Jenis dan Fakta Perekonomian Negara Jerman Kini

Jenis dan Fakta Perekonomian Negara Jerman Kini

Perekonomian Negera Jerman – Perekonomian negara Jerman adalah terbesar keempat di dunia setelah Amerika Serikat, Cina, dan Jepang. Ada yang mengatakan bahwa Jerman telah berkembang selama 12 tahun terakhir, karena Kanselir Angela Merkel telah memimpin negara itu untuk pertumbuhan ekonomi yang kuat dan rekor tingkat pengangguran yang rendah.

Pada 2017, tingkat pertumbuhan PDB Jerman 2,4 persen lebih baik dari tahun sebelumnya. PDB per kapita Jerman adalah $ 46.749 pada 2017, lebih baik dari rata-rata 2016 $ 45.923. Lebih rendah dari $ 53.129 yang dinikmati di Amerika Serikat.

Fakta Perekonomian Negara Jerman

fakta perekonomian negara jerman

Sebelum krisis keuangan 2008, pertumbuhan perekonomian Jerman biasanya kurang dari 1 persen per tahun, karena tiga alasan:

1. Modernisasi Jerman Timur menelan biaya $ 70 miliar per tahun. Pada 2008, pengeluaran telah turun menjadi $ 12 miliar.

2. Pengangguran tinggi (9,5 persen) dan populasi yang menua (20 persen berusia 65+). Itu berarti Jerman menghabiskan dana Jaminan Sosialnya lebih cepat daripada yang dapat ditambahkan melalui pajak gaji.

3. Jerman berhasil mendapatkan defisit anggarannya di bawah 3 persen dari PDB, seperti yang diamanatkan oleh UE. Ini menurunkan pengeluaran fiskal, dan negara menganjurkan metode ini untuk menyelesaikan krisis utang Yunani.

Jenis Perekonomian Negara Jerman

jenis perekonomian negara jerman

Jerman memiliki ekonomi campuran. Bentuk perkonomian Jerman ini memungkinkan ekonomi pasar bebas dan layanan bisnis. Tetapi pemerintah memberlakukan peraturan bahkan di daerah-daerah untuk melindungi warganya.

Jerman memiliki ekonomi komando karena semua orang menerima manfaatnya, sementara mereka yang berpenghasilan lebih tinggi membayar pajak lebih. Pemerintah menyediakan asuransi dan pendidikan perawatan kesehatan. Berarti jika Anda membayar ke dalam sistem sesuai dengan penghasilan Anda dan menerima manfaat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jerman mendapat manfaat dari keanggotaannya di UE dan lingkup euro. Seperti banyak anggota zona euro lainnya, kekuatan euro berarti suku bunga tetap rendah, yang telah mendorong investasi.

Bahkan, banyak yang mengatakan Jerman mendapat untung paling besar dari keanggotaannya uni eropa. Basis manufakturnya yang kuat berarti memiliki banyak sumber daya untuk diekspor ke anggota lain dari zona euro.

Hal ini memberi perusahaan Jerman keunggulan kompetitif yang meningkat seiring waktu. Karena tu menciptakan kemakmuran, memberi konsumen Jerman lebih banyak uang untuk dibelanjakan secara lokal. Akibatnya, pasar domestik baru-baru ini menjadi pendorong pertumbuhan perekonomian Jerman yang lebih signifikan.

Cara Menghadapi Pengangguran di Jerman

Pada 2017, pengangguran ada di angka 3,8 persen. Lebih baik daripada tingkat 7,7 persen selama resesi. Jerman berjuang dengan pengangguran yang tinggi karena alasan sejarah dan budaya.

Pertama, undang-undang Jerman mempersulit PHK pekerja dan upah lebih rendah. Kedua, penyatuan kembali Jerman Timur dan Barat setelah jatuhnya Tembok Berlin menambah pengangguran. Ekonomi harus menyerap pekerja dari bekas blok Komunis. Ketiga, budaya mendukung tabungan untuk daripada pengeluaran yang akan meningkatkan perekonomian.

Pengangguran akan lebih buruk di Jerman kalau bukan karena reformasi diluncurkan antara tahun 1998 hingga 2005. Pemerintah mensubsidi bisnis untuk mengurangi jam kerja. Itu membuat orang dipekerjakan selama resesi, meskipun hanya paruh waktu.

Comments are closed.