Memahami Perkembangan Bayi 5 Bulan Agar Tumbuh Kembangnya Normal

Memahami Perkembangan Bayi 5 Bulan Agar Tumbuh Kembangnya Normal

Perkembangan Bayi 5 Bulan – Perkembangan anak harus diawasi sejak dini, bahkan sejak ia masih ada di dalam perut. Hal tersebut penting karena masa-masa awal, terutama perkembangan bayi 5 bulan, menjadi penentu perkembangan selanjutnya. Perkembangannya juga dapat menjadi penunjuk apakah ada masalah atau tidak.

Untuk Anda ibu atau calon ibu, tentu harus mengerti apa yang sudah harus dapat dilakukan oleh anak Anda dalam usia-usia awal. Untuk itu, Anda harus paham perkembangan bayi 5 bulan atau sebelumnya. Nah, kami telah merangkum beberapa hal yang harus ditunjukan oleh seorang bayi sehat dalam usia 0-5 bulan. Simak di bawah ini.

perkembangan bayi 5 bulan
Memahami Perkembangan Bayi 5 Bulan Agar Tumbuh Kembangnya Normal

Sebelum Anda mengetahui perkembangan bayi usia 5 bulan, tak ada salahnya Anda membaca informasi dari perkembangan usia satu bulan terlebih dahulu, berikut di bawah ini ulasan lengkapnya.

  • Pada usia satu bulan

Setidaknya si bayi akan melakukan gerakan kasar berupa tendangan kecil atau pun tangan yang aktif menggapai. Selain itu, pada bagian tubuh atas, kepala bayi akan aktif menoleh ke kanan atau ke kiri merespon apa yang dilihatnya.

Bukan hanya mata, tetapi telinga si bayi juga sewajarnya peka terhadap bunyi seperti bunyi lonceng atau bunyi dengan gema tinggi. Pada umur ini, si bayi juga akan banyak sekali menghapal orang-orang yang berhadapan dengannya.

  • Pada usia dua bulan

bayi seharusnya sudah bisa mengangkat kepala saat tengkurap. Selain itu, apabila dia sudah aktif diajak merespon suara, si bayi akan bersuara vokal seperti [o] atau pun [a]. Sembari mengucapkan suara-suara vokal tersebut, mulut si bayi juga akan mudah tersenyum.

  • Pada usia tiga bulan

Tumbuh pada usia tiga bulan, bayi sudah akan mulai kuat menegakkan kepala saat diposisikan duduk atau berdiri. Tangan-tangannya sudah mulai erat menggenggam sesuatu, seperti mainan atau biskuit. Selain mengeluarkan suara vokal, si bayi juga bisa tertawa atau berteriak.

Matanya pun bertambah tajam dan memiliki jangkauan pandang lebih luas. Hal tersebut biasanya ditandai dengan sering memandang sekeliling. Ini adalah usia penting sebagai awalan perkembangan bayi 5 bulan.

  • Pada usia empat bulan

Si bayi akan sanggup tengkurap dan telentang dengan sendirinya. Anda mungkin perlu menyandingkan si bayi dengan mainan yang dapat diajak asik dalam posisi tengkurap telentang. Itu akan menjadi alasannya aktif.

Namun, usahakan memberi mainan yang empuk dan tidak memantul seperti bola karet atau mainan bervolume dan berbahan karet. Jangan sampai tangangnya yang aktif terpental keras saat berusaha menggerakkan mainan.

perkembangan bayi 5 bulan

  • Pada usia lima bulan

Nah, pada perkembangan bayi 5 bulan, bayi akan tambah aktif. Bukan hanya bertambah aktif alat-alat inderanya, tetapi juga dibarengi kemauan untuk merespon. Misalnya dia akan punya hasrat meraih atau mengambil barang yang dilihat, atau segera menoleh jika mendengar suara atau pun dipanggil.

Itu tadi adalah pemahasan mengenai perkembangan bayi 5 usia bulan awal dan usia sebelumnya. Beberapa kasus terjadi, pada usia lima bulan seorang anak sudah dapat duduk dan suka sekali memasukan benda yang ditemukan ke dalam mulut.

Ada juga kasus di mana seorang anak pada usia lima bulan belum dapat mengeluarkan suara sama sekali. Jika mendapati hal semacam ini, Anda tidak salah apabila memeriksakannya ke dokter anak untuk beberapa kali.

Jangan salah, anak yang terlalu aktif atau perkembangannya melampaui umurnya juga belum tentu baik. Hal tersebut kadang justru menunjukan adanya masalah, misalnya Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD.

Sahabat, dengan mengetahui kekurangan atau kelebihan perkembangan anak, kita dapat segera menentukan terapi atau perlakuan khusus apa yang harus segera diberikan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk bertanya pada ahlinya. Sahabat, selain makanan bergizi, selalu beri perlakuan yang baik bagi anak, ya!

Cara Menghitung HPHT Menggunakan Rumus Naegele Dengan Mudah Selain Menyehatkan Usus, Ini 9 Manfaat Yakult Lainnya
Comments are closed.