Vitamin, Bumbu, dan Makanan Penambah Nafsu Makan Anak Anak

Vitamin, Bumbu, dan Makanan Penambah Nafsu Makan Anak Anak

Penambah Nafsu Makan Anak – Asupan kalori harian untuk anak-anak sebaiknya tidak kurang dari 1000 kalori(usia 2-3 tahun), 1.200-1.800 kalori(usia 4-8 tahun), dan 1.600- 2.200 kalori(usia 9-13).

Baca Juga  4 Syarat Kandungan Susu Penambah Berat Badan Anak

Untuk memenuhi kebutuhan kalori harian tersebut, anak tentu harus mengonsumsi makan makanan sehat dan bernutrisi. Oleh karena itu, ibu harus menjaga nafsu makan anak.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menjaga atau menambah nafsu makan anak, yaitu melalui pemberian vitamin, penambahan bumbu masakan, dan pemilihan bahan makanan. Selengkapnya adalah sebagai berikut.

Daftar Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Berikut Kisaran Harganya

daftar penambah nafsu makan anak

1. Apialys sirup dan drop

Di dalam produk sirup dan drop ini mengandung setidaknya vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, nicotinamide, lysine HCI, I-glutamic acid, dan D-panthenol. Di pasaran, harga apialys sirup dan drop ukuran 10 ml adalah sekitar Rp42.000-Rp52.000.

2. Mollers tran Cod liver oil

Produk penambah nafsu makan dari Norwegia ini mengandung beberapa bahan penting seperti omega 3, DHA, vitamin A, vitamin D, dan vitamin E. Produk berbagai rasa dalam ukuran 250 ml-nya berharga sekitar Rp400.000.

3. Zamel drop

Dalam produk ini terkandung biotin, zinc, asam pantotena, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin D3, dan vitamin E. Harganya di pasaran untuk ukuran 16 ml adalah sekitar Rp50.000.

Baca Juga  6 Merk Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Umur 1 Hingga 4 Tahun

4. Scott Emulsion Vita

Produk ini terkandung omega 3 DHA dan EPA, kalsium, vitamin A, dan vitamin D. Harga untuk ukuran 400 ml adalah sekitar Rp52.000.

5. Vidoran Gummy

Produk penambah nafsu makan yang satu ini mungkin akan lebih disukai oleh anak-anak karena lebih mirip cemilan ketimbang obat. Di dalam produk ini terkandung setidaknya lysine, vitamin B kompleks, vitamin C, dan Curcuma. Harganya di pasaran hanya sekitar Rp15.000.

6. Vitabumin

Di dalam produk penambah nafsu makan ini terkandung sari ikan gabus, madu, pegagan, dan temulawak. Harganya di pasaran adalah sekitar Rp70.000.

penambah nafsu makan anak
5 Bumbu Masakan Penambah Nafsu Makan Anak Anak

Jika si anak memiliki makanan favorit dan sulit untuk mengonsumsi makanan lainnya, ibu bisa menambahkan bumbu-bumbu berikut pada makanan kesukaan si buah hati.

Baca Juga  Vitamin Penambah Nafsu Makan Untuk Anak yang Boleh Dicoba

1. Temulawak

Bahan ini memang sudah sangat terkenal sebagai penambah nafsu makan anak yang efektif. Beberapa sirup atau drop penambah nafsu makan anak pun menggunakan ekstrak temulawak.

2. Kayu manis

Pada dasarnya Kayu Manis akan menambah aroma yang membuat anak menjadi lebih bernafsu untuk makan. Selain itu, di dalam Kayu Manis terdapat senyawa hydroxychalcone yang memang efektif untuk penambah nafsu makan anak. Tidak seperti temulawak, kayu Manis sebaiknya tidak digunakan pada anak-anak di bawah 8 bulan.

3. Daun basil

Daun basil lebih banyak digunakan ibu untuk menambah nafsu makan anak karena justru akan mempengaruhi rasa menjadi lebih sedap, selain tentu saja beraroma lebih menggugah rasa. Dan bahasa juga akan membantu sistem pencernaan anak. Namun, daun basil sebaiknya tidak digunakan bagi anak dibawah 8 bulan.

4. Daun mint

Jika kebanyakan daun atau sayuran berwarna hijau akan membuat rasa kenyang lebih lama, berbeda dengan Daun mint yang membuat anak cenderung merasa lapar. Rasanya mungkin akan sedikit mengejutkan bagi anak, tetapi itu tidak akan mengganggu.

5. Kacang-kacangan

Kandungan gizi yang terdapat dalam kacang akan membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik dan secara tidak langsung akan meningkatkan selera makan anak.

Yang perlu di perhatikan adalah bahwa kacang yang digunakan bukan kacang utuh, terlalu keras untuk anak, atau kasar bagi tenggorokan.

Ibu bisa menggunakan beberapa produk kacang yang lebih ramah dengan sistem pencernaan anak. Oleh karena itu, gunakan kacang-kacangan bumbu penambah nafsu makan bagi anak diatas 12 bulan.

Bahan-Bahan Makanan Penambah Nafsu Makan Anak

Bahan makanan yang lezat dan memiliki kandungan penambah nafsu makan tentu sangat penting untuk membuat anak menjadi lebih mudah makan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang pilih dan dicampur kan ke dalam masakan untuk penambah nafsu makan anak.

1. Wortel

Memasukkan pisang wortel ke dalam masakan iklan dapat membuat anak menjadi lebih bernafsu. Selain itu, wortel juga dapat dibuat jus dan diminum satu jam sebelum makan.

2. Alpukat

Pada dasarnya, buah alpukat juga mengandung tinggi kalori yang baik digunakan untuk anak-anak beraktivitas lincah. Selain itu, mengonsumsi alpukat juga akan membuat nafsu makan anak meningkat.

3. Teh hijau

Teh hijau diketahui memiliki antioksidan yang tinggi yang membuat anak-anak lebih kuat terhadap serangan penyakit ringan. Selain itu, rutin mengkonsumsi teh hijau juga akan membuat metabolisme lancar dan nafsu makan meningkat.

4. Yogurt

Makanan penambah nafsu makan anak yang satu ini juga akan berguna dalam mengatasi sistem pencernaan yang kurang baik. Kandungan vitamin B, kalsium, dan bakteri sehat di dalamnya akan merawat usus dan saluran pencernaan lainnya.

Jangan Minder, Ini 16 Cara Menghilangkan Bau Ketiak 3 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Percakapan Sehari-hari
Comments are closed.