Inilah 7 Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Inilah 7 Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil – Alpukat banyak mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Buah yang memiliki nama latin Persea Americana ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil karena mengandung lemak tak jenuh tunggal dan tinggi asam folat.

Kandungan Buah Alpukat

kandungan buah alpukat

Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat di dalam alpukat diantaranya:

• Lemak sehat

• Karotenoid

• Protein

• Lutein

• Vitamin dan mineral

• Natrium

Baca Juga  Kandungan dan 3 Khasiat Buah Semangka Untuk Kebugaran Tubuh

Kandungan – kandungan di atas membuat alpukat sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungannya. Apa saja manfaat alpukat untuk ibu hamil lainnya? Simak uraiannya berikut ini

Inilah 7 Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

manfaat alpukat untuk ibu hamil

1. Meningkatkan Fungsi Pencernaan Ibu Hamil

Ibu hamil seringkali mengalami sembelit atau susah buang air besar. Kondisi ini bisa diantisipasi dengan mengonsumsi buah alpukat karena alpukat mengandung serat sehingga manfaat alpukat untuk ibu hamil dapat meningkatkan fungsi pencernaan.

2. Mengatasi Mual

Pada awal kehamilan, ibu hamil sering mengalami mual atau biasa dikenal dengan istilah morning sickness. Morning sickness ini biasanya terjadi pada trimester awal kehamilan. Kandungan vitamin B1, B2, dan B6 pada alpukat dapat membantu mengurangi dan mengatasi mual serta muntah yang dialami oleh ibu hamil.

Baca Juga  3 Daftar Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil

3. Mencegah Cacat Saraf pada Janin

Ibu hamil memerlukan asam folat untuk janin yang dikandungnya sekitar 600 mcg tiap harinya. Dengan mengonsumsi alpukat, ibu hamil dapat memenuhi sekitar 27% kebutuhan asam folat harian karena 1 buah alpukat mengandung sekitar 162,8 mcg folat.

Menurut The Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mengikuti anjuran dosis asam folat yang telah ditentukan dapat menurunkan risiko bayi lahir cacat 50 – 70%.

4. Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Ibu hamil seingkali merasa mudah lelah dan capek. Hal ini dikarenakan ibu hamil kekurangan zat besi yang menyebabkan ibu hamil mengalami anemia. Manfaat alpukat untuk ibu hamil dapat mencegah terjadinya anemia.

Di dalam alpukat terkandung zat besi yang berguna untuk memproduksi sel – sel darah merah. Alpukat juga mengandung vitamin C yang berfungsi membantu penyerapan zat besi.

Baca Juga  Mengenali Penyebab dan 5 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

5. Mencegah Deformitas

Kekurangan asam folat dapat menyebabkan deformitas. Deformitas merupakan kelainan bawaan pada sistem muskuloskeletal.

Kelainan bawaan ini tidak terlihat pada usia dini namun dapat berkembang nantinya. Misalnya, kelainan tulang belakang, susunan gigi tetap tidak teratur karena gangguan rahang, dan lainnya.

Untuk mencegah deformitas, ibu hamil dapat mengonsumsi alpukat karena alpukat mengandung asam folat. Mencukupi kebutuhan asam folat dapat menghindarkan janin dari kelainan bawaan.

6. Menurunkan Kadar Kolestrol dan Gula Darah

Manfaat alpukat untuk ibu hamil dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan juga dapat menurunkan gula darah. Alpukat mengandung banyak lemak sehat yang dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL).

HDL dapat membantu mengatur kadar trigliserida (lemak dalam darah) agar tidak terlalu tinggi dan mencegah diabetes. Konsumsi alpukat pada ibu hamil yang menderita diabetes dapat membantu menurunkan kadar trigliesrida sekitar 20%.

Lemak sehat pada alpukat juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mencegah pembekuan serum darah atau aterosklerosis penyebab penyakit jantung.

Baca Juga  Jenis Vitamin Ibu Hamil Trimester 1 yang Dibutuhkan

7. Menurunkan Risiko Gangguan Mata

Di dalam alpukat terkandung karotenoid yang merupakan senyawa pemberi pigmen pada buah dan sayur. Mengonsumsi alpukat dapat membantu memenuhi asupan vitamin A sehingga kesehatan mata dapat terjaga.

Karotenoid juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil serta menjaga kesehatan sistem reproduksi. Selain itu, karotenoid bisa mengoptimalkan penyerapan nutrisi di dalam tubuh.

Kenali 3 Penyebab Kutu Rambut dan 4 Cara Mengatasinya 4 Bahaya Bulu Kucing Bagi Manusia dan Cara Mengatasinya
Comments are closed.