Kandungan dan 3 Khasiat Buah Semangka Untuk Kebugaran Tubuh

Kandungan dan 3 Khasiat Buah Semangka Untuk Kebugaran Tubuh

Khasiat Buah Semangka – Buah semangka adalah buah yang memiliki kandungan air lebih banyak dibandingkan buah lainnya. Hampir 92% buah semangka kandungannya adalah air and ketika dikonsumsi akan menimbulkan sensasi segar.

Apa Sajakah Kandungan Buah Semangka?

manfaat buah semangka
Setiap buah semangka memiliki banyak kandungan multivitamin seperti vitamin A, B6 and vitamin C. Kandungan lycopene dan antioksidan akan membantu meningkatkan kebugaran tubuh.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa kandungan lycopene dalam semangka sangat tinggi yaitu sekitar 15-20 miligram setiap sajiannya. Lycopene merupakan fitonutrien yang secara natural akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Lycopene juga merupakan kandungan yang membuat buah semangka memiliki warna merah seperti tomat, anggur merah dan jambu merah. Lycopene adalah kandungan dalam buah semangka yang harus dimanfaatkan.

Kandungan tersebut berhubungan dengan kesehatan jantung, tulang dan dapat menghindari kanker prostat. Sangat penting pula sebagai antioksidan yang akan mencegah inflamasi menurut beberapa ahli gizi.

Baca Juga  6 Manfaat Buah Srikaya Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Apabila ingin mendapatkan kandungan lycopene dari buah semangka, konsumsi buah yang sudah benar-benar makan. Semakin matang buah semangka maka akan semakin tinggi kandungan lycopene yang masuk.

Kandungan beta karoten juga akan semakin meningkat. Beta karoten biasanya terdapat dalam buah jeruk yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun, menyehatkan kulit, mata dan mencegah kanker.

Tidak hanya bagian buah semangka yang berwarna merah saja yang memiliki banyak kandungan untuk menyehatkan tubuh. Ketika buah semangka matang, bagian buah yang berdekatan dengan kulit dan berwarna putih juga memiliki kandungan nutrisi.

Beberapa penelitian telah membuktikannya, bahwa pada bagian daging putih buah semangka yang telah matang mengandung asam amino citrulline yang lebih tinggi.

Asam amino memiliki fungsi untuk melancarkan peredaran darah, mencegah kardiovaskular pada jantung, meningkatkan kesehatan sirkulasi organ dalam tubuh. Buah semangka yang matang dans udah dikuoas memiliki kandungan protein, magnesium, vitamin B dan lemak baik menurut International Journal of Nutrition and Food Science.

khasiat buah semangka untuk kesehatan
3 Khasiat Buah Semangka Untuk Kebugaran Tubuh

Nah, dilihat banyaknya kandungan yang dibutuhkan untuk tubuh, maka banyak sekali manfaat yang didapatkan apabila Anda mengkonsumsinya secara rutin. Berikut ini khasiat buah semangka bagi kebugaran tubuh.

1. Kesehatan jantung

Kesehatan jantung akan terlindungi jika kandungan lycopene dalam buah semangka dimiliki. Fungsinya untuk memberikan perlindungan pada sel yang rusak dan menurunkan resiko penyakit jantung.

Ekstrak buah semangka juga telah diteliti dapat menurunkan hipertensi pada manusia dan menurunkan tekanan darah pada orang dewasa yang obesitas. Bagi wanita yang sudah lanjut usia, buah semangka sangat penting.

Baca Juga  Lupakan Kopi, Ini 4 Cara Menghilangkan Kantuk yang Bisa Dicoba

Bagi wanita menopause biasanya memiliki aorta yang kaku. Buah semangka akan menurunkan tekanan darah dan aorta yang kaku dalam waktu 6 minggu.

2. Kesehatan kulit dan rambut

Satu cup buah semangka yang dikonsumsi dengan rutin akan memberikan vitamin A pada tubuh sehingga menjaga kesehatan kulit. Vitamin A dalam buah semangka akan menjaga kelembaban pada kulit dan rambut.

Kandungan kolagen dalam buah semangka akan membentuk sel yang elastis pada kulit. Selain vitamin A, terdapat juga kandungan Vitamin C yang akan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

3. Meredakan nyeri otot dan membentuk tubuh atletis

Buah semangka adalah buah yang dibutuhkan oleh para atlet. Minum jus buah semangka akan meringankan beban otot di kemudian hari dan menurunkan detak jantung yang terlalu cepat.

Baca Juga  Selain Menyegarkan, Inilah 4 Khasiat Semangka Untuk Kencantikan

Kandungan citrulline pada buah semangka akan membuat tubuh memiliki bentuk atletis. beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa buah citrulline merupakan suplemen yang akan meningkatkan performa para atlet di bidang sepeda dan lari jarak dekat.

Selain Salep, Ini 4 Cara Menghilangkan Panu yang Bisa Dicoba 3 Cara Menghilangkan Bau Pada Sepatu Dengan Mudah dan Murah
Comments are closed.