9 Manfaat Daun Ceri Untuk Kesehatan yang Diolah Menjadi Teh

9 Manfaat Daun Ceri Untuk Kesehatan yang Diolah Menjadi Teh

Manfaat Daun Ceri – Banyaknya zat yang terkandung dalam 100 gram dosis ceri sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Apabila buah ceri dianggap sebagai bahan jamu untuk kesehatan maka hal tersebut tidak salah. Orang-orang kuno terbiasa menggunakan ceri sebagai obat asam urat. Ceri terbukti mengurangi rasa sakit yang diderita pasien atau orang yang terkena asam urat.

Selain sebagai obat asam urat, ceri juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit yang terjadi di dalam tubuh. Manfaat lain daun ceri bagi kesehatan adalah melancarkan buang air besar. Dengan mengkonsumsi buah ceri maka buang air besar menjadi lancar karena kandungan serat yang sangat tinggi.

Manfaat Daun Ceri

9 Manfaat Daun Ceri Untuk Kesehatan yang Diolah Menjadi Teh

Selain buahnya, daun ceri juga mengandung senyawa yang cukup baik dan cukup bermanfaat bagi tubuh manusia. Konten yang terkandung dalam daun ceri akan menciptakan kesehatan terlebih setelah diolah menjadi teh. Berikut ini khasiat yang akan diberikan teh daun ceri:

1. Menurunkan Tingkat Gula

Bagi penderita diabetes, rebusan teh daun ceri bisa menurunkan kadar gula dalam tubuh. Pembuatan teh daun ceri berfungsi sebagai obat diabetes sudah dilakukan sejak lama. Daun ceri mengandung saponin dan flavonoid dapat menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes. Penggunaannya cukup sederhana, hanya dengan merebus dan minum air matang dari daun ceri. Lakukan secara rutin setiap hari dan dua kali sehari apabila tingkat gula darah sedang meningkat.

2. Obat penghilang rasa sakit

Beberapa penelitian hewan percobaan telah dilakukan, dan hasil dari percobaan ini membuktikan bahwa daun ceri mampu meredakan rasa sakit. Sama seperti buah ceri mampu mengurangi tingkat rasa sakit pada orang dengan asam urat.

3. Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun ceri yang diseduh terbukti ampuh untuk menurunkan kolesterol. Penggunaan daun ceri sebagai obat kolesterol sangat sederhana. Cukup siapkan 1 hingga 2 genggam teh daun ceri dan siapkan tiga gelas air bersih. Kemudian rebus dan tetap hingga air menjadi setengah, air matang bisa diminum dua kali sehari.

4. Obat untuk insomnia

Teh daun ceri mengandung melatonin yang merupakan antioksidan yang efektif dapat membantu mengurangi stres dan mengatur pola tidur. Melatonin juga dapat menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada sekelompok 15 orang dewasa, ditemukan bahwa subyek yang diberi teh daun ceri mengalami penurunan yang signifikan dalam tingkat keparahan insomnia kronis.

5. Mengobati asam urat dan anti inflamasi

Telah ditemukan untuk mengurangi asam urat, oksida nitrat, dan tingkat protein C-reaktif. Dalam sebuah penelitian, 10 wanita sehat diberi ekstrak daun cherry, setelah puasa semalam. Mereka mengalami penurunan urat plasma yang mendukung keampuhan asam urat. Dalam penelitian lain, pasien mengalami penurunan 35% pada serangan asam urat ketika diberikan ekstrak ceria dua kali sehari.

6. Mengurangi resiko penyakit jantung dan mengurangi berat badan

Vitamin, mineral, dan antioksidan seperti flavonoid dan karotenoid dalam teh ceri bekerja sebagai pelindung kardio aktif, melindungi jantung dari hampir semua oksidan berbahaya. Antosianin yang ada di dalamnya dapat mengurangi trigliserida dan kadar kolesterol sebagaimana terungkap dalam penelitian yang dilakukan pada 27 atlet. Studi lain yang dilakukan pada tikus yang diberi bubuk daun ceri menunjukkan penurunan persentase massa lemak.

7. Obat pencernaan dan meredakan sembelit

Antioksidan hadir dalam teh daun ceri yang diserap dalam tubuh manusia, merangsang cairan pencernaan, empedu, dan enzim yang membantu dalam penyerapan nutrisi selama pencernaan. Serat makanan membantu dalam gerakan usus halus.

8. Mengurangi efek kanker

Teh daun ceri mungkin terbukti bermanfaat melawan kanker dengan menetralisir radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, ekstrak daun ceri mengurangi proliferasi adenokarsinoma dan perkembangan tumor. Teh daun juga dapat bertindak sebagai solusi anti penuaan karena kemampuannya untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh.

9. Mengurangi dan meredakan batuk

Teh daun ceri liar telah secara tradisional digunakan sebagai penekan batuk dan ekspektoran, membantu dalam mengurangi masalah pernapasan. Ini mengandung glikosida sianogenik seperti prunasin yang dapat membantu dalam memadamkan batuk kejang.

Manfaat Daun Ceri

Cara Membuat Teh Daun Ceri Sendiri

Melihat manfaat daun ceri yang diolah menjadi teh, Anda kini tidak perlu kesulitan untuk mendapatkannya bahkan Anda bisa menciptakan teh sendiri dari daun ceri yang berkhasiat. Anda bisa menyimpan daun teh dan sewakatu-waktu dibutuhkan Anda tinggal menyeduhnya.

Dalam pembuatan teh daun ceri Anda perlu mengumpulkan beberapa lembar daun ceri kemudian menjemurnya di bawah panas matahari langsung. Pastikan daun teh berubah warna dan mengering. Jika Anda memiliki alat khusus untuk mengeringkan daun maka Anda bisa menggunakannya dan mempercepat proses pengeringan.

Setelah daun ceri berubah menjadi kering Anda bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara agar kelembaban tidak merusak daun yang telah kering. Untuk mengkonsumsi seduh dua atau tiga lembar daun dengan air panas. Air panas akan membunuh kuman dan bakteri yang berada do lapisan luar daun sebelum Anda mengkonsumsinya.

Anda juga bisa merebus teh daun ceri yang telah kering hingga air berubah warna. Minum air daun teh untuk menjaga stamina atau menurunkan berat badan satu hari sekali setelah mandi. Jika terasa terlalu pahit Anda bisa menambahkan satu atau dua sendok teh madu.

Jangan tambahkan gula karena akan menurunkan khasiat dari teh daun ceri. Anda juga bisa menambahkan sedikit perasan jeruk lemon agar terasa lebih segar. Selamat mencoba.

Comments are closed.