cara menyimpan asi perah
4 Cara Menyimpan ASI Perah Paling Aman Untuk Ibu dan Bayi
29/09/2018
Cara Membuat Plastisin
Cara Membuat Plastisin Untuk Anak dan Keuntungan Plastin
01/10/2018

Benarkah Terlalu Sering Main HP Menjadi Penyebab Mata Bintitan?

Penyebab Mata Bintitan – Mungkin kalian bertanya – tanya apakah terlalu sering bermain hp bisa menjadi penyebab mata bintitan

Terlalu sering bermain hp tidak ada hubungannya dengan mata bintitan dan begitu pula dengan mitos mengintip yang seringkali dikaitkan menjadi penyebab mata bintitan.

Itu semua bukanlah hal – hal yang menyebabkan mata bintitan karena bintitan terjadi akibat infeksi bakteri pada kelenjar di kelopak mata. Biasanya bintitan ini muncul dengan ditandai adanya benjolan yang berwarna kemerahan pada kelopak mata. Dalam istilah medis bintitan disebut dengan hordeolum.

Baca Juga  Mata Bayi Belekan Apakah Normal? Ini Cara Aman Memersihkannya

Hordeolum ada 2 yaitu hordeolum internal dan hordeolum eksternal. Hordeloum internal merupakan bintitan yang terjadi pada kelopak mata bagian dalam.

Hordeolum internal seringkali lebih berbahaya daripada hordeolum eksternal.Sedangkan hordeolum eksternal merupakan bintitan yang terjadi di kelopak mata bagian luar

Biasanya di dalam benjolan mata bintitan berisi nanah yang dapat memunculkan rasa sakit saat mata sedang berkedip maupun dalam keadaan biasa.

Beberapa tanda – tanda yang mengawali munculnya bintitan yaitu adanya sensasi kelilipan atau merasa ada benda asing di kelopak mata, mata sering berair, penglihatan kabur, muncul titik kekuningan yang akan muncul menjadi benjolan hordeolum atau bintitan.

penyebab mata bintitan
Lalu, Apa sajakah penyebab mata bintitan itu?

1. Adanya infeksi dari bakteri

Adanya infeksi bakteri Staphylococcus yang dipicu saat menyentuh mata dengan tangan kotor dan bakteri ini sebenarnya ada di semua bagian kulit

Akan tetapi kalo bakteri ini menyebabkan infeksi di area sekitar kelopak mata, maka bisa menjadi penyebab mata bintitan. Infeksi bakteri ini dipicu saat kalian menyentuh mata dengan tangan kotor. Walaupun bintitan tidak berbahaya, tapi kalian tentunya akan merasa tidak nyaman ketika mengalami mata bintitan ini.

2. Adanya penyakit blepharitis pada kelopak mata

Bintitan dapat terjadi akibat penyakit blepharitis yang menimbulkan peradangan pada area sekitar kelopak mata. Saat blepharitis menyerang, mata bisa menjadi perih, berair dan terjadi pembengkakan di area kelopak mata. Jika kondisi ini tidak ditangani secara tepat, maka bisa memicu terjadinya infeksi bakteri yang akan menimbulkan mata bintitan.

Baca Juga  15 Manfaat Minyak Kutus Kutus untuk Kecantikan dan Kesehatan

3. Kebiasaan tidak membersihkan make up sebelum tidur

Buat kalian khususnya para wanita, kalian harus membiasakan diri untuk selalu membersihkan make up sebelum tidur. Make up mengandung bahan – bahan kimia, apalagi kalau kalian pulang dari bepergian dan langsung tidur tanpa menghapus riasan, maka debu dan kotoran masih menempel di wajah kalian. Kondisi seperti ini dapat memicu terjadinya mata bintitan . Jadi kalian harus selalu membersihkan make up sebelum tidur ya.

penyebab mata bintitan

4. Penggunaan make up yang sudah kadaluarsa

Setiap produk make up memiliki tanggal kadaluarsa. Jika kalian menggunakan make up, sering – seringlah cek tanggal kadaluarsa make up kalian. Karena make up seperti eyeliner, eye shadow dan mascara yang sudah kadaluarsa bisa menyebabkan iritasi mata bahkan menjadi penyebab mata bintitan.

Baca Juga  Anak Anda Cacingan? Gunakan Manfaat Temu Ireng Untuk Mengatasinya

5. Penyakit Rosacea yang diderita

Apa itu penyakit rosacea? Penyakit rosacea ini merupakan penyakit kulit yang menyerang wajah yang biasanya ditandai dengan kulit kemerahan dan timbul bintil yang berisi nanah.

Penyakit rosacea yang menyerang area mata disebut rosacea okular. Nah rosacea okular ini dapat menyebabkan pembengkakan di area kelopak mata dan kadang – kadang bisa menjadi penyebab mata bintitan.

6. Debu dan kotoran yang mengiritasi mata

Saat melakukan aktivitas – aktivitas outdoor, seringkali debu dan kotoran dapat masuk ke mata dan menyebabkan kelilipan.

Terkadang debu dan kotoran ini juga dapat membuat mata menjadi iritasi bahkan bisa menyebabkan mata bintitan.

7. Seprai dan bantal yang jarang dicuci

Seprai dan bantal yang kita gunakan sehari – hari, haruslah diganti secara rutin. Seprai dan bantal yang jarang dicuci dan dibiarkan kotor akan menjadi sarang bakteri. Bakteri yang bersarang di seprai dan bantal ini bisa menjadi penyebab bintitan pada mata.

Untuk menghindari mata bintitan, sebaiknya kalian selalu menjaga kebersihan. Lindungi mata dari debu dan kotoran dengan cara hindari mengucek mata dengan tangan kotor, bersihkan make up atau riasan mata sebelum tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *