Gejala, Penyebab Sariawan di Lidah dan Cara Mengobatinya

Gejala, Penyebab Sariawan di Lidah dan Cara Mengobatinya

Penyebab Sariawan di Lidah – Munculnya sariawan di lidah akan terasa menyiksa karena timbulnya rasa perih dan sakit pada mulut, makan minum atau bicara pun jadi terganggu. Sariawan di lidah bisa terjadi akibat infeksi pada mulut yang disebabkan oleh jamur Candida albicans, dalam medis dikenal dengan istilah Oral Thrus atau kandidiasis.

Sejumlah kecil jamur Candida albicans ini biasanya hidup di mulut tanpa menyebabkan kerusakan. Namun, ketika jamur ini mulai tumbuh tak terkendali, dapat menyebabkan sariawan di mulut.

Baca Juga  Inilah Penyebab, Gejala, dan Perawatan Sariawan di Lidah

Sariawan ini dapat dikenali dari bentuknya yang tampak seperti luka berselaput keputihan, biasanya di lidah atau pipi bagian dalam. Kadang-kadang sariawan dapat menyebar ke bagian atap mulut, gusi, amandel, bahkan sampai pada bagian belakang tenggorokan.

Gejala Sariawan di Lidah

Pada tahap awal, sariawan mungkin tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun, seiring berjalannya waktu dan jamur terus tumbuh, gejala-gejalanya dapat berkembang seperti berikut ini:

– lapisan putih krem di lidah, pipi bagian dalam, gusi, atau amandel

– sedikit pendarahan saat lapisan tergores

– rasa sakit di lokasi lapisan

– kulit kering dan pecah-pecah di sudut mulut

– kesulitan menelan

– rasa tidak enak di mulut

Pada bayi, sariawan kadang-kadang dapat menyebabkan:

– sulit makan

– rewel

Baca Juga  4 Cara Menghilangkan Dahak Pada Bayi Dengan Alami dan Aman

Bayi yang sariawan dapat menularkan jamur penyebab sariawan (Candida albicans) ke ibu mereka selama menyusui. Ibu dan bayinya dapat terjebak dalam siklus penularan. Jika seorang ibu menyusui dan payudaranya tertular jamur tersebut, mungkin akan mengalami:

– gatal-gatal hebat, kepekaan, atau nyeri pada puting susu

– kulit mengelupas atau mengkilap di sekitar puting susu

– sakit parah selama menyusui

– sakit yang tajam dan menusuk di payudara

Dalam kasus yang parah, biasanya terkait dengan kanker atau sistem kekebalan yang lemah dari HIV / AIDS, lapisan dapat menyebar ke bawah ke kerongkongan. Jika ini terjadi, kemungkinan akan memicu terjadinya kesulitan menelan dan rasa sakit atau merasa seolah-olah makanan tersangkut di tenggorokan.

cara mengobati sariawan di lidah
Apakah Penyebab Sariawan di Lidah?

Perlu Anda kerahui bahwa penyebab sariawan di lidah terjadi ketika jamur Candida albicans mulai tumbuh di luar kendali. Biasanya, sistem kekebalan menggunakan mikroorganisme “baik” untuk menjaga Candida albicans dan mikroorganisme “buruk” lainnya terkendali.

Ketika keseimbangan ini terganggu, bakteri dan jamur berbahaya mulai bertambah banyak. Hal ini menyebabkan infeksi berkembang.

Selain itu penyebab sariawan di lidah bisa juga terjadi ketika sistem kekebalan tubuh melemah oleh obat-obatan tertentu yang mengurangi jumlah mikroorganisme baik yang secara alami akan mencegah infeksi. Perawatan kanker, termasuk kemoterapi dan radiasi, juga dapat merusak atau membunuh sel-sel sehat. Hal ini membuat tubuh lebih rentan terhadap sariawan dan infeksi lainnya.

Penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh, seperti leukemia dan HIV, juga meningkatkan risiko sariawan. Diabetes, penyakit lain yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh, juga dapat berkontribusi terhadap sariawan.

Jika seseorang memiliki diabetes yang tidak terkontrol, mungkin memiliki kadar gula yang tinggi dalam air liurnya. Satu teori adalah bahwa candida albicans kemudian dapat menggunakan gula tambahan ini untuk mendorong pertumbuhannya di dalam mulut.

Bagaimanakah Cara Mengobati Sariawan di Lidah Pada Bayi?

cara mengobati sariawan di lidah
Perlu Anda ketahui bahwa cara mengobati sariawan di lidah ataupun poerawatan untuk sariawan bervariasi tergantung pada usia Anda dan kesehatan secara keseluruhan.

Tujuan cara mengobati sariawan di lidah adalah untuk mencegah pertumbuhan dan penyebaran jamur. Tetapi jika sariawan di lidah disebabkan oleh infeksi jamur, maka akan diperlukan obat antijamur untuk menghentikan pertumbuhan jamur tersebut. Obatnya bisa dalam bentuk tablet dan obat cair.

Baca Juga  Cara Mengobati Batuk Berdahak yang Mengganggu Dengan 14 Tips

Setelah pengobatan dimulai, sariawan oral biasanya hilang dalam beberapa minggu. Namun, sariawan dapat kembali lagi sewaktu – waktu. Kesembuhan total lebih mungkin terjadi jika memiliki sistem kekebalan tubuh yang sehat dan bebas dari penyakit lain.

Jika bayi yang masih menyusu terkena sariawan di lidah, maka pengobatan berupa krim antijamur juga bisa diberikan pada payudara ibu. Hal ini harus dilakukan untuk mencegah infeksi berulang pada bayi. Perawatan dalam kasus ini bisa melakukan hal seperti berikut:

• Gunakan obat antijamur

Cara mengobati sariawan di lidah yang selanjutnya adalah untuk bayi dan krim antijamur untuk payudara ibu, seperti terbinafine (Lamisil) atau clotrimazole (Lotrimin). Usap krim dari payudara sebelum menyusui bayi agar tidak masuk ke mulut mereka.

• Bilas dot, puting botol, dan semua bagian dari pompa payudara dalam dengan air panas dan biarkan kering di bawah sinar matahari.

• Gunakan bantalan menyusui untuk mencegah jamur menyebar ke pakaian.

Perawatan mandiri dilakukan sendiri di rumah untuk membantu meringankan rasa sakit akibat sariawan di lidah, bisa melakukan hal sebagai berikut:

• Menyikat gigi dua kali sehari

Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan mulut. Jika perlu, gunakan benang gigi satu kali setiap hari. Mengganti sikat gigi jika terkena infeksi jamur, dan tidak berbagi pakai sikat gigi dengan orang lain, walaupun kerabat atau pasangan sendiri.

• Tidak menggunakan obat kumur atau spray kecuali mendapat rekomendasi dari dokter.

• Berkumur dengan air garam

Aduk ½ sendok teh garam dalam satu cangkir air hangat. Kemudian berkumur beberapa saat dan buang, bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari.

• Perbanyak minum air putih

• Pilih makanan yang tidak perlu banyak dikunyah

Misalnya, makanan lembut seperti agar-agar, dan es krim.

• Mengkonsumsi yoghurt tanpa pemanis

• Membatasi asupan gula dan produk yang mengandung ragi

Seperti roti, bir, atau wine yang dapat mendorong perkembangan jamur.

Baca Juga  Cara Mengobati Mata Bintitan Dengan Bahan Alami

Jika memiliki kasus sariawan berulang dan tak kunjung membaik setelah mencoba cara mengobati sariawan di lidah dengan sendiri maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar mendapat pengobatan lebih lanjut.

Cara Mengolah Daun Kelor Menjadi Lauk dan Teh Dengan Mudah Pengertian Teks Eksplanasi dan Ciri-Ciri dan Strukturnya
Comments are closed.