Biaya Kuliah di Jerman dan Syarat Kuliah di Jerman yang Perlu Diketahui

Biaya Kuliah di Jerman dan Syarat Kuliah di Jerman yang Perlu Diketahui

Biaya Kuliah di Jerman – Bagi Anda yang akan segera lulus sekolah atau pun ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke luar negeri, ada beberapa negara yang patut dijadikan sebagai pandangan. Kita mengenal universitas-universitas terbaik seperti Oxford, Cambridge, atau pun raja tahun 2018 ini yaitu Massachusetts Institute of Technology.

Namun, selain memilih universitas yang terbaik, tempat atau lingkungan kampus juga tidak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan. Misalnya Jepang dengan fashionnya atau negera-negara timur tengah dengan budaya religiusnya.

Belakangan ini, salah satu negara yang banyak dijadikan pandangan sebagai tempat tujuan pendidikan adalah Jerman. hal itu tidak lepas dari ketenaran negara pencetak panser itu dalam berinovasi dalam produk pendidikan, terutama teknologi.

Nah, untuk kamu yang tertarik mengenai Jerman sebagai tempat melanjutkan pendidikan, simak ulasan singkat dari kami mengenai Kuliah di Jerman, biaya kuliah di Jerman, syarat kuliah di Jerman, jurusan kuliah di Jerman, di bawah ini.

biaya kuliah di jerman

Daftar Univeritas di Jerman

Jika kamu sama sekali tidak mengenal Jerman atau universitas yang ada di sana, tidak apa-apa. rangkuman kami di bawah ini semoga bisa membantu.

Berikut ini adalah beberapa universitas yang dapat dijadikan pedoman awal untuk kamu yang tidak tahu sama sekali tentang universitas di Jerman.

Ini juga menjawab pertanyaan tentang bagaimana cara kuliah di Jerman, biaya kuliah di Jerman, syarat kuliah di Jerman, jurusan kuliah di Jerman.

1. Yang pertama adalah Technische Universitas Munchen.

Untuk kamu yang suka dengan riset dengan jurusan seperti teknik, ilmu alam, kedokteran, dan ekonimi, ada baiknya mencari tahu lebih banyak mengenai jurusan kuliah di Jerman di universitas yang satu ini. Technische Universitas Munchen adalah universitas dengan peringkat terbaik di sana.

2. Ruprecht-Karls-Universitat Heiderberg

Satu tingkat berada di bawah Technische Universitas Munchen dalam ranking dunia, universitas yang ada di Kota Heidelberg ini di posisi 66 dunia. Universitas ini adalah yang tertua di Jerman dan tetap menjadi favorit bagi masyarakat Jerman sendiri.

3. Ludwig-Maximilians-Universitat Munchen

Kampus jurusan kuliah di Jerman yang satu ini disebut sebagai kampus riset. Karena itulah kampus ini disebut sebagai salah satu yang paling bergengsi di Eropa, bukan hanya Jerman. Ini juga yang menjadikan Munchen sebagai kota pendidikan terkemuka.

4. Kit, Karlsruher Institus Fur Technologie

Universitas ini masik terus masuk ke dalam seratus universitas terbaik di dunia. Dengan ketenaran dan kualitasnya, Kit, Karlsruher Institus Fur Technologie menjadi bidikan para mahasiswa yang ingin mempelajari teknologi.

5. Freie Universitat Berlin

Jangan lupakan Berlin jika bicara apa pun mengenai Jerman. Dalam dunia pendidikan, Berlin juga memiliki universitas kebanggan yang duduk di peringkat 199. Penelitian di bidang humaniora, ilmu sosial, serta kehidupan sangat terkenal di sini. Bahkan, universitas ini menjadi yang paling populer di ibukota.

6. Humboldt-Universitat Berlin Zu

Selain Freie Universitat Berlin, Berlin juga masih memiliki satu lagi universitas yang keren, yaitu Humboldt-Universitat Berlin Zu. Jurusan yang menjadi unggulan di sana adalah dalam bidang sejarah, ilmu pengetahuan alam, dan ekonomi.

7. Universitat Freiburg

Peringkat dunianya mungkin tidak sebaik universitas yang telah disebutkan di atas, namun riset mengenai ilmu humaniora, ilmu sosial, dan ilmu alam universitas ini sangat disegani dan banyak dijadikan referensi.

8. Rheinisch-Westfalische Technische Hochschule Aanchen

Universitas ini terpusat di daerah paling barat Jerman, yaitu di daerah Aachen. Meskipun tidak termasuk ke dalam 100 universitas terbaik, tetapi universitas ini menjadi salah satu pendiri IDEA Leagua, yaitu sebuah kelompok yang membawahi beberapa universitas terkemuka di Eropa.

