7 Manfaat Baking Soda untuk Wajah Hingga Cara Menggunakannya

7 Manfaat Baking Soda untuk Wajah Hingga Cara Menggunakannya

Manfaat Baking Soda untuk Wajah – Hey ladies, sering memiliki masalah jerawat atau kulit kering pada wajah? Sudah menggunakan produk skin care wajah ini itu masih saja tidak ada efeknya? Bisa jadi justru perawatan yang simple bisa berhasil mengatasi masalah pada kulit wajah kamu lho.

Baking soda seringkali dijadikan bahan untuk merawat wajah. Bukan berarti kamu akan membuat kue di wajah lho. Baking soda sangat terkenal untuk menghilangkan bau tidak sedap di dapur bahkan sering juga digunakan untuk membersihkan area kotor karena minyak.

Kandungan NaHCO3 di dalam baking soda mampu mengatasi banyak permasalahan dalam kulit. Hanya saja jumlah yang digunakan harus tepat dan jangan berlebihan. Kulit adalah area yang sensitif sedangkan baking soda merupakan bahan yang cukup keras. Jika kulit tidak memiliki masalah seperti jerawat atau luka terbuka sebaiknya hindari penggunaannya.

manfaat baking soda untuk wajah
7 Manfaat Baking Soda untuk Wajah Hingga Cara Menggunakannya

Bedakan juga antara baking soda dan baking powder karena kandungannya yang berbeda. Baking powder tidak sama dengan baking soda karena hanya mengandung sepertiga alkaline dan dicampur dengan beberapa bahan asam seperti cream of tartar.

Apabila kamu tidak memiliki baking soda di rumah, tidak masalah menggantinya dengan baking powder. Hanya saja dibutuhkan lebih banyak bahan untuk mendapatkan hasil terbaik. Sudah siap dengan manfaat baking soda untuk wajah dan cara menggunakannya? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Ucapkan Selamat Tinggal pada Jerawat

Baking soda akan bekerja meredakan peradangan pada kulit wajah yang memunculkan jerawat. Selain itu juga menghilangkan kulit mati sehingga pori tetap bersih. Kandungan anti bakteri di dalamnya akan mencegah jerawat tumbuh kembali.

Demi mendapatkan khasiat ini, lakukan perawatan dua atau tiga kali hari dalam seminggu. Caranya campurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta. Berikan pada area yang terkena jerawat sambil dipijat ringan. Biarkan 2 menitan dan bilas dengan air hangat bari keringkan wajah.

2. Jangan Takut dengan Leher yang Menghitam

Ketakutan dengan leher yang mulai menghitam karena terkena panas terus menerus? Kini tidak lagi, kamu bisa mengatasi masalah ini setiap hari. Ulangi penggunaan baking soda hingga leher yang menghitam kembali menjadi lebih cerah. Kamu juga bisa menggunakannya pada bagian siku tangan dan kaki.

Mulai dengan mencampurkan baking soda bersama air. Bersihkan leher dengan handuk kering baru aplikasikan pasta baking soda. Diamkan selama 15 menit dan bersihkan leher dengan air bersih. Gunakan pelembab wajah yang tidak mengandung comedogenic.
Kulit Wajah Bersinar Seperti Mutiara

Siapa sih yang tidak ingin memiliki wajah cerah berkilau seperti mutiara? Apapun warna kulit kamu jika tampak lebih berkilau artinya sehat dan terhidrasi dengan baik. Dibutuhkan campuran baking soda dan juga air jeruk. Campurkan kedua bahan ini hingga membentuk sebuah pasta.

Bersihkan wajah dengan air bersih dan keringkan. Tepuk pasta baking soda merata ke seluruh wajah hingga leher. Tunggu selama 15 menit kemudian bersihkan dengan air bersih. keringkan wajah dengan handuk. Ulangi langkah ini satu kali dalam seminggu.

3. Tak Ada Lagi Kulit Berminyak

Kulit berminyak seringkali menjadi pemicu timbulnya jerawat. Bagi kamu yang sering beraktifitas di luar ruangan minyak akan seringkali muncul. Khususnya untuk wajah di area T. Baking soda bekerja untuk mengontrol kelembaban dan membantu membersihkan pori wajah dengan bentuknya yang kasar.

Cukup mencampurkan baking soda dengan air hingga berbentuk lebih padat. Bersihkan wajah dengan air bersih kemudian keringkan. Aplikasikan baking soda dan sedikit digosok perlahan. Diamkan selama 20 menit. Baru bersihkan wajah dengan air mengalir. Berikan pelembab wajah untuk menghindari kulit terlalu kering.

manfaat baking soda untuk wajah

4. Mengecilkan Pori-Pori dalam Seminggu

Manfaat baking soda untuk wajah yang lainnya adalah membantu mengecilkan pori-pori. Astringent dalam baking soda dapat bekerja dalam waktu satu minggu dengan penggunaan yang rutin. Pori akan terkunci dengan baik sehingga jerawat tidak lagi muncul. Kamu bisa melakukan treatment ini 3 hingga 4 kali dalam seminggu.

Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan air kemudian keringkan. Larutkan baking soda ke dalam satu gelas air. Percikan air baking soda ke wajah kemudian keringkan. Oleskan pelembab wajah yang tidak mengandung comedogenic.

5. Malu dengan Tahi Lalat di Wajah? Kini Tidak Lagi

Siapa sangka ternyata baking soda dapat menyamarkan tahi lalat yang ada diwajah kamu. Baking soda akan mendehidrasi tahi lalat serat memutihkan warnanya agar sama dengan kulit. Kamu perlu melakukan treatment ini setiap dua kali dalam sehari selama 20 menit.

Campurkan baking soda, hidrogen peroksida 3%, garam terlebih dahulu. Tambahkan air panas kemudian aduk. Baru tambahkan cuka dapur dan simpan di dalam botol kaca. Aplikasikan campuran bahan ini pada bagian tahi lalat selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

6. Mengembalikan Warna Kulit Wajah karena Luka

Baking soda dapat bekerja sebagai bleaching kulit wajah sehingga dapat mencerahkan bekas luka dan menyamarkannya. Langkah ini juga akan membuat kulit memiliki warna sama dengan menghilangkan kulit mata di wajah. Bahan yang dibutuhkan adalah baking soda dan air lemon.

Campurkan kedua bahan tersebut hingga berbentuk pasta yang lembut. Bersihkan wajah dengan air bersih baru keringkan dengan handuk. Aplikasikan pasta baking soda pada area wajah yang memiliki luka. Biarkan meresap selama 1 hingga 2 menit kemudian bilas dengan air hangat. Aplikasikan pelembab wajah untuk menghindari kering berlebih setelah menggunakan baking soda.

Comments are closed.