penyebab sering sariawan
Selain Kekurangan Vitamin, Ini 8 Penyebab Sering Sariawan Lainnya
08/03/2019
predisposisi adalah
4 Penyebab Mimisan pada Anak dan 3 Cara Mudah Mengatasinya
09/03/2019

Presdisposisi Adalah Kecenderungan Terhadap Suatu Penyakit

predisposisi adalah

Predisposisi Adalah – Pernahkah Anda mendengar predisposisi? Predisposisi adalah suatu kecenderungan yang menyebabkan seseorang lebih berisiko terkena penyakit. Predisposisi genetik adalah peningkatan kemungkinan pengembangan penyakit tertentu berdasarkan susunan genetik seseorang.

Dengan kata lain, Anda memiliki sebuah versi gen yang membuat Anda lebih rentan terkena penyakit. Predisposisi genetik merupakan hasil dari variasi genetik yang diturunkan oleh orangtua. Beberapa orang dengan variasi genetik predisposisi tidak mendapatkan penyakit, sementara yang lainnya bisa mendapatkan penyakit, bahkan dalam keluarga yang sama.

Variasi genetik memiliki pengaruh besar maupun kecil pada kemungkinan penyakit tertentu. Misalnya, mutasi tertentu pada gen BRCA1 atau BRCA2 memiliki risiko lebih tinggi terhadap kanker payudara dan kanker ovarium.

Baca Juga  Mengenal Penyakit Biduran dan Penyebab Biduran yang Perlu Diwaspai

Sementara variasi dari gen lain seperti BARD1 dan BRIP1 juga memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap kanker payudara. Gen – gen tertentu lebih rentan terhadap penyakit umum lainnya termasuk kanker, diabetes, obesitas, penyakit jantung dan penyakit mental.

Sebagian orang mewarisi gen yang mengubah cara tubuh dalam memproses gula atau lemak sehingga mereka lebih rentan terhadap penyakit kardiovaskular atau diabetes dibandingkan orang lain dengan gaya hidup yang hampir sama namun memiliki gen yang berbeda.

Namun, memiliki predisposisi genetik terhadap suatu penyakit tidak berarti bahwa Anda akan terkena penyakit tersebut. Pada beberapa kasus, memeiliki kecenderungan terhadap suatu penyakit bisa berarti Anda memiliki peluang 50% terkena pernyakit tersebut. Sedangkan dalam kasus lainnya, walaupun Anda memiliki kecenderungan, Anda memiliki risiko kecil terkena penyakit tersebut.

predisposisi adalah
Fasktor Penyebab Presdisposisi Adalah Sebagai Berikut

Selain presdisposisi genetik, faktor predisposisi lainnya yaitu faktor usia, jenis kelamin, herediter, faktor lingkungan dan lainnya. Misalnya, sistem imun pada bayi yang baru lahir umumnya belum terbentuk sempurna sehingga bayi yang baru lahir lebih rentan terkena infeksi.

Baca Juga  Waspada, Inilah Gejala Penyakit Difteri dan Cara Mencegahnya

Contoh lain penyebab predisposisi adalah faktor usia yaitu seseorang yang memasuki usia lanjut atau lansia memiliki risiko lebih tinggi terhadap suatu infeksi. Selain faktor usia, jenis kelamin juga bisa berpengaruh terhadap suatu penyakit. Misalnya, wanita lebih berisiko terkena penyakit osteoporosis dibandingkan pria.

Jika Anda mengetahui bahwa Anda memiliki predisposisi terhadap suatu penyakit, maka Anda perlu memperhatikan pola makan serta gaya hidup Anda. Meskipun susunan genetik seseorang tidak bisa dirubah, namun beberapa gaya hidup yang buruk bisa dirubah menjadi gaya hidup yang lebih sehat.

Langkah Pencegahan Presdisposisi Adalah Sebagai Berikut

predisposisi adalah
Langkah – langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan yaitu merubah pola makan dan juga gaya hidup Anda untuk menurunkan risiko terkena penyakit diabetes, jantung, kanker ataupun penyakit lainnya.

Jika Anda memiliki kecenderungan terhadap penyakit tertentu, lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan penanganan lebih dini terhadap penyakit tersebut.

Baca Juga  Waspadai Penyakit Leukimia, Jangan Sepelekan 7 Gejala Leukimia Ini

Sebagai contoh seseorang yang memiliki kecenderungan terhadap kanker payudara akan lebih sering melakukan pemeriksaan payudara. Dokter akan menyarankan untuk melakukan mammogram lebih awal atau bahkan MRI payudara tahunan.

Jika pasien tersebut menderita kanker payudara, maka kanker dapat terdeteksi dini pada tahap kanker awal dan dokter bisa segera melakukan penanganan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *