Gambaran Perekonomian Negara Perancis yang Perlu Anda Ketahui

perekonomian negara perancis

Perekonomian Negara Perancis – Kita semua tentu sudah tidak asing dengan Negara Perancis. Negara yang terkenal dengan budaya parfumnya ini menjadi negara yang penting di wilayah Eropa. Selain memang potensi dari dalam, Perancis memang didukung letaknya yang bersebelahan dengan negara-negara berekonomi mempuni seperti Jerman, Inggris, Italia, Spanyol, dan wilayah Timur Tengah.

Negara Perancis merupakan salah satu negara yang memiliki ekonomi terbesar dan terbaik di dunia. Walaupun begitu, ada analisis yang berbeda oleh setiap ahli yang membuat adanya perbedaan seberapa besar dan kuatnya ekonomi Perancis.

Berdasarkan Data International Monetary Fund, disebutkan bahwa perekonomian negara Perancis menduduki peringkat terbesar ke-8. Peringkat tersebut didasarkan pada keseimbangan kemampuan berbelanja (PPP), yang pada tahun 2007 di sana sebesar US$2,046,899 juta.

Baca Juga  4 Alasan Besar Mengapa Kamu Harus Memilih Kuliah di Perancis

Selain itu, menurut Bank Dunia, diperkirakan bahwa Produk Domestik Bruto Perancis pada tahun 2006 adalah sebesar US$1,959,745 juta. Angka itu membuat negara Perancis menduduki ketujuh terbesar di dunia. Pada tahun 2014, angkanya hampir menyentuh 3 ribu triliun dollar.

Tidak jauh berbeda, pemeringkatan yang dilakukan oleh CIA World Factbook pada tahun 2008 menetapkan GDP Negara Perancis adalah sebesar $2.067 triliun, atau menjadi yang terbesar ke-8 diukur dari keseimbangan kemampuan berbelanja.

gambaran perekonomian negara perancis
Gambaran Perekonomian Negara Perancis yang Perlu Anda Ketahui

Salah satu yang membuat ekonomi negara Perancis menjadi kuat adalah regulasi yang membuat mudah berbisnis. Negara ini menempati peringkat 34 untuk kemudahan melakukan bisnis. Industri utama yang menopang ekonomi negara Perancis adalah bahan kimia, mesin, mobil, metalurgi, tekstil, pesawat terbang, elektronik, pengolahan makanan, dan pariwisata.

Sektor perekonomian negara Perancis yang paling besar adalah di bidang jasa atau pelayanan, yaitu sebesar 72%, industri 23%, dan pertanian sebesar 4%. Kondisi mayoritas tanah subur, teknologi modern, dan didukung dengan subsidi Uni Eropa membua

Baca Juga  Mari Belajar Kata Kerja Bahasa Perancis Untuk Predikat Sederhana
t

Perancis menjadi produsen sekaligus pengekspor hasil-hasil pertanian terkemuka di wilayah Eropa.
Bahan-bahan seperti gandum, susu, daging sapi dan babi, dan anggur yang telah diakui membuat subsidi agrikultur Uni Eropa untuk Perancis mencapai $14 miliar.

Tujuan eksport paling besar dari komoditinya tersebut adalah Jerman. Selain itu ada juga negara-negara Eropa lainnya seperti Belgia, Italia, Spanyol, Inggris, Belanda, dan juga Amerika Serikat.

Sementara itu, negara ini juga mengimpor paling banyak dari Jerman dan tidak ketinggalan barang-barang dari Tiongkok.

perekonomian negara perancis

Hubungan Jerman dan Perancis memang baik

Dimulai ketika akhir Perang Dunia 2, kedua negara tersebut berintegrasi dalam bidang ekonomi dan juga politik. Hasilnya, kini kedua negara tersebut membentuk “negara inti” yang berintegrasi di wilayah Uni Eropa.

Angkatan kerja yang tersedia di Perancis sekitar 30 juta dan memiliki gaji bersih rata-rata sekitar 27.000 euro setiap tahunnya. Angka tersebut jika dikonversikan ke dalam rupiah adalah sekitar 447 juta rupiah. Artinya juga, setiap bulan pekerja di sana mendapatkan gaji sebesar 36 juta rupiah.

Baca Juga  Begini 4 Cara Kuliah di Jerman Gratis yang Bisa Dicoba Dengan Mudah

Tidak heran jika kemudian hanya sekitar 7.7% penduduk saja yang berstatus di bawah garis kemiskinan. Walaupun begitu, masalah pengangguran juga menjadi masalah yang klise bagi negara ini. Jumlahnya sekitar 10% dari total penduduk.

Nah, sahabat, itu tadi adalah sedikit ulasan mengenai perekonomian negara Perancis. Penting untuk mengetahuinya bagi kamu yang memiliki rencana tinggal di sana, baik untuk bekerja, untuk urusan pendidikan, atau bahkan untuk berbisnis. Untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai Perancis, kamu bisa mencarinya di virtueducation.org dengan mengklik baner di bawah ini.

About Amry Hidayat 203 Articles
Ini saya, Amry Hidayat. Terima kasih sudah membaca tulisan-tuisan saya, yang semoga tidak membosankan. Jika memang membosankan, tolong dimaklumi selagi saya terus mengasah kemampuan. Maklumi juga karena saya ini baru anak Mei 1995 kemarin. Gaya saya yang naratif semoga tidak juga mengganggu. Hal itu karena kegiatan yang tidak jauh dari dunia sastra, sampai membuahkan satu buku puisi berjudul Ampre Memper (2015) dan beberapa antologi bersama di tahun selanjutnya. Kalau bukan itu, palingan bermain-main dengan gambar bergerak di instagram @amryhidayat. Request atau beri masukan soal penulisan konten melalui amryhidayat.official@gmail.com atau cari saja saya di sekitar perempuan yang tertawa terbahak-bahak. Jangan datangi rumah saya, karena kadang di Jogja kadang di Lampung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*