Mengenal Pengertian Monopoli, Contoh dan Jenis Aturannya

Mengenal Pengertian Monopoli, Contoh dan Jenis Aturannya

Pengertian Monopoli – Jika anda pernah mengenal permainan monopoli maka pengertian arti monopoli sendiri adalah kurang lebih sama. Permainan monopoli memberikan kesempatan kepada setiap pemain untuk secara bebas membeli dan berinvestasi di berbagai tempat.

Misalnya anda mempunyai uang untuk membuat rumah dan tanah atau apartemen di berbagai tempat sebanyak-banyaknya. Konsep sebanyak-banyaknya ini agar player atau pemain lain tidak bisa menguasai tempat anda. Sehingga mereka akan membayar pajak kepada anda. Atau mereka tidak bisa masuk ke dalam tempat yang telah anda dirikan rumah atau apartemen.

pengertian monopoli dan contohnya
Mengenal Pengertian Monopoli Dalam Persaingan Usaha

Pengertian monopoli sendiri dalam persaingan usaha adalah sebuah upaya untuk mendominasi pasar konsumen dengan menguasai sistem distribusi, produsen atau pasar akhir. Monopoli tidak harus dilakukan oleh satu atau dua perusahaan saja.

Karena monopoli bisa diciptakan melalui kongsi atau kerjasama dengan pengawas (regulator). atau diciptakan melalui kongsi atau kerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain yang sejenis atau tidak sejenis yang disebut dengan kartel.

Pengertian monopoli untuk perusahaan tunggal biasanya karena menguasai perusahaan produksi, mata rantai distributor dan juga pengelolaan pada pasar-pasar konsumen. Pola monopoli ini diperbolehkan ketika banyak perusahaan melakukan yang sama.

Misal, perusahaan gula di sumatera mereka mempunyai perusahaan perkebunan tebu, perusahaan pabrik gula dan supermarket pasar. Sementara saingan mereka juga melakukan hal yang sama. Ini masih diperbolehkan.

Tetapi pengertian monopoli yang menabrak aturan pasar adalah ketika di Indonesia hanya ada satu perusahaan gula yang menguasai pabrik perkebunanan tebu, pabrik industri gula dan supermarket. Maka pemerintah tidak memperbolehkan. Pengertian monopoli dengan sistem seperti ini hanya akan menimbulkan harga seenak maunya produsen.

Contoh Kasus Monopoli

Pengertian monopoli selanjutnya terjadi pada kartel atau kongsi antara dua dan tiga perusahaan. Misalnya begini, kasus naiknya harga tiket pesawat akhir-akhir ini dikarenakan diduga adanya monopoli oleh dua atau tiga perusahaan pesawat.

Mereka bersama-sama membuat perjanjian antara tiga perusahaan untuk menerapkan tarif tertentu agar penumpang tidak mempunyai pilihan lain. Sehingga mereka akan mengikuti tarif yang ditetapkan oleh tiga kartel tersebut. Monopoli jenis ini dapat merugikan masyarakat dan oleh karenaya dilarang oleh pemerintah.

Selain itu, contoh kasus monopoli selanjutnya adalah penguasaan dua buah perusahaan pada sektor usaha yang sama oleh sebuah perusahaan induk yang sama. Kasus ini pernah terjadi pada TELKOMSEL dan INDOSAT.

Dimana perusahaan singapura memiliki saham yang sama-sama mayoritas di Telkomsel dan Indosat. Pemerintah meminta perusahaan singapura untuk mengurangi saham di Indosat agar tidak tercipta monopoli. Karena jika sama sama menguasai dua perusahaan telekomunikais bisa merekayasa harga tertinggi.

pengertian monopoli
Jenis Jenis Sistem Aturan Monopoli

Sementara sistem monopoli yang dilakukan antara sebuah perusahaan dengan pemerintah pernah terjadi pada industri minyak dan gas. Pemerintah melarang semua perusahaan gas dan minyak mendistribusikan BBM kecuali dilakukan oleh pertamina.

Monopoli distribusi BBM oleh pertamina ini bertujuan untuk memastikan harga bensin dipelosok sesuai dengan aturan dari pemerintah. Tetapi ada juga monopoli yang dilakukan antara oknum pemerintah dengan sebuah perusahaan yang berakibat pada kerugian negara sehingga masuk dalam urusan pidana.

Misalnya pada industri ternak, pemerintah melarang menjual ayam petelur sebagai bahan daging. Tetapi seorang oknum menerbitkan aturan yang menunjuk sebuah perusahaan tertentu boleh menjual ayam petelur sebagai ayam daging.

Kerugian ini karena harga tercipta menjadi tunggal dan masyarakat tidak mendapat harga murah. Sementara pemerintah atau negara kehilangan pasokan pajaknya.

Perlu Anda ketahui bahwa saat ini Indonesia telah mempunyai KPPU atau Komisi Pengawas Persaingan Usaha yang berfungsi dalam mengawasi usaha usaha dagang dan jasa agar tidak memainkan peranan monopoli dan kartel yang merugikan negara dan masyarakat.

Comments are closed.