7 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Janin

7 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Janin

Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil – Kacang hijau merupakan tanaman palawija yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kaya akan kandungan protein nabati dan masyarakat Indonesia biasa menyajikan dalam bentuk bubur kacang hijau.

Dan bubur kacang hijau tidak hanya rasanya yang enak, karena kacang hijau juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh diantaranya Protein, karbohidrat, serat, vitamin, lemak, mineral, dan asam folat.

7 Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil dan Janin

manfaat kacang hijau untuk ibu hamil

Penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan sehat setiap hari, karena ibu hamil membutuhkan nutrisi lebih, dan tentunya nutrisi tersebut dibutuhkan untuk kesehatan ibu dan juga untuk membantu pertumbuhan janin.

Untuk menambah nutrisi, ibu hamil bisa mengkonsumsi kacang hijau rebus sebagai makanan tambahan yang kaya nutrisi. Kandungan nutrisi kacang hijau yang sangat lengkap sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil, berikut ini beberapa manfaat kacang hijau untuk ibu hamil

1.Sebagai sumber energi, gizi, dan nutrisi

Kacang hijau memiliki kandungan karbohidrat komplek sebagai sumber energi yang memberikan kekuatan pada ibu hamil dalam melakukan aktivitas sehari-hari maupun kekuatan selama dan sesudah melahirkan.

Selain itu, kandungan nutrisinya juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan janin. Dengan pasokan nutrisi yang cukup bagi janin, diharapkan akan lahir bayi yang sehat dan menjadi anak yang cerdas.

2.Mempercepat penyembuhan luka

Hampir atau semua wanita yang melahirkan pasti mengalami nyeri maupun luka yang didapatkan selama proses persalinan.

Untuk penyembuhan luka pasca melahirkan, tubuh memerlukan protein untuk memperbaiki dan membentuk sel dalam jaringan tubuh. Kacang hijau memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.

Kandungan protein tersebut diperlukan ibu hamil dalam untuk mempercepat penyembuhan luka yang diakibatkan kerusakan sel selama proses persalinan.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam kacang hijau juga berperan sebagai antioksidan yang penting dalam proses penyembuhan luka.

3.Menjaga kesehatan otak janin

Kandungan asam folat atau vitamin B9 sangat penting bagi ibu hamil. Kekurangan asam folat selama masa kehamilan akan meningkatkan risiko cacat pada bayi yang dikandungnya.

Hal ini karena senyawa yang terdapat pada kacang-kacangan ini berfungsi untuk mengembangkan sistem syaraf serta mencegah kelainan otak dan sumsum tulang belakang calon bayi.

Kandungan lainnya dalam kacang hijau adalah zat thiamin atau vitamin B1 yang berperan sebagai nutrisi penting bagi perkembangan otak janin.

manfaat kacang hijau untuk ibu hamil

4.Menjaga kesehatan jantung

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil berikutnya adalah menjaga kesehatan jantung ibu hamil.

Kesehatan jantung sangat penting bagi ibu hamil, karena jantung yang sehat akan mampu memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga asupan nutrisi yang diperlukan ibu hamil bisa terdistribusi ke seluruh organ tubuh dengan baik.

Kacang hijau merupakan makanan yang aman bagi jantung karena memiliki kandungan lemak tak jenuh yang tinggi dan lemak jenuh yang rendah.

Berbeda dengan lemak jenuh yang berisiko meningkatkan kadar kolesterol, kandungan lemak tak jenuh justru baik untuk kesehatan jantung.

Selain itu dilaporkan bahwa kacang hijau merupakan salah satu sumber kalium terbaik, dimana kalium bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung

5.Menjaga kesehatan tulang ibu dan bayi

Kacang hijau mengandung mineral dalam bentuk kalsium, zat besi, dan fosfor.

Kandungan mineral tersebut penting bagi perkembangan kepadatan tulang janin dan juga menguatkan tulang ibu hamil sehingga menghindarkan sang ibu dari gangguan tulang seperti osteoporosis

6.Melancarkan sistem pencernaan

Kadar serat yang dikandung dalam kacang hijau sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Mengkonsumsi makanan berserat sangat penting bagi ibu hamil karena kekurangan serat bisa mengakibatkan kesulitan untuk buang air besar. Selain itu, kekurangan serat juga bisa mengganggu proses penyerapan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

7.Mencegah anemia

Anemia terjadi akibat dari jumlah sel darah merah di bawah normal. Anemia ditandai dengan gejala cepat lelah, pusing, mata berkunang-kunang, sesak nafas, dan jantung tidak teratur.

Kondisi ini tentu saja sangat berbahaya jika terjadi pada ibu hamil. Untuk mencegah anemia terjadi pada ibu hamil, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang hijau. Kacang hijau mengandung zat besi, vitamin C, dan juga asam folat, dimana nutrisi-nutrisi tersebut berperan dalam meningkatkan produksi hemoglobin dan membantu membentuk sel darah merah.

Nah, demikian tadi ulasan mengenai manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Ayo tunggu apalagi? Segera masukkan kacang hijau ke dalam menu wajib bagi ibu hamil ya!!!

Comments are closed.