Rumus Persenan dan Contoh Soal Presentase yang Wajib Diketahui

Rumus Persenan dan Contoh Soal Presentase yang Wajib Diketahui

Rumus Persenan– Definisi persenan, atau dalam istilah matematika sering disebut persentase atau perseratus adalah sebuah angka atau perbandingan (rasio) untuk menyatakan pecahan ratusan.

Simbol dari persen atau perseratus yang ditunjukan untuk menghitung persen yaitu %. Presentase juga digunakan untuk bilangan atau angka selain ratusan.

Contohnya, ada 4 orang yang sedang berenang, 3 diantara mereka memakai pakaian renang dan 1 orang tidak menggunakan pakaian renang. Jadi, presentase orang yang menggunakan baju renang adalah, 3/4 = 75/100 = 75%, lalu orang yang tidak menggunakan baju renang adalah 1/4 = 25/100 = 25%.

Awalnya Perhitungan Peresen Ditemukan Di Zaman Romawi Kuno

Tahukah Anda bahwa awalnya rumus persenan atau perhitungan persen ini ditemukan dan sudah dipakai oleh orang orang di zaman Romawi kuno.

Pada zaman Romawi kuno belum mengenal perhitungan desimal, sehingga di zaman ter

sebut digunakanlah cara hitung menggunakan perseratus (%) atau persen.

Pada zaman Romawi kuno juga dikenal istilah pajak lelang yang dihitung 1/100 dari nilai lelang dan dikenal dengan istilah centesima rerum venalium. Kemudian, perhitungan 1/100 ini sering digunakan disetiapperhitungan di abad abad selanjutnya.

Cara hitung ini pada ahir abad ke 15 biasa digunakan untuk menghitung laba, rugi, bunga, dan lain sebagainya.

Dahulu kala persen atau perseratus dituliskan “percento” namun sekarang penulisanya mengalami perubahan. Perubahanya pada penulisan “per” yang di ubah menjadi garis miring “/” lalu cento diubah menjadi dua nol oleh karena itu sekarang orang mengenal simbol persen atau perseratus sebagai “%” dan simbol ini menjadi simbol persen yang dikenal luas seluruh orang di dunia.

Rumus Persenan Di Matematika Memiliki Rumus Hitung Tersendiri

Persen atau perseraus di matematika sendiri mempunyai rumus hitung nya sendiri. Biasanya rumus persen akan di dapat di pelajaran matematika di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Rumus ini sering digunakan untuk menghitung atau mencari nilai penjualan atau kerugian dalam jumlah persen.

Biasanya ketika mengerjakan soal prenentase orang menghitungnya dengan cara manual. Hal ini dilakukan karena ketika dalam ujian seorang siswa biasanya tidak diperbolehkan membawa kalkulator.

Dan pada orang umum biasanya tidak semua orang membawa kalkulator di keseharian mereka. maka dari itu memang penting cmengetahui cara menghitung prenentase secara manual.

Kunci dari menghitung persentase secara manual yaitu dengan mengetahui berapa nilai pecahan dan berapa nilai yang akan di jadikan persen terhadap keseluruhan tersebut. Lalu yang terpenting yaitu mengetahui rumus untuk menghitung presentase ataupersen.

Sesungguhnya rumus presentase merupakan sebuah rumus yang sederhana dan terbilang mudah untuk dipahami. Dalam matematika presentase memiliki dua rumus matematika turunan yang berbeda, yaitu: Nilai Persen = Nilai Persen x Nilai Pecahan / 100.

Contohnya Soal Rumus Persenan

rumus persenan

Harga sebuah sepatu adalah Rp 50.000, kemudia sepatu tersebut mendapatkan diskon 5%. Untuk mencari 5% dari 50.000, dan harga sebenarnya untuk baranng tersebut rumusnya yaitu yaitu:

Cara dan jawabanya adalah:

Nilai persen = (nilai persen) x (nilai pecahan) / (100)

5 x 50.000/100

5x 500 = 2.500

Maka harga sepatu = 50.000 – 2.500 = 47.500
Kemudian rumus mencari presentse yang ke dua yaitu, Nilai Persen = Nilai / pecahan x 100.

Contoh rumus persenan lain sebagai berikut ini dan cara yang ke dua ini adalah oposit atau kebalikan dari cara yang pertama.

Semisal Anda sudah mengetahui nilai dari suatu pecahan, lalu ingin mengetahui nilai presentase dari pecahan tersebut, seperti contoh di cara yang pertama Anda akan mencari 2.500 dari 50.000 berapakah persenan nya?. maka jawabanya adalah sebagai berikut:

2.500 : 50.000 x 100 = 5%

Maka nilai persenya yaitu 5%

Contoh Soal Menghitung Rumus Presentase Lainnya:

rumus persenan

1. Terdapat wadah yang terisi air sebanyak 400 ml. Kemudian ditambahkan lagi air kedalam wadah tersebut sebanyak 20 ml. Presentase kenaikan volume air dalam wadah tersebut yaitu?

Jawaban:

Diketahui bagian adalah 20 ml. Seluruh bagian adalah 400 ml. Jadi digunakan rumus presentase yang ke dua yaitu, (20 ml : 400 ml) x 100 % = 50%.

Jadi kenaikan volume air dalam wadah tersebut adalah sebanyak 50%.2. Ada seorang pembeli yang hendak membeli sebuah bneka yang harganya Rp 80.000. dan toko penjual boneka tersebut memberi diskon sebesar 10%. Berapakah harga yang harus dibayarkan untuk membeli boneka tersebut?.

Jawaban:

Diketahui nilai pecahan Rp 80.000, dan nilai persen 10%. Jadi digunakan rumus presentase yang pertama yaitu, Nilai persen = (nilai persen) x (nilai pecahan) / (100)

10 x 80.000 / 100

10 x 800 = 8.000

80.000 – 8.000 = 72.000

Jadi harga yang harus dibayarkan untuk membeli boneka tersebut adalah Rp 72.000

Mudah dan sederhana bukan menggunakan rumus persentase. Sekian artikel ulasan singkat mengenai rumus persenan dan contoh soal presentase, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.

Comments are closed.