8 Manfaat Buncis Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat buncis

Manfaat Buncis – Buncis (dari bahasa Belanda Boontjes) atau Phaseolus vulgaris adalah sejenis polong-polongan yang berasal dari keluarga kacang-kacangan. Ada sekitar 150 varietas buncis di seluruh dunia dengan berbagai bentuk dan warna yang berbeda-beda, bahkan ada varietas buncis yang berwarna ungu. Meskipun tampilannya berbeda, tapi memiliki kandungan nutrisi dan manfaat yang sama.

Buncis merupakan sayuran serbaguna yang dapat ditanam di berbagai jenis iklim. Hal ini manjadikan buncis sebagai bahan makanan yang populer dan dikonsumsi di seluruh dunia. Kacang buncis disajikan dalam berbagai bentuk hidangan Eropa, Amerika, Asia, dan juga Afrika.

Buat anda yang tidak suka sayur-sayuran, mulai sekarang harus mencoba mengkonsumsi kacang buncis, karena buncis merupakan salah satu sayuran paling bergizi.

8 Manfaat Buncis Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat buncis untuk kesehatan

Kacang buncis yang mudah ditemukan di warung kelontong ini mengandung nutrisi serat, vitamin, mineral yang banyak serta sedikit karbohidrat, rendah lemak dan tidak mengandung kolesterol. Buncis juga mengandung protein, kalsium, zat besi, dan beberapa nutrisi penting lainnya.

Kandungan antioksidan yang tinggi memberikan manfaat bagi kardiovaskular. Selain itu, kandungan karotenoid dan flavonoid bermanfaat sebagai anti-inflamasi. Anda bisa makan buncis dalam keadaan matang maupun mentah.

Baca Juga  Selain Dijadikan lalapan, Inilah 10 Khasiat Daun Kemangi

Sebagian besar dari kita lebih suka memasak buncis terlebih dahulu, tapi ternyata tidak ada bukti yang menunjukkan bahayanya makan buncis mentah. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat buncis bagi kesehatan manusia

1.Mengurangi risiko penyakit jantung

Mengkonsumsi buncis membantu mengurangi risiko penyakit jantung karena tingginya kadar flavonoid. Flavonoid merupakan antioksidan polifenol yang biasa ditemukan pada sayuran dan buah.

Kadar flavonoid yang tinggi mampu berperan sebagai anti trombosis serta mampu mencegah pembekuan darah di arteri dan vena. Pembekuan darah ini merupakan penyebab utama penyakit kardiovaskular, serangan jantung, dan stroke.

2.Mencegah kanker kolon (kanker usus besar)

Kanker merupakan penyakit mematikan nomor 2 setelah kardiovaskular. Nah, kacang buncis ternyata bermanfaat mencegah kanker karena memiliki kandungan klorofil yang tinggi. Zat klorofil ini bermanfaat untuk menetralisir zat karsinogenik yang menjadi penyebab kanker.

Zat karsinogen sendiri terdapat pada beberapa bahan yang sering ditemui sehari-hari diantaranya rokok, bahan kimia sakarin atau zat pewarna makanan, serta amina heterosiklik yang dihasilkan saat memanggang daging pada suhu tinggi.

3.Mengontrol diabetes

Kacang buncis dianggap sebagai makanan yang cocok dikonsumsi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik (GI) rendah. Indeks glikemik merupakan ukuran yang menunjukkan seberapa cepat makanan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi akan berakibat naiknya kadar gula darah dalam waktu singkat. Sementara makanan dengan indeks glikemik rendah, kadar gula darah berada dalam kondisi relatif stabil.

4.Melawan radikal bebas

Kacang buncis mengandung antioksidan yang mencegah gangguan kesehatan akibat radikal bebas. Radikal bebas berasal dari eksternal seperti polusi, lingkungan, maupun makanan yang tidak sehat. Dalam kasus yang parah, radikal bebas bisa memicu penyakit jantung dan kanker.

Baca Juga  Penyebab Gusi Bengkak dan 6 Cara Mudah Untuk Mengatasinya

Untuk mencegah kerusakan organ akibat radikal bebas, tubuh harus memiliki sistem pertahanan dalam bentuk antioksidan yang tinggi. Jadi mengkonsumsi kacang buncis akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

khasiat buncis

5.Menjaga kesehatan mata

Senyawa karotenoid yang ada pada kacang buncis berkhasiat mencegah degenerasi makula. Degenerasi makula merupakan penurunan kemampuan penglihatan atau penurunan fungsi mata.

Buncis mengandung 3 karotenoid, yaitu beta-karoten, lutein dan zeaxanthin. beta-karoten merupakan sumber vitamin A yang penting untuk kesehatan mata. Sementra kandungan lutein dan zeaxanthin akan menyerap cahaya warna biru, sehingga melindungi mata anda dari kerusakan yang disebabkan cahaya intensitas tinggi ini.

6.Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat buncis berikutnya adalah menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang. Kacang buncis merupakan sumber vitamin K, pada tiap satu cangkir kacang buncis rebus terkandung 20 microgram vitamin K. Tubuh membutuhkan Vitamin K yang akan menghasilkan protein.

Protein yang dihasilkan itu akan membantu tulang mengambil kalsium. Selain itu, vitamin K juga berfungsi mengatur metabolisme sehingga mencegah hilangnya mineral. Dua manfaat tersebut membuat vitamin K penting untuk menjaga kepadatan tulang.

7.Sebagai sumber energi

Buncis mengandung zat besi dua kali lebih banyak dibanding bayam. Zat besi merupakan komponen penting untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Jika anda sedang mengalami anemia, badan lemah, ataupun metabolisme tubuh rendah, maka anda harus memasukkan kacang buncis dalam prioritas pertama makanan untuk dikonsumsi.

8.Bagus untuk perawatan kulit, rambut, dan kuku

Selain perawatan dari luar, penting juga melakukan perawatan kecantikan dari dalam. Kacang buncis sangat baik untuk perawatan kulit, rambut, dan kuku karena mengandung silikon alami. Silikon alami yang dihasilkan berperan penting dalam pembentukan jaringan ikat, memperkuat kuku, serta meningkatkan kesehatan kulit.

Baca Juga  5 Daftar Makanan Penyubur Kandungan Untuk Wanita

Untuk mendapatkan manfaat buncis tersebut, anda bisa merebusnya terlebih dahulu. Anda juga bisa mengkonsumsinya sebagai lalapan yang disajikan bersama ayam goreng atau bebek goreng. Jadi tunggu apalagi? Ayo segera konsumsi sayuran sehat ini!!

About Andik Al Jogjawi 69 Articles
Hallo semuanya. Perkenalkan, nama saya Andik. Aku lahir, besar, dan tumbuh di Yogyakarta. Jadi aku merasa ada ikatan yang kuat dengan kota gudeg ini. Awal mula perkenalanku dengan dunia menulis adalah, ketika aku direkrut menjadi penulis buku di salah satu perusahaan alat pendidikan di Jogja. O ya, salah satu buku karanganku sedang dalam proses cetak oleh perusahaan penerbit di Jogja lho. Doakan aja biar cepat terbit ya. Biasanya aku menulis topik gaya hidup, tips, dan kesehatan. Buat aku, aktivitas menulis artikel itu sangat menyenangkan, karena ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa berbagi informasi maupun ide. Disamping itu, menulis juga bisa dilakukan di mana aja dan kapan saja. Selain menulis, aku punya hobby lainnya, yaitu jogging. Nah, itu dulu perkenalannya ya. Terima kasih dan salam kenal...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*