5 Penyebab Terlambat Haid Yang Harus Anda Waspadai

5 Penyebab Terlambat Haid Yang Harus Anda Waspadai

Penyebab Terlambat Haid – Mengalami menstruasi yang terlambat bisa sangat membingungkan, terutama jika seorang wanita terbiasa menstruasi teratur atau mengkhawatirkan kehamilan yang tidak terduga. Namun, ada banyak alasan lain mengapa seorang wanita mungkin mengalami menstruasi terlambat.

5 Penyebab Terlambat Haid Yang Harus Anda Waspadai

Dalam artikel ini, kita melihat beberaoa kemungkinan penyebab terlambat haid dan wajib anda wasapadai sebagai kaum wanita, lalu apa sajakah penyebabnya?

penyebab terlambat haid pada wanita

1. Stres

Penyebab terlambat haid yang paling sering terjadi pada wanita adalah stress yang berkepanjangan. Stres yang berkepanjangan dapat memengaruhi siklus menstruasi wanita, membuatnya lebih lama atau lebih pendek, atau bahkan menyebabkan menstruasi yang terlewat.

Beberapa wanita juga melaporkan timbulnya rasa kram menstruasi yang lebih menyakitkan ketika mengalami stres, sehingga dengan menghindari situasi yang menyebabkan stres, seperti melakukan kegiatan berolahraga secara teratur, dan cukup tidur dapat membantu seorang wanita untuk menghilangkan stres dan mempertahankan siklus menstruasi yang teratur.

Jika seorang wanita yang mengalami stres kronis, ia mungkin anda perlu untuk konsultasi dengan dokter atau konselor, yang dapat membantunya mengidentifikasi mekanisme koping yang efektif.

2. Perimenopause

Tahukah Anda bahwa ternyata menopause rata-rata adalah sekitar usia 52 ketika seorang wanita belum mengalami menstruasi setidaknya selama 12 bulan. Banyak wanita mengalami gejala sedini 10 hingga 15 tahun sebelum menopause. Ini dikenal sebagai perimenopause dan menunjukkan bahwa kadar estrogen mulai berfluktuasi.

Kadar estrogen yang tidak teratur dapat mengubah siklus menstruasi wanita, membuatnya umum bagi wanita yang mengalami perimenopause untuk mengalami menstruasi yang tidak teratur atau terlewat. Begitu seorang wanita menjalani setahun penuh tanpa haid, ia dikatakan telah mengalami menopause.

3. Penurunan berat badan

Penurunan berat badan yang signifikan atau olahraga yang intens dapat menyebabkan seorang wanita kehilangan menstruasi atau bisa dikatakan terlambat haid atau siklusnya tidak teratur.

Sehingga dengan jika seorang wanita kurus atau memiliki rasio lemak tubuh yang rendah dapat mengubah kadar hormon reproduksi, menurunkannya ke tingkat di mana ovulasi dan menstruasi tidak terjadi.

Bagi anda yang telah melewatkan satu atau beberapa periode setelah kehilangan sejumlah besar berat badan harus berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi tentang mendapatkan jumlah vitamin, mineral, dan nutrisi yang tepat yang dibutuhkan tubuhnya.

4. Mengalami Obesitas

Sama seperti penurunan berat badan dapat menjadi penyebab terlambat haid atau bahkan berhenti haid, kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat mempengaruhi siklus menstruasi wanita.

Obesitas dan menstruasi yang hilang kadang-kadang dapat menandakan bahwa seorang wanita memiliki kondisi medis, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), sehingga penting bagi seorang wanita untuk didiagnosis dengan benar oleh dokter.

Dokter dapat merekomendasikan tes darah atau USG untuk melihat ovarium untuk memastikan bahwa tidak ada kondisi medis yang menyebabkan menstruasi yang terlewat.

5. Menggunakan Pil KB

Beberapa pil KB dapat menjadi penyebab terlambat haid. Beberapa jenis kontrasepsi, terutama metode hormonal, dapat menyebabkan seorang wanita kehilangan menstruasi.Biasanya, pengendalian kelahiran hormon memberikan bentuk estrogen yang dikombinasikan dengan progesteron untuk jangka waktu tertentu, diikuti oleh beberapa hari bebas hormon. Penarikan hormon-hormon ini memicu menstruasi.

Kadang-kadang, hormon-hormon ini menjaga lapisan rahim begitu tipis sehingga tidak ada cukup lapisan untuk menyebabkan menstruasi. Ini berlaku untuk semua bentuk kontrasepsi hormonal, termasuk pil, tambalan, suntikan, implan, dan cincin.

Comments are closed.