Ketahui, Jenis dan Rumus Matriks Matematika Untuk Dipelajri

Ketahui, Jenis dan Rumus Matriks Matematika Untuk Dipelajri

Rumus Matriks – Bagi kamu yang mempelajari matematika, tentu tidak akan luput menemui matriks. Di dalam soal, matriks dapat dilihat dengan jelas dari bentuk susunan angka-angka yang diberi kurung besar dengan tanda sama dengan dan nama matriks di sebelah kirinya.

Nah, untuk kamu yang baru mengenal matriks, simak uraian singkat berikut sebagai pengetahuan awal mengenai matriks.

Pengertian Matriks

Dalam matematika, matriks adalah kumpulan beberapa unsur atau bilangan yang tersusun antara baris dan kolom. Bilangan yang terdapat dalam matriks disebut sebagai elemen atau komponen bilangan Matriks.

Rumus matriks biasanya digunakan untuk menyelesaikan soal matematika seperti mencari solusi dari nilai persamaan liner, fungsi linear, atau transformasi linear. Rumus matriks dinyatakan dengan huruf kapital yang antara lain (x) menyatakan suatu kolom dari matriks ordo.

Istilah penting yang terdapat dalam matriks adalah kolom dan baris. Kolom digunakan untuk menyebut susunan angka secara horizontal, sementara baris digunakan untuk susunan angka yang menurun.

jenis matriks
Jenis-jenis Matriks

Dalam matematika dikenal setidaknya 4 jenis matriks. Perbedaan antar matriks ini umumnya dapat dikenali dari posisi diagonalnya, yaitu angka-angka yang segaris dengan angka pertama kolom pertama baris pertama dan angka terakhir kolom terakhir baris terakhir. Empat jenis matriks yang harus kita ketahui adalah sebagai berikut.

1. Matriks bujur sangkar

Yaitu jenis matriks yang memiliki banyak baris dan jumlahnya sama dengan banyaknya kolom. Elemen-elemen yang ada di dalam garis diagonal atau pun di luar garis diagonal cenderung berbeda dan tidak tersusun.

2. Matriks skalar

Yaitu jenis matriks yang memiliki elemen berupa angka sama pada diagonalnya. Matriks ini mungkin akan sekilas sama dengan matriks sehitiga atas, kuncinya adalah kesamaan pada elemen diagonalnya.

Untuk menandai matriks ini, kita hanya perlu melihat angka yang ada di dalam garis diagonal, tanpa melihat angka-angka yang ada di bawah atau di atas garis diagonal.

3. Matriks Segitiga Atas

Yaitu matriks yang memiliki elemen berupa angka 0 di bawah diagonalnya. Matriks ini mungkin akan sekilas sama dengan matriks skalar, tetapi elemen pada diagonal tidak selalu sama.

4. Matriks Segitiga Atas

Yaitu matriks dengan elemen-elemen yang terletak di atas garis diagonal berupa angka 0. Matriks ini berlawanan dengan matriks segitiga atas, tetapi secara konsep sama.

rumus matriks

Mari Belajar Rumus Matriks Matematika Untuk Dipelajri

Terdapat setidaknya tiga rumus matriks dalam matematika, yang tentunya berguna untuk menyelesaikan persoalan yang berbeda dan berikut di bawah ini adalah ulasannya:

1. Rumus Matriks Penjumlahan dan Pengurangan

Rumus penjumlahan dan rumus matriks pengurangan adalah jika nilai sebuah matriks A dapat dijumlahkan atau dikurangkan, dengan catatan dua matriks tersebut memiliki nilai yang sama. Kemudian, hasil dari penjumlahan tersebut didapatkan dari pemjumlahan atau pengurangan elemen yang seletak.

2. Rumus Matriks Perkalian Skalar

Rumus perkalian skalar adalah bagian rumus matriks yang dilakukan dengan cara mengkalikan skalar dengan matrik sehingga diperoleh nilaimatriks baru yang elemennya merupakan hasil perkalian skalar.

3. Rumus Matriks Perkalian Dua

Rumus perkalian dua dapat dilakukan apabila nilai matriks A dapat dikalikan dengan matriks B. Syarat lainnya adalah bahwa jumlah kolom pada matriks A sama dengan jumlah kolom pada matriks B.

Itulah tadi uraian singkat mengenai matriks, jenis-jenis matriks, dan rumus matriks yang harus kita ketahui dalam mempelajari matematika, selamat belajar.

Comments are closed.