9. Georg-August-Universitat Gottingen

Seperti namanya, kampus ini didirikan oleh Raja George II pada tahun 1734. Pada zamannya, kampus ini juga memberi kontribusi pada kota Gottingen, Lowes Saxony. Kini, kampus ini berada di posisi 168 ranking dunia.

10. Eberhard Karls Universitat Tubingen

Bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan di lingkungan yang benar-benar terpelajar, barangkali kampus yang satu ini cocok. Bagaimana tidak, sepertiga dari penduduk di sekitar kampus ini berada memiliki status sebagai pelajar. Tentunya Anda akan mudah menemukan komunitas belajar selain kampus itu sendiri.

Bagaimana soal biaya kuliah di Jerman?

Luar biasanya, ada sekitar 16 negara bagian di Jerman yang telah menghapus biaya kuliah di Jerman untuk program gelar sarjana di semua universitas mereka, yang dimulai sejak 2014 lalu. Namun, walau pun begitu, masih tetap ada biaya-biaya kecil seperti biaya untuk keperluan administrasi, biaya untuk layanan mahasiswa, atau biasa-biaya dadakan yang jumlahlah sekitar 250 euro, atau mungkin sekitar 5 jutaan rupiah untuk satu semesternya.

Sayangnya, negara-negara tersebut ada yang memberlakukan biaya gratis bagi semua mahasiswa tetapi ada juga yang hanya bagi masyarakat lokal saja.

Tanpa kebijakan tersebut, jika diperkirakan, rata-rata mahasiswa di sana akan membutuhkan sekitar 3000 euro dalam satu tahunnya. Tentunya hal tersebut bergantung pada masing-masing universitas dan jurusan yang kamu ambil. Untuk itu kamu bisa mengecek ke laman universitas yang ingin dituju.

Namun, jangan khawatir jika kamu tiba-tiba merasa miskin setelah mengkonversikan informasi biaya kuliah kuliah di Jerman ke dalam bentuk rupiah. Ada banyak sekali beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa yang ingin kuliah ke Jerman. pemerintahan Jerman memang menjadi salah satu yang paling baik bagi mahasiswa dari luar negeri.

Selain itu, ada juga beasiswa oleh pemerintah Indonesia yang dapat diandalkan, apalagi kalau bukan LPDP. Teman, jangan bernah berhenti berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ketika melewati paragraf ini. hehe.

syarat kuliah di jerman
Syarat Syarat Kuliah Di Jerman

Jika masalah keuangan sudah selesai di benakmu, maka langkah selanjutnya yang harus dipikirkan adalah mengenai syarat kuliah di Jerman, seperti mempersiapan surat-surat. Ini juga menjawab pertanyaan bagaimana cara kuliah di Jerman, biaya kuliah di Jerman, syarat kuliah di Jerman, jurusan kuliah di Jerman.

Dan perlu Anda siapkan syarat syarat Kuliah Di Jerman dan data-data yang akan kamu perlukan adalah sebagai berikut.

1. Visa dan Resident Permit

Kamu harus mengatur perencanaan ketika akan tinggal di sana. Untuk ini kamu bisa menghubungi kedutaan Jerman di Indonesia.

2. Bukti sumber keuangan

Agar tidak terjadi hal-hal yang menyuilitkan, kamu perlu menunjukan bukti sumber keuangan yang akan digunakan selama menempuh pendidikan di Jerman. kamu bisa menunjukan surat tanda beasiswa atau atau menunjukan bukti rekening berisi setidaknya 8000 euro.

3. Kemampuan bahasa

Kamu bisa menggunakan surat bukti IELTS untuk menunjukan kelayakan berbahasa asing atau pun surat yang menunjukan kemahiran bahasa Jerman. bahasa Jerman diwajibkan apabila kamu ingin mengambil jurusan selain program gelar internasional.

4. Asuransi kesehatan

Berbeda dengan mahasiswa Indonesia yang terkoyak-koyak pun boleh kuliah, tapi sebagai mahasiswa internasional di Jerman kamu harus memiliki asuransi kesehatan untuk melamar resindence permit.

Nah, teman, itu tadi adalah beberapa ulasan yang menjawab pertanyaan bagaimana cara kuliah di Jerman, biaya kuliah di Jerman, syarat kuliah di Jerman, jurusan kuliah di Jerman. jaga terus semangat cita-citamu, ya. Good luck!

Comments are closed.