Pengertian SWOT Analysis, Tujuan, Serta Cara Melakukannya

Pengertian SWOT Analysis, Tujuan, Serta Cara Melakukannya

Pengertian SWOT – Analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportunities and threats analysis) adalah kerangka kerja yang digunakan untuk menganalisa posisi kompetitif perusahaan dengan melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada.

Pengertian SWOT sering digunakan oleh perusahaan untuk mengukur apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh organisasi, serta potensi peluang dan ancaman yang mungkin timbul dalam suatu proyek.

Analisis SWOT ini pertama kali diperkenalkan oleh Albert Humphrey pada tahun 1960-an dan 1970-an saat memimpin proyek penelitian di Stanford Research Institute. Kerangka kerja ini kemudian dikembangkan untuk kepentingan bisnis dan telah diterapkan di semua jenis organisasi sebagai alat pengambilan keputusan.

Kapan dan Kenapa Harus Melakukan Analisis Pengertian SWOT?

apa itu swot

Analisis SWOT sering digunakan untuk mengawali perencanaan strategis perusahaan. Kerangka kerja ini diakui mampu membantu mengambil keputusan dengan tepat karena memungkinkan organisasi menemukan peluang yang sebelumnya tidak terungkap dan juga untuk mendiagnosa ancaman.

Misalnya saja, analisis SWOT ini bisa mengidentifikasi keunggulan suatu produk serta pangsa pasar produk tersebut. Atau bisa diterapkan untuk merencanakan kesuksesan karir seseorang, yaitu dengan menunjukkan jalur karir yang tepat untuk memaksimalkan potensi sambil mengingatkan ancaman yang dapat menghambat karir.

4 Elemen Analisis SWOT

Seperti namanya, analisis SWOT terdiri dari empat elemen

• Kekuatan : Faktor internal dan sumber daya yang dimiliki yang mendukung kesuksesan atau hasil yang lebih baik. Mengetahui kekuatan sendiri akan menunjukkan apa saja yang bisa dilakukan perusahaan dengan lebih baik dibanding kompetitor

• Kelemahan : Faktor internal dan sumber daya yang menghambat kesuksesan. Dengan mengetahui kelemahan, maka perusahaan bisa mencari solusi yang tepat untuk memperbaiki kelemahan tersebut

• Peluang : Faktor eksternal yang dapat dimanfaatkan oleh organisasi untuk memperoleh keuntungan.

• Ancaman : Faktor eksternal yang bisa menghambat atau membahayakan kesuksesan.

Faktor internal di sini misalnya kondisi keuangan, sumber daya manusia yang dimiliki, maupun pengalaman sebelumnya. Sedangkan faktor eksternal diantaranya keadaan perekonomian negara, peraturan pemerintah, peristiwa yang terjadi, perkembangan teknologi dll.

Menganalisa elemen dari internal dan eksternal ini memang tidak selalu memberikan solusi yang pasti mampu memecahkan masalah, tapi setidaknya dapat memecah persoalan menjadi bagian-bagian kecil hingga tampak lebih sederhana.

Matriks SWOT biasanya berupa persegi yang dibagi menjadi empat kuadran, dengan masing-masing kuadran mewakili salah satu elemen. Misalnya, anda dapat menempatkan kekuatan di kuadran pertama, kelemahan di kuadran kedua, dan seterusnya.

Bagaimana Cara Melakukan Analisis SWOT

Analisis SWOT biasanya dimulai dengan menentukan terlebih dahulu tujuan yang hendak dicapai oleh perusahaan, organisasi, ataupun individu. Kemudian diikuti dengan membuat daftar kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk melakukan analisis SWOT melalui pertanyaan-pertanyaan yang berhubungn dengan empat elemen tersebut. Misalnya seorang pengambil keputusan di suatu perusahaan bisa mendapatkan data SWOT dengan dipandu melalui pertanyaan berikut :

• Pertanyaan untuk mengidentifikasi kekuatan : “Apa yang dapat anda lakukan agar lebih baik daripada kompetitor?” atau “Apa kelebihan yang anda miliki?”

Pertanyaan untuk mengidentifikasi kelemahan : “Bagian mana yang perlu perbaikan?”, “Apa yang sebaiknya dihindari dalam organisasi atau proyek?”

Pertanyaan untuk mengidentifikasi peluang : “Tren market seperti apa yang bisa meningkatkan sales?”

• Pertanyaan untuk mengidentifikasi ancaman : “Apa kelebihan kompetitor dibanding perusahaan anda?”, “Apa saja hambatan eksternal yang dapat diidentifikasi”?

Menggunakan Analisis SWOT

Bagi perusahaan, analisis SWOT bisa digunakan untuk mendapatkan gambaran posisi saat ini maupun masa depan dalam kompetisi antar perusahaan maupun posisi saat ini terhadap tujuan yang hendak diraih perusahaan.

Intinya, ketika data SWOT telah diperoleh, perusahaan harus memastikan apakah suatu proyek, produk layak untuk dikerjakan atau memastikan faktor apa saja yang akan membuatnya berhasil. Dengan demikian, secara umum analisis SWOT ini membantu perusahaan menentukan pengambilan langkah yang tepat berdasarkan sumber daya yang dimiliki.

Contoh Analisis SWOT

contoh analisis swot

Salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan analisis SWOT adalah dengan melihat contoh. Bahkan jika kita mengerti pengertian SWOT serta teorinya, bisa jadi agak sulit untuk memeriksa bisnis kita melalui analisis SWOT. Berikut ini contoh analisis SWOT usaha kuliner Mie Ayam

• Strength (kekuatan)

1.Terkenal di masyarakat

2.Harga lebih murah dari kompetitor

3.Lokasi strategis

4.Warung makan didesain untuk anak muda

5.Menggunakan bumbu alami, tanpa pengawet

6.Kurang inovasi

• Weakness (kelemahan)

1.Kurang inovasi dalam penyajian

2.Kurang modal untuk mengembangkan usaha

3.Banyak kompetitor

• Opportunities (peluang)

1.Anak muda suka dengan tampilan dan suasana warung makan

2.Masyarakat suka mie

3.Hanya sedikit warung mie ayam yang didesain khusus untuk anak muda

4.Peluang pasar masih terbuka lebar

• Threads (ancaman)

1.Kenaikan harga bahan baku

2.Makin banyak kompetitor yang meniru konsep kami

• Membuat Strategi

Strategi SO

1.Lebih sering berinovasi dengan konsep yang cocok untuk anak muda
2.Menjaga harga tetap terjangkau

Strategi WO

1.Berusaha mencari tambahan modal untuk mengembangkan usaha

2.Jadikan kompetitor sebagai penyemangat untuk lebih berinovasi

Strategi ST

1.Tidak menaikkan harga jual

2.Menjaga reputasi dengan meningkatkan kualitas pelayanan

Strategi WT

1.Memunculkan ide atau inovasi dalam penyajian

Nah demikian tadi ulasan mengenai Pengertian SWOT analysis, tujuan, serta bagaimana menggunakan metode ini. Semoga ulasan tadi bermanfaat bagi anda yang sedang membuat perencanaan untuk menentukan langkah terbaik bagi kelangsungan perusahaan maupun organisasi

Comments are closed.