Inilah Isi Perjanjian Postdam Menurut Sejarah – Generasimaju.com

Inilah Isi Perjanjian Postdam Menurut Sejarah – Generasimaju.com

Perjanjian Postdam – Pada pembahasan artikel kali ini kami akan memberikan pembahasan mengenai beberapa informasi tentang perjanjian postdam yang mungkin belum cukup anda ketahui karena hal ini sangat penting untuk menambah wawasan sejarah Anda.

Bagi Anda yang masih awam dengan dunia sejarah mungkin banyak yang belum cukup Anda pahami, bahkan mengetahui nya pun tidak. Maka dari itu sangat cocok sekali bagi Anda untuk menyimak artikel berikut ini.

Apakah Perjanjian Potsdam itu?

perjanjian postdam

Perjanjian Potsdam merupakan suatu perjanjian yang dimana perjanjian tersebut di buat antara pada waktu Sekutu Perang Dunia II, Uni Republik Sosialis Soviet, untuk suatu pendudukan militer pada saat itu dan pembangunan kembali di Jerman pada masa pendudukan Sekutu.

Yang merujuk kepada pihak Jerman dengan perbatasan pra perang di tahun 1937 nya termasuk bekas teritorial timur dan juga seluruh teritorial teater Eropa pada perang tersebut.

Pada Perjanjian ini juga meliputi di antaranya demiliterisasi, reparasi serta penuntutan penjahat-penjahat perang apada perang dunia II saat itu.

Nah, Perjanjian tersebut bukanlahsalah satu perjanjian untuk damai dengan berdasarkan pada suatu hukum internasional.

Suatu Konferensi Potsdam ialah perjanjian yang dimana dibuat ketika terjadi sebuah pertemuan antara Amerika Serikat, Britania Raya, dan Uni Soviet di Potsdam, Jerman tepatnya pada 17 Juli sampai 2 Agustus 1945.

Dan perjanjian tersebut dibuat oleh seorang Presiden Amerika Serikat saat itu, ia adalah bernama Harry S. Truman yakni seorang dari paihak Sekretaris Jenderal Partai Komunis Uni Soviet atau Iosif Stalin dan seorang dari pihak perdana Menteri Britania Raya yang bernama Clement Richard Attlee.

Perlu Anda ketahui juga bahwasannya Perang dunia II ini merupakan yang melibatkan banyak negara di seluruh dunia tersebut akhirnya berhenti setelah pihak Jerman mengalami kekalahan peperangan atas Sekutu tepatnya pada bulan Mei tahun 1945.

Setelah menyerahakan diri terhadap Sekutu akhirnya Jerman langsung mengambil jalan diplomasi untuk menyelesaikan semua masalah-masalah dengan Sekutu.

Beberapa Isi Perjanjian Postdam yang Perlu Anda Ketahui

perjanjian postdam

Dibawah ini adalah beberapa isi dari perjanjian tersebut yang mungkin belum cukup anda ketahui, diantaranya :

● Pada wilayah Jerman di sebelah timur Sungai Order, dan Niesse diberikan kepada Polandia.

● Demiliterisasi dari wilayah bagian Jerman.

● Penjahat perang (crime war) harus dihukum.

● Jerman harus membayar ganti kerugian perang

● Pada Pihak Jerman yang terbagi dalam 4 daerah wilayah kependudukan, yakni daerah Jerman Timur oleh Rusia sedangkan Jerman bagian Barat oleh Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis.

● Wilayah dari Kota Berlin yang dimana terletak di tengah kependudukan Rusia juga diduduki.

Sebuah Perjanjian dalam sebuah peperangan merupakan hal yang sudah menjadi lumrah bila terjadi, berberapa diantaranya juga menguntungkan piahak yang satu dengan yang lain.

Perjanjian Postdam Dibuat Oleh Siapa?

Nah, jadi pada intinya, Perjanjian ini dibuat oleh Presiden Amerika Serikat Harry S. Sekretaris, Jenderal Partai Komunis Uni Soviet Iosif Stalin dan seorang Perdana Menteri Britania Raya Clement Richard Attlee

Yang seketika itu juga langsung mengadakan pertemuan mendadak guna untuk mendiskusikan masalah Jerman pada bulan Juli 1945 mengenai apa saja yang akan terjadi padanya setelah Perang Dunia II berakhir.

Adapun tempat perjanjian ini sendiri karena Perjanjian postdam ini berlangsung antara sekutu dengan Jerman. Nah, maka dari itu tempat dilakukan perjanjian ada di wilayah Jerman yang dimana bernama Postdam tersebut.

Karena itulah perjanjian inilah yang akhirnya dikenal dengan nama perjanjian Postdam dan semoga saja setelah Anda membaca artikel kami kali wawasan Anda tentang sejarah dapat bertambah luas.

Teryata Begini Urutan Tangga Kilometer Dan Cara Menghitungnya Contoh Soal Perkalian Matriks Berikut Cara Menghitungnya
Comments are closed.