Kenali Mucopect Drop sebagai Obat Batuk Berdahak

Kenali Mucopect Drop sebagai Obat Batuk Berdahak

Mucopect drop – Batuk kerap menjadi masalah yang sering dihadapi oleh manusia, baik orang dewasa atau pun anak-anak. Kategorinya yang merupakan penyakit ringan bukan genetik menjadikannya dipandang sepele. Namun, bagi anak-anak yang masih memiliki imuns rendah, batuk harus dipandang lebih serius. Hal tersebut karena biasanya mengganggu nafsu makannya. Terlebih lagi apabila batuk tersebut merupakan batuk berdahak.

Apabila Anda sedang merawat anak yang mengalami batuk berdahak dan mendapati masalah terusannya seperti nafsu makan terganggu hingga pernapasan si anak yang mengkhawatirkan, Anda mungkin dapat mempertimbangkan salah satu obat yang manjur menghilangkan dahak, yaitu mucopect drop.

Apa itu mucopect?

Mucopect adalah obat mengandung ambroxol hidrokolorida yang berfungsi menghancurkan dahak sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan. Cara kerja ambroxol sebagai agen mukolitik adalah menghancurkan serat mukopolisakarida pada dahak kental sehingga dahak tidak terlalu liat dan cukup mudah untuk dikeluarkan bersama batuk. Selain itu ambroxol juga akan meningkatkan surfaktan yang memiliki peran sebagai pembersih kuman atau pantogen-pantogen di dalam saluran pernapasan.

Dengan adanya ambroxol, silia atau rambut getar pada saluran pernapasan juga menjadi optimal bekerja. Yang perlu diketahui adalah bahwa mucopect ini tidak akan menekan batuk, sehingga batuk justru akan berlangsung dengan baik. Hal tersebut karena batuk adalah cara alami tubuh untuk mengeluarkan pantogen dari dalam tubuh.

Nah seperti namanya, mucopect drop adalah mucopect yang berupa drops atau tetes. Dalam ketersediaannya di apotek, Anda juga bisa menemukan mucopect dalam bentuk tablet atau pun sirup. Bentuk tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan penderitanya. Untuk anak-anak yang sulit minum obat, bentuk tetes atau drop inilah yang paling mudah diberikan.

Anda tidak perlu khawatir soal keamanan mucopect ini karena kandungan ambroxolnya juga biasa digunakan sebagai obat untuk penderita asma, bronkitis, pneumonia, atau yang lainnya. Yang perlu diperhatikan hanyalah soal alergi pada ambroxol dan penyakit maag. Ambroxol akan bereaksi cukup cepat pada beberapa anak yang memiliki alergi pada zat ini. selain itu, amboxol juga keras bagi lambung yang mengalami tukak atau luka.

Bagaimana dosis mucopect drop?

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal tanpa efek samping, dosis pemakaian juga penting untuk diperhatikan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kandungan ambroxolnya karena tidak sama dalam setiap kemasan. Ada yang sebanyak 7,5 mg/ml dan ada juga yang 15mg/ml. Untuk kedua takaran kandungan ambroxol tersebut, dan khusus mucopect bentuk drop, dosisnya adalah sebagai berikut.

Bagi anak-anak di bawah dua tahun, mucopect dapat diberikan 1 ml dua kali sehari untuk mucopect berkadar 7,5 mg/ml. Sementara untuk yang bertakaran 15 mg/ml, dapat diberikan sebanyak 0,5 ml dua kali sehari.

Bagi anak-anak di atas dua tahun hingga lima tahun, mucopect bertakaran 7,5 mg/ml sebanyak 3 kali sehari masing-masing 1 ml. Untuk takaran 15 mg/ml juga diberikan sebanyak 3 kali sehari dengan masing-masing 0,5 ml.

Selanjutnya, bagi anak-anak yang berusia lebih dari lima tahun, mucopect juga masih berfungsi dengan baik apabila dosisnya dinaikkan. Untuk usia ini, gunakan mucopect dengan takaran 15 mg/ml. Berikan sebanyak 2-3 kali sehari dengan masing-masing pemberian sebanyak 1 ml.

 

Petunjuk penggunaan mucopect drop

 

Obat ini sebaiknya digunakan pada anak dengan terlebih dahulu mengkonsumsi makanan atau cemilan. Selain itu, anak yang akan menggunakan mucopect juga sebaiknya banyak mengkonsumsi air mineral.  Hal tersebut berguna agar mucopect mudah terurai saat di lambung.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda harus konsisten. Bahkan, usahakan minum mucopect di waktu yang bersamaan dalam setiap harinya. Hal tersebut agar tubuh tidak berlebihan bereaksi pada kandungan obat ini. Anda juga tidak perlu menghabiskannya. Apabila dahak dan batuk sudah berhenti, maka konsumsi obat ini juga sudah dapat dihentikan.

Nah, sahabat, itu tadi ulasan singkat mengenai mucopect yang telah kami rangkum untuk Anda. Meskipun mucopect banyak tersedia dan dilegalkan untuk membeli langsung tanpa resep dokter, tidak salah apabila Anda ingin mendapatkannya langsung dari dokter. Intinya, sahabat, lakukan hal terbaik untuk kesehatan anak, ya!

 

Comments are closed.