lama, lebih baik hentikan penggunaan bioplacenton. Hal tersebut karena bioplacenton megandung antibiotik yang mungkin sja dapat menyebabkan superinfeksi.

2. Bagi seseorang yang memiliki alergi kulit, tetantu saja tidak diperkenankan untuk menggunakan obat ini.

3. Selain alergi kulit, seseorang yang memiliki gangguan pada organ ginjal juga disarankan untuk tidak menggunakannya.

Baca Juga  Kenali Mucopect Drop sebagai Obat Batuk Berdahak

4. Jangan gunakan bioplacenton pada bagian tubuh yang berlendir, pada sekitar mata, atau jangan sampai tertelan.

5. Bioplacenton juga ahrus melalui konsultasi dokter apabila ingin digunakan oleh wanita yang akan merencanakan kehamilan, sedang hamil, atau sedang menyusui

6. Sebaiknya tidak digunakan pada bayi atau anak dengan umur kulit yang masih sensitif

7. Untuk menjaga kegunaan bioplacenton tetap optimal, simpan di ruanangan yang bersuhu 5-30 derajat celcius dan tidak terpapar sinar matahari langsung.

Kegunaan bioplacenton untuk jerawat

Selain dikenal sangat efektif untuk mengobati luka bakar, bioplacenton ternyata juga sangat baik untuk mengobati jerawat, luka bekas jerawat, bahkan hingga bopeng. Untuk jerawat, bioplacenton dapat bertindak sebagai berikut.

1. Bagi Anda yang pernah mengalami jerawatan, pasti sempat bingung dengan cara menghilangkan bekas jerawat yang berwarna hitam. Nah, pada bekas jerawat itu bioplacenton dapat digunakan.

2. Karena mengandung antibiotik yang baik bagi kulit, maka bioplacenton dapat mengusir bakteri yang menyebabkan jerawat. Anda dapat mengoleskannya jika ada titik calon jerawat.

Baca Juga  Bukan Jerawat, Begini Cara Menghilangkan Milia

3. Pada jenis jerawat tertentu yang memunculkan peradangan, bioplacenton juga dapat menyembuhkan infeksi yang ada.

Nah, sahabat, itu tadi adalah uraian singkat mengenai kegunaan bioplacenton untuk menumbuhkan sel jaringan kulit pada luka bakar atau luka lainnya.

About Amry Hidayat 203 Articles
Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan. Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya. Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat. Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*