Selain Wangi, Ini 5 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh

Selain Wangi, Ini 5 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Pandan– Daun pandan sangat banyak ditemui di Indonesia, sehingga anda pasti mengenal daun pandan dengan sangat baik. Mungkin anda lebih sering melihat daun pandan sebagi penambah rasa wangi pada makanan, misalnya bubur. Namun apakah manfaat daun pandan hanya sebagai penambah wangi makanan? Tentu tidak.

Daun pandan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, baik pengobatan dari dalam atau luar. Sehingga tak salah jika daun pandan disebut sebagai obat tradisonal seribu penyakit. Karena memang daun pandan bisa mengobati dan juga mencegah beberapa penyakit ganas.

Selain Wangi, Ini 5 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat daun pandan untuk kesehatan
Selain daun pandan tercium wangi, berikut ini akan dijelaskan secara rinci dan jelas apa saja manfaat daun pandan pada kesehatan tubuh :

1. Menyembuhkan Sembelit

Sembelit bisa terjadi karena kurangnya serat pada makanan yang anda konsumsi, sehingga membuat feses anda mengeras dan sulit keluar. Hal itu bisa anda sembuhkan dengan mengonsumsi daun pandan.

Caranya cukup cuci bersih daun pandan, rebus hingga mendidih. Dan air rebusan daun pandan bisa anda minum dua kali sehari hingga sembelit anda sembuh total.

2. Mengurangi Berat Badan

Bagi anda yang inging mengurangi berat badan, gunakan bahan-bahan alami supaya tidak ada efek sampingnya. Memang prosesnya tidak secepat obat atau pil diet yang anda konsumsi, namun pil tersebut juga anda tidak tahu apa efek sampingnya. Karena setiap obat pasti mempunyai efek samping tertentu.

Jadi gunakan bahan alami, contohnya daun pandan. Daun pandan bisa mengurangi kadar lemak pada tubuh anda, sehingga sangat cocok bagi anda yang sedang proses diet. Cara cukup minum segelas air rebusan daun pandan setiap harinya.

3. Menetralkan Tekanan Darah Dan Kolesterol

Kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi adalah dua hal yang snagat berkaitan, karena kolesterol akan berakibat tekanan darah tinggi, walau memang tekanan darah tinggi tidak selalu karena koleterol tinggi tetapi bisa diakibatkan oleh hal lain.

Jadi jika nada ingin menetralkan keduanya, yaitu darah tinggi dan kolesterol tinggi, konsumsilah air rebusan daun pandan. Minumlah minimal satu gelas setiap harinya, hingga tekanan darah dan kolesterol anda normal kembali.

Daun pandan dikenal cukup cepat dalam menetralkan keduanya, sehingga minumlah rutin hingga anda sembuh total.

khasiat daun pandan

4. Reumatik

Reumatik adalah salah satu keluhan orang tua pada umumnya, dimana kadar asam pada urat cukup tinggi sehingga membuat setiap persendian terasa kaku dan sangat sakit ketika digerakkan.

Reumatik sangat berpengaruh juga terhadap makanan yang anda konsumsi, sehingga anda juga harus memilih makanan dan melakukan pola hidup sehat.

Dan untuk mengurangi dan juga menyembuhkan asam urat, cobalah dengan mengiris kecil daun pandan dan berikan minyak urut maupun minyak kelaoa.

Lalu campurkan hingga kandungan dari daun pandan tercampur dengan minyak, lalu balur atau oleskan pada bagian yang sakit. Yaitu pada semua bagian persendian anda. Olesilah setiap hari untuk mempercepat dan memaksimalkan penyembuhan anda.

5. Panu

Untuk saat ini panu sudah sangat janrang terdengar karena mungkin orang saat ini sudah lebih peduli kebersihan dari pada dulu.

Namun jika ternyata nada tertular panu dari yang lain, bisa anda obati dengan daun pandan. Caranya mudah yaitu dengan menumbuk atau mengaluskan daun pandan kemudian oleskan pada kulit yang terkena panu.

Itulah manfaat daun pandan bagi kesehatan yang sangat jarang diketahui orang, jadi bagi anda yang sedang menderita beberapa keluhan seperti diatas, tuntaskanlah dengan daun pandan, dan maksimallah dalam melakukannya yaitu dengan cara rutin setiap hari.

Comments are closed.