Mengetahui Model Sekolah Perancis dan Mata Pelajarannya

Mengetahui Model Sekolah Perancis dan Mata Pelajarannya

Sekolah Perancis – Sistem pendidikan Prancis, yang berbeda dari standar internasional, terkadang sulit dipahami oleh orang asing. Untuk membantu Anda memahaminya dengan lebih jelas, berikut ini adalah resume dari urutan umum yang diikuti oleh sebagian besar anak sekolah Perancis.

Mengetahui Model Sekolah Perancis

model sekolah perancis

– Sekolah Dasar

Sekolah dimulai pada usia 3 tahun di kelas penitipan anak diikuti oleh sekolah dasar di mana sejak tahun pertama sekolah anak-anak mulai belajar bahasa asing (umumnya bahasa Inggris). Pada usia 11 tahun anak-anak pindah ke pendidikan menengah hingga usia 18 tahun.

– Sekolah Menengah Pertama

Periode ini mencakup 4 tahun di sekolah menengah, di mana pada usia 13 tahun, di Quatrième, mereka menggunakan bahasa modern kedua, dan di mana pada pada usia 15 tahun, di Troisième, mereka mengikuti ujian nasional: Brevet National Diploma.

– Sekolah Menengah Atas

Para siswa kemudian pergi ke Sekolah Menengah umum, yang dikenal sebagai Lycée selama 3 tahun. Siswa-siswa Sekolah Menengah Atas Prancis pergi ke sekolah 5 hari seminggu

Yaitu hari Senin, Selasa, Kamis dan Jumat selama satu hari penuh (pelajaran dari 8: 00-9: 00 hingga 16: 00-18: 00) dan di pagi hari pada hari Rabu atau Sabtu (tergantung sekolah) dari jam 8:00 hingga 12:00. Rata-rata jadwal mingguan mencakup 27 jam pelajaran.

– Jenjang Kuliah

Pada usia 17 tahun, di Première, para siswa mengambil