Penyebab Telat Haid Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Telat Haid – Telat haid adalah salah satu masalah yang banyak dialami oleh para kaum hawa, ada yang membiarkannya karena memang sejak awal periode haid atau menstruansinya tidak teratur, Namun tak jarang juga yang merasa was-was karena beberapa hal.

Ada beberapa penyebab telat haid :

1. Hamil

Setiap wanita yang pada masa hamil akan berhenti haid, sehingga telat haid adalah menjadi salah satu ciri paling umum dan ciri paling utama seorang wanita yang menikah sedang pada masa hamil muda atau hamil trimester pertama.

Jika anda adalah wanita menikah yang sedang telat haid, bisa jadi anda sedang hamil dan menjadi penyebab telat haid.

Sebaiknya periksa atau lakukan test kehamilan untuk memastikan, sehingga anda bisa lebih hati-hati beraktifitas jika dalam keadaan hamil muda.

Baca Juga  Jangan Khawatir, Ini 10 Cara Meredakan Nyeri Haid Dengan Bahan Alami

2. KB

Untuk ibu yang sedang menggunakan KB suntik, mengonsumsi pil KB, dan juga menggunakan jenis KB lainnya sering mengeluh dengan sering telat haid.

KB menjadi salah satu penyebab telat haid yang paling umum, hal ini disebabkan oleh KB dapat menekan hormon pada wanita sehingga berakibat pada siklus haid yang tidak teratur.

Baca Juga  Waspada, inilah Faktor Penyebab Darah Haid Menggumpal

3. Stress

Pada saat stress biasanya hormon wanita akan ditekan, sementara hormon adalah pengerak dari siklus haid.

Sehingga sangat banyak ditemukan wanita yang stress, terlebih jika menajdi candu terhadap rokok dan alkohol akan menyebabkan telat haid.

4. Monopause

Setiap wanita akan monopause pada usia 45 tahun ke atas, sehingga ketika wanitas edang pada umur 43-44 sedang proses menuju monupause, dan ini menjadi penyebab telat haid.
Namun hal ini adalah hal yang lumrah saja tidak perlu untuk dikhawatirkan.

Cara mengatasi telat haid:

1. Melakukan pola hidup sehat, yaitu dengan rajin mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi. Rajin mengonsumsi buah dan sayuran.

Mengentikan kebiasaan merokok, mengonsumsi oat-obatan dan juga alkohol.

2. Menggunakan alat kontrasepsi atau alat KB yang cocok dan aman, sehingga bisa melancarkan kembali siklus haid yang tidak beraturan.

Baca Juga  Minuman Pelancar Haid Ini Ampuh Atasi Nyeri Haid

3. Rajin berolahraga dan juga relaksasi supaya tubuh tetap fit dan tidak stress.

Sekian untuk penyebab telat haid dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.

About Rina Hutapea 78 Articles
Hai Guys, selamat datang di laman ini. Perkenalkan nama saya Rina Hutapea, dan saat ini aktif menulis Novel, cerpen, cerbung dan juga artikel. Sebagai seorang yang hobby menulis, traveling dan membaca adalah senjata utama untuk menemukan ide-ide baru. Namun akan lebih baik lagi jika teman-teman pembaca selalu memberikan kritik dan juga saran, supaya saya bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik lagi kedepannya. Teman-teman juga bisa menghubungi lewat account Instagram Rina_hutapea13, semoga setiap rangkaian kata di laman ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*