Mengintip, 5 Tips Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi Dengan Alami

Mengintip, 5 Tips Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi Dengan Alami

Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi – Bayi rentan terhadap biang keringat karena kulit bayi masih sensitif dan kelenjar keringat pada bayi belum terbentuk sempurna, sehingga penyerapan dan pengeluaran keringat belum bisa maksimal.

Biang keringat atau biasa disebut keringat buntet merupakan kelainan kulit pada bayi berupa ruam kemerahan yang menimbulkan sensasi panas dan gatal. Dalam bahasa medis biang keringat dikenal dengan istilah miliaria.

Biang keringat biasanya muncul di bagian wajah, perut, lipatan kulit, kaki, selangkangan , dada bagian atas, daerah yang tertutup popok atau bisa juga di ketiak. Seringkali biang keringat ini membuat bayi menjadi rewel.

Umumnya biang keringat muncul karena dipicu oleh suhu udara yang panas dan lembab. Kondisi ini membuat tubuh bayi menjadi berkeringat tetapi karena pori – pori pada bayi belum sepenuhnya berkembang maka pori – pori menjadi tersumbat dan keringat tidak bisa keluar. Hal inilah yang menyebabkan bintil – bintil kecil dan ruam kemerahan timbul pada kulit bayi.

mengatasi biang keringat pada bayi
Mengintip, 5 Tips Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi Dengan Alami

Mengatasi biang keringat pada bayi bisa ibu lakukan dengan melakukan hal – hal berikut ini dengan cara, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menghindarkan bayi dari udara panas dan lembab

Ibu bisa menempatkan bayi di ruangan yang sejuk dan teduh. Ibu bisa menggunakan AC atau kipas angin agar sirkulasi udara di kamar menjadi lebih sejuk. Namun, jangan pernah mengarahkan kipas angin ke tubuh bayi secara langsung dan jangan sampai bayi menjadi kedinginan.

2. Memakaikan pakaian yang nyaman pada bayi

Pakaian yang longgar dan nyaman dapat mengatasi biang keringat pada bayi. Ibu bisa memakaian pakaian yang berbahan katun. Jangan memakaian pakaian yang berbahan sintesis karena pakaian ini bisa memerangkap panas dan memicu timbulnya biang keringat.

mengatasi biang keringat pada bayi

3. Menjaga agar kulit bayi tetap sejuk

Biang keringat memberikan sensasi gatal dan panas sehingga bayi menjadi rewel. Mengatasi biang keringat pada bayi ini bisa dilakukan dengan mendinginkan kulit bayi yang terkena biang keringat. Ibu bisa memandikan bayi atau menggunakan kain basah untuk mendinginkan kulit bayi.

4. Hindari menggendong bayi terlalu sering

Tahukah ibu jika suhu tubuh ibu menjadi salah satu sumber panas pada bayi? Cuaca yang panas dan suhu tubuh ibu dapat menjadi sumber panas bagi bayi. Bayi yang terkena biang keringat sebaiknya jangan terlalu sering digendong pada saat cuaca panas. Ibu bisa membaringkan bayi di ranjang.

5. Segera mengganti pakaian bayi yang terasa lembab karena keringat

Mengatasi biang keringat pada bayi salah satu caranya dengan segera melepaskan pakaian bayi yang lembab karena terkena keringat dan segera menggantinya dengan pakaian baru.

6. Menggunakan lotion untuk meredakan kondisi biang keringat

Bayi akan merasakan gatal dan panas saat terkena biang keringat. Untuk meredakan kondisi gatal dan sensasi panas tersebut, ibu bisa menggunakan lotion calamine atau menggunakan bedak salicyl dan mengoleskannya pada biang keringat di kulit bayi.

Biang keringat yang sudah parah bisa diatasi dengan menggunakan krim hidrokortison. Namun, penggunaan krim ini harus mendapatkan resep dokter. Mengingat kulit bayi masih sensitif, ibu tidak bisa asal memberikan krim ini. Jadi, ibu bisa konsultasikan dulu kondisi biang keringat bayi ibu pada dokter.

 

Semoga tips – tips alami di atas dapat membantu ibu mengatasi permasalahan biang keringat pada bayi. Jika biang keringat semakin parah dan meluas hingga membuat bayi menjadi demam, sebaiknya ibu segera memeriksakan kondisi bayi ke dokter.

Comments are closed.