Selain Rasanya Nikmat, Inilah 9 Manfaat Sayur Kangkung Bagi Kesehatan

Selain Rasanya Nikmat, Inilah 9 Manfaat Sayur Kangkung Bagi Kesehatan

Manfaat Sayur Kangkung – Tanaman kangkung atau yang memiliki nama latin Ipomoea aquatica Forsk, merupakan tumbuhan yang tergolong ke dalam jenis sayur-sayuran dan umum ditanam sebagai bahan makanan.

Tanaman ini banyak tumbuh di kawasan Asia dengan media tumbuh hampir di semua jenis tanah berair. Bagian yang bisa diolah menjadi makanan adalah batang berongganya dan juga daun.

Baca Juga  Diagnosis Penyakit Kista Dermoid dan Pengobatannya

Di nusantara, masakan berbahan kangkung yang populer dikonsumsi adalah tongseng kangkung bumbu tauco atau sambal terasi. Terdapat juga masakan nusantara yang terkenal berbahan kangkung, yaitu pelecing kangkung lombok. Tidak heran jika kemudian tanaman kangkung menjadi penghuni rutin di pasar-pasar.

khasiat sayur kangkung

Selain Rasanya Nikmat, Inilah 9 Manfaat Sayur Kangkung Bagi Kesehatan

Nah, selain rasanya yang nikmat, kangkung menjadi pilihan banyak ibu untuk dikonsumsi karena baiknya kandungan yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa kandungan yang terdapat di dalam kangkung beserta manfaatnya bagi tubuh.

1. Pembentukan hemoglobin pada darah

Diketahui bahwa kandungan zat besi pada kangkung bermanfaat sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru menuju seluruh tubuh. Zat besi juga menjadi zat paling penting dalam membantu pembentukan hemoglobin dalam tubuh. Kekurangan zat besi akan berbanding lurus dengan penyakit kekurangan darah merah atau anemia.

2. Pembentukan sel tubuh

Manfaat sayur kangkung ternyata mengandung protein yang diketahui berperan penting dalam pembentukan sel tubuh. Hal tersebut yang membuat tubuh dapat meregenerasi bagian yang rusak, seperti kulit yang lecet.

Baca Juga  Kenali Ciri Ciri Difteri, Cara Mengatasi Difteri Dan Mencegahnya

Selain itu, protein juga sangat bermanfaat dalam tubuh mengatur sistem metabolisme. Dengan kata lain, apabila tubuh kekurangan kadar proteinnya maka yang terjadi akan menjadi lebih mudah sakit.

3. Mencegah berbagai macam penyakit

Selama ini diketahui bahwa vitamin lazim ditemukan pada beberapa jenis buah-buahan. Namun, bukan hanya itu, beberapa jenis sayuran hijau ternyata juga dan salah satunya adalah pada manfaat sayur kangkung.

Telah dibuktikan bahwa vitamin C baik dalam perannya sebagai antioksidan dan mencegah beberapa penyakit seperti kanker, diabetes, dan juga berperan dalam kesehatan kulit. Kekurangan vitamin C juga akan membuat tubuh menjadi tidak bersemangat.

Sayuran hijau ini juga baik untuk mencegah sariwan. Dengan kandungan vitamin C-nya, kangkung dapat mengusir bakteri yang menyebabkan sariawan dan kemungkinan gusi berdarah. Bagi seseorang yang sakit gigi juga bisa mengunyah angsung daun kangkung segar karena mengandung antiseptik.

Sementara itu, vitamin A diketahui sangat baik dalam menjaga kesehatan mata. Selain itu, perannya juga penting dalam membantu pembentukan sperma, pembentukan indung telur, pembentukan plasenta pada ibu hamil, dan mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, diketahui juga bahwa ternyata apabila tubuh mengalami kekurangan vitamin A, maka yang terjadi adalah gangguan pada imunitas tubuh.

4. Sumber energi cadangan bagi tubuh

Walaupun banyak anggapan bahwa lemak harus dihindari, namun sebenarnya tubuh juga memerlukannya sepanjang hal itu tidak berlebihan.

Diketahui bahwa lemak merupakan suber energi cadangan bagi tubuh. Bagi orang yang memiliki aktivitas yang sibuk tentu memerlukannya.

Kandungan lemak yang cukup pada tubuh juga akan berpengaruh pada baiknya pembetukan sel yang akan menjaga organ tubuh.

kandungan kangkung

5. Sumber karbohidrat

Siapa sangka bahwa ternyata manfaat sayur kangkung memiliki kandungan karbohidrat meskipun tidak tinggi. Hal ini tentu saja menguntungkan karena dapat menjadi sumber cadangan energi serta pelindung protein dalam tubuh agar tidak mudah termasak.

6. Menjaga kesehatan tulang

Tanaman kangkung juga memiliki kandungan salah satu mineral, yaitu fosfor yang baik bagi tubuh. Diketahui fosfor berguna dalam menjaga kesehatan tulang agar terhindar dari osteoporosis dan menjaga kesehatan otak. Selain itu, fosfor juga akan mempengaruhi pertumbuhan gigi.

Bagi seseorang yang suka berolahraga, kandungan fosfor yang cukup akan mengurangi resiko sakit sendi. Selain itu, forfor akan menjadi bahan yang penting bagi tubuh dalam mengontrol penggunaan energi.

7. Memperlancar pencernaan

Sebagai bahan alami, tidak mengherankan jika kangkung mengandung serat. Hal tersebut baik dalam menjaga kesehatan pencernaan, mulai dari mengatasi sembelit, melancarkan buang air besar, dan menyeimbangkan pH dalam sistem pencernaan.

Kangkung juga baik bagi seseorang yang menjalankan program diet. Diketahui bahwa serat pada kangkung akan menurunkan nafsu makan dan menimbulkan efek kenyang lebih lama.

Baca Juga  Ini Dia 6 Cara Menaikan Trombosit Paling Mudah Dengan Bahan Alami

8. Mengoptimalkan kinerja otak

Kandungan vitamin B1 dalam kangkung baik untuk mencegah katarak dan mengoptimalkan kerja otak. Selain itu, bagi seseorang yang memiliki darah rendah juga akan membaik karena vitamin B1 dapat membantu dalam roduksi sel darah merah. Lebih dari itu, vitamin B1 juga mampu mengatasi penuaan dini.

9. Mengurangi tekanan darah

Kangkung mengandung kalium yang bermanfaat dalam mengurangi tekanan darah. Nah, inilah yang sebenarnya sedikit banyak menyebabkan kenapa seseorang yang makan kangkung bisa merasa mengantuk.  Karena tekanan darah yang menurun, maka secara tidak langsung tubuh akan merasa rileks.

Hal itu akan didukung apabila kangkung dikonsumsi lebih dari pukul 1 siang. Diketahu bahwa ada kecenderungan tubuh akan merasa mengantuk setelah pukul 1 siang.

Nah, sahabat, itu tadi adalah ulasan mengenai beberapa kandungan kangkung dan manfaatnya. Memang dalam mengonsumsi kangsung sebaiknya untuk sekali makan alias tidak mengonsumsi kangkung yang telah diolah dalam waktu yang lama. Hal pendinginan setelah pemasakan kangkung memungkinkan adanya pengurangan nutrisi dan pemunculan zat negatif bagi tubuh.

Lupakan Bahan Kimia, Ini 14 Cara Mengusir Semut Paling Aman Vitamin dan Makanan Penguat Kandungan Itu Apa Saja?
Comments are closed.