Proses Penyerbukan Bastar dan 4 Jenis Penyerbukan Tumbuhan

Proses Penyerbukan Bastar dan 4 Jenis Penyerbukan Tumbuhan

Penyerbukan Bastar – Proses reproduksi dalam sebuah tumbuhan selalu melibatkan benang sari dan putih. Proses penyerbukannya sendiri adalah proses menempelnya benang sari ke dalam putih sehingga terjadi pembuahan di dalam putik dan selanjutnya menjadi embrio perkembangbiakan tumbuhan.

Penyerbukan pada tumbuhan sendiri. Mempunyai banyak tipe dan klasifikasi seperti ada 4 jenis tipe dan klasifikasi penyerbukan pada tumbuhan, lalu apa sajakah itu?

Jenis Jenis Penyerbukan Pada Tumbuhan Terbagi 4

jenis  penyerbukan bastar

1.Penyerbukan sendiri

Merupakan penyerbukan benang sari dan putih yang terdapat dalam satu bunga. Contohnya adalah tanaman mangga. Tanaman mangga mengalami penyerbukaan sendiri karena serbuk sari dari sebuah bunga langsung membuahi putik dalam satu bunga.

Itulah mengapa dalam satu tangkai selalu terjadi pembuahan satu buah. Karena penyerbukannya terjadi dalam satu wadah yang sama.

2.Penyerbukan tetangga

Yaitu pada saat serbuk sari berasal dari bunga yang berbeda tetapi masih dalam satu pohon. Contohnya adalah tanaman pepaya.

Tanaman pepaya sering mengalami penyerbukaan tetangga karena banyaknya bunga yang berada di dalam satu pohon. Penyerbukan tetangga ini menyebabkan banyak pembuahan, yang menyebabkan tanaman pepaya seringkali cepat berbuah.

3.Penyerbukan silang

Penyerbukaan silang terjadi ketika serbuk sari dari bunga yang berbeda pohon membuahi putik. Namun kata kuncinya adalah kedua pohon masih sama-sama dalam satu spesies. Penyerbukaan silang sering terjadi pada tanaman salak.

Mengapa demikian? Karena tanaman salak satu dengan lain memiliki jenis kelamin tersendiri. Maksudnya begini, ada tanaman salak yang hanya memiliki putik, sementara tanaman yang lain berserbuk sari. Sehingga proses penyerbukaan benang sari dari satu pohon ke pohon lain membutuhkan waktu lama.

Karena perbedaan “jenis kelamin” inilah tanaman salak menjadi model penyerbukan silang yang sempurna. Bisa jadi karena proses penyerbukan silang inilah, buah salak hanya bisa muncul pada musim-musim tertentu.

4.Penyerbukan bastar

Penyerbukan bastar adalah penyerbukan yang terjadi ketika benang sari dari bunga yang berbeda dan pohon yang berbeda, membuahi putik dari bunga yang berbeda pohonnya dan masing-masing tumbuhan adalah jenis spesies yang berbeda

Kelihatannya agak terdengar aneh akan tetapi memang terjadi pada beberapa tumbuhan. Seperti penyerbukan yang terjadi pada anggrek bulan dan anggrek hitam. Anggrek bulan dan anggrek hitam adalah dua jenis tumbuhan yang berbeda spesies.

Namun masih dalam satu marga. Sehingga proses penyerbukan bastar keduanya masih dimungkinkan. Penyerbukaan ini menyebabkan persilangan genetik yang membuat keduanya malah tambah bagus dan anggun.

Bagaimanakah Proses Penyerbukan Bastar?

pengertian penyerbukan bastar

Proses penyerbukaan bastar lebih teknis bisa dijelaskan dengan penjelasan berikut: Penyerbukan bastar atau nama ilmiahnya hybridogamy adalah proses penyerbukan yang melibatkan benang sari dan putik dari dua jenis bunga berbeda, pohon berbeda, serta berbeda spesies, serta masing-masing spesies memiliki satu sifat yang berbeda.

Biasanya sifat berbeda ini tidak jauh karena masih dalam satu marga. Penyerbukan bastar biasa dilakukan oleh manusia untuk proses rekayasa genetika. Semisal untuk rekayasa antara dua tumbuhan untuk menyatukan sifat-sifatnya. Atau mengambil satu sifat dan mengurangi sifat yang lain.

Penyerbukan bastar bisa terjadi secara alami, tetapi prosentasenya sangat sedikit. Proses Pembastaran sendiri (penyerbukan bastar) dibagi menjadi beberapa hal:

1.Penyerbukan bastar antar varietas

Proses penyerbukan bastar antara dua tumbuhan yang berbeda varietas, seperti mangga gadung dan mangga golek.

2.Penyerbukan bastar antar dua jenis tumbuhan

Contohnya penyerbukan seperti pohon kuweni dan pohon mangga

3. Penyerbukan antara dua jenis tumbuhan

Penyerbukan bastar antara dua jenis tumbuhan yang berbeda marga (genus) seperti terong dan lombok.

Proses keberhasilan penyerbukan bastar tidak semuanya bisa berhasil. Keberhasilan diukur dari seberapa jauh jenis spesies atau marga bisa diambil sifat-sifatnya dan tidak mengalami kegagalan. Kegagagaln yang terjadi semisal hasil bastar ternyata tidak bisa menghasilkan biji, bunga dan buah untuk berkembangbiak kembali. Hal ini dinamakan steril (tidak subur).

Comments are closed.