Mata Bayi Belekan Apakah Normal? Ini Cara Aman Memersihkannya

Mata Bayi Belekan Apakah Normal? Ini Cara Aman Memersihkannya

Mata Bayi Belekan – Sahabat, apakah Anda sedang merawat bayi dengan mata yang belekan? Jika iya, maka sebaiknya Anda tidak panik sambil terus rajin menjaga kebersihan si bayi. Hal tersebut karena merupakan gejala normal dan tidak membahayakan kesehatan si bayi, selama Anda rajin untuk menjaga kebersihannya.

Ada beberapa mitos yang dipercaya masyarakat mengenai mata bayi belekan, di antaranya adalah karena si ibu yang suka mengkonsumsi daun pepaya selama masa menyusui. Namun, menurut dunia medis, sebenarnya hal semacam itu tidak terlalu berpengaruh.

Mata bayi belekan adalah hal yang wajar terjadi. Hal tersebut karena kelenjar air mata pada bayi belum bekerja dengan optimal sehingga air mata si kecil dapat keluar tanpa kontrol yang baik. Kondisi ini tidak perlu Anda risaukan hingga usia bayi mencapai 7 bulan, sebelum akhirnya fungsi kelenjar tersebut benar-benar berfungsi.

Apakah Penyebab Mata Bayi Belekan?

Sekali lagi, tanang jangan panik. Bukan hanya anak Anda yang mengalaminya, memang umumnya bayi selalu mengeluarkan kotoran dari matanya. Hal itu bisa berupa air mata bersih yang kemudian bercampur dengan bedak di luar mata atau bisa juga memang mata mengeluarkan cairan kental berwarna putih atau bening.

Untuk kasus yang kedua, yaitu mata bayi belekan cairan kental, ada beberapa hal yang perlu diawasi mengenai keadaan di mana bayi itu berada.

Misalnya adalah kondisi ruangan, apakah berdebu atau tidak. Selain kondisi ruangan, beberapa zat kimia seperti bedak dan sabun juga memungkinkan mata bayi bereaksi. Untuk itu Anda harus memperhatikan apakah penyebab belekan itu terjadi setelah adanya kontak benda atau tidak.

Bayi memang masih sangat rentan alergi pada benda-benda berbahan kimia. Bahkan, untuk mengatasi mata bayi belekan pun sebenarnya Anda tidak memerlukan obat-obatan kecuali itu memang dianjurkan oleh dokter. Mengenai belekan itu, Anda hanya harus membersihkannya sembari sabar menunggu kelenjar air mata si bayi bekerja optimal.

mata bayi belekan

Mata Bayi Belekan Apakah Normal?

Selain itu, apakah Anda ketahui bahwa belek hanya kondisi normal yang tidak akan membuat bayi menjadi tidak nyaman. Namun apabila si bayi menjadi rewel, menangis terus menerus, menggosok-gosok mata, sulit menutup dan membuka mata, serta merasa silau jika ada cahaya kecil, maka bisa jadi memang ada yang tidak normal. Apabila hal tersebut juga disertai gangguan pernapasan seperti batuk dan pilek, hal itu mungkin juga karena adanya gangguan virus.

Belek atau kotoran tidak bertambah banyak dalam waktu yang singkat. Umumnya, kotoran yang muncul karena kelenjar air mata belum berfungsi dengan baik hanya berupa kerak. Selain itu, warnanya bukan kuning atau kehijauan.

Warna kerak atau belek pada bayi yang normal adalah putih. Namun, walaupun kotoran berwarna putih tetapi jika mata berwarna merah dan kelopak matanya bengkak, itu adalah tanda adanya infeksi. Untuk masalah ini Anda sebaiknya menghubungi dokter.

Masalah mata bayi yang belekan dengan gejala demikian ini biasanya disebabkan oleh gangguan bakteri atau pun alergi terhadap sesuatu, baik benda yang dimakan atau pun benda disekitar.

mata bayi belekan

Cara Membersihkan Mata Bayi Belekan Dengan Aman

Untuk membersihkan mata bayi yang belekan, Anda dapat menggunakan cotton bud atau bahan yang sangat lembut. Perlu Anda ketahui, bahwa kain adalah bahan yang cukup kasar untuk mengelap kulit sekitar mata bayi.

Siapkan juga air hangat untuk merendam cotton bud sebelum membersihkan kerak pada hidung atau sekitar mata bayi. Selain air hangat, Anda juga dapat menggunakan air ASI yang aman untuk mata si bayi. Namun tentu saja tidak dengan maksud memasukan air ASI ke mata.

Selama membersihkan kerak air mata atau belekan si bayi, usahakan jangan menggunakan sisi yang sama hingga dua kali. Terlebih lagi jika area itu sangat dekat dengan mata. Hanya gunakan cotton bud satu kali untuk menjaga kebersihan mata si bayi.

Selama ini memang berkembang mitos dalam masyarakat bahwa mengobati dan menghentikan mata bayi yang belekan adalah dengan cara meneteskan ASI atau pun menjilat mata si bayi. Tentu hal itu sangat keliru. ASI memang sangat baik bagi bayi, namun tidak untuk matanya karena memiliki kandungan yang sama sekali berbeda dengan air mata.

Selain itu, menjiat mata bayi sehingga meninggalkan ludah adalah cara lain untuk memberi bakteri pada mata bayi dan hal itu malah justru dapat membuat mata bayi menjadi lebih banyak mengeluarkan kotoran atau belekan.

Cara-cara untuk membersihkan mata bayi menjadi belekan menurut dokter adalah dengan memberi pijatan kecil pada sekitar mata dan hidung si bayi. Fungsinya adalah untuk mengeluarkan air mata yang biasanya tersumbat. Namun, apabila Anda tidak cukup tega untuk elakukan itu, cukup bersihkan saja kotoran yang secara fisik terlihat.

Nah, sahabat, itu tadi adalah ulasan singkat mengenai mata bayi menjadi belekan. Sebaiknya Anda tidak panik jika mendapati hal-hal yang baru pertama kali didapatkan si bayi, tetapi Anda juga jangan ragu untuk konsultasi kepada ahlinya mengenai apa pun yang membuat penasaran. Intinya, sahabat, lakukan yang terbaik bagi anak-anak, ya!

Comments are closed.