7 Khasiat Kumis Kucing yang Mungkin Belum Anda Ketahui

7 Khasiat Kumis Kucing yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Khasiat Kumis Kucing – Kumis kucing merupakan tanaman asli Asia Tenggara yang seringkali jadikan sebagai tanaman hias. Sebagian orang memanfaatkan kumis kucing dengan menjadikannya sebagai obat herbal.

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Orthosipon aristatus ini dipercayai sebagian orang memiliki khasiat untuk mengobati penyakit – penyakit tertentu. Apa saja khasiat kumis kucing?

7 Khasiat Kumis Kucing yang Mungkin Belum Anda Ketahui

kandungan kumis kucing

Kumis kucing memiliki sifat antijamur dan antibakteri sehingga daun ini sering dimanfaatkan untuk mengobati penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri seperti gusi bengkak dan luka di area kulit. Khasiat kumis kucing yang paling terkenal di masyarakat yaitu kumis kucing mampu mengobati infeksi saluran kencing.

Baca Juga  10 Manfaat Daun Kumis Kucing Sebagai Obat Tradisional

Kumis kucing juga mengandung berbagai senyawa aktif seperti saponin, sapofonin, flavonoid, alkaloid, minyak atsiri, kalium dan senyawa aktif lainnya. Dengan adanya kandungan berbagai senyawa tersebut menjadikan kumis kucing dapat mengobati penyakit – penyakit tertentu. Beberapa khasiat kumis kucing diantaranya:

1. Mengobati Masuk Angin

Masuk angin ditandai dengan gejala seperti badan terasa menggigil disertai perut kembung. Anda bisa memanfaatkan khasiat kumis kucing untuk mengobati masuk angin.

Cara mengatasi masuk angin dengan kumis kucing yaitu rebus beberapa helai daun kumis kucing dengan segelas air. Tunggu hingga mendidih dan air tersisa setengahnya, kemudian angkat dan minumlah selagi hangat.

2. Melancarkan Pengeluaran Urin

Kumis kucing dipercaya memiliki manfaat diuretik yang dapat merangsang peningkatan aliran urin sehingga dapat memperlancar keluarnya urin atau air seni. Kumis kucing juga dapat mengatasi infeksi saluran kencing.

Baca Juga  Mengenal 9 Khasiat dan Manfaat Daun Sambiloto Untuk Kesehatan Tubuh

Infeksi saluran air kencing disebabkan karena adanya bakteri E. coli yang biasanya terdapat ada di usus dan kotoran manusia. Dampak yang ditimbulkan dari penyakit infeksi saluran kencing yaitu sulit mengeluarkan air seni.

3. Membantu Mengobati Diabetes

Diabetes terjadi karena kadar gula dalam darah mengalami peningkatan dan hormon insulin tidak mampu menetralisirnya. Cara memanfaatkan kumis kucing untuk mengatasi diabetes yaitu rebus 15 helai daun kumis kucing bersama 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan air tersisa menjadi 1 gelas. Minum ramuan herbal ini sehari 1 kali.

kumis kucing

4. Mengatasi Keputihan

Keputihan bisa terjadi karena adanya infeksi bakteri atau jamur di area organ kewanitaan. Keputihan yang terjadi akibat infeksi disebut keputihan patologis. Munculnya keputihan patologis disertai rasa gatal pada area di sekitar vagina.

Kumis kucing dapat dimanfaatkan untuk mengatasi hal tersebut, caranya dengan membuat ramuan dari daun kumis kucing, daun beluntas dan jinten hitam. Cara mengatasi masalah keputihan yaitu rebus 1 genggam daun kumis kucing, 1 sdt jinten hitam, 1 genggam daun beluntas dan 10 biji kemukus dengan air secukupnya. Tunggu hingga mendidih. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari.

5. Mengatasi Sembelit

Kurang mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dapat menyebabkan seseorang menjadi sembelit atau susah buang air besar. Penyebab lainnya yaitu buruknya pola makan dan kebiasaan buang air besar tidak teratur.

Jika Anda memiliki masalah sembelit, Anda bisa merubah pola makan Anda menjadi pola makan yang sehat. Disamping itu, Anda bisa menggunakan khasiat kumis kucing dengan cara merebus 15 lembar daun kumis kucing bersama 2 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan air tersisa menjadi 1 gelas. Kemudian minum ramuan ini 1 kali sehari.

6. Mengobati Asam Urat

Penyakit asam urat umumnya memiliki gejala seperti rasa sakit yang tiba – tiba muncul pada bagian sendi, nyeri sendi ini bisa terjadi pada pagi hari ataupun malam hari, adanya pembengkakan sendi dan timbulnya rasa panas di sekitar sendi.

Salah satu ramuan herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi asam urat yaitu kumis kucing. Cara penggunaannya, rebus daun kumis kucing dan daun meniran 4 lembar dengan 1 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan air tersisa menjadi setengahnya. Minum ramuan ini 3 kali sehari.

Baca Juga  6 Khasiat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

7. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat perlu diwaspadai. Beberapa penyebab hipertensi diantaranya tingginya asupan garam, obesitas, stres dan lainnya. Umumnya gejala yang ditunjukkan hipertensi yaitu sakit kepala yang parah, denyut jantung tidak teratur, dada terasa nyeri serta sulit bernapas.

Untuk mengatasi penyakit ini, Anda bisa memanfaatkan khasiat kumis kucing. Caranya, rebus daun kumis kucing beberapa helai bersama 2 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan air menyusut menjadi setengahnya. Minum ramuan ini 1 kali sehari hingga tekanan darah menurun.

Mari Belajar Mengenal Volume dan Rumus Limas Segitiga Cara Menghilangkan Biang Keringat dan 4 Jenis Biang Keringat
Comments are closed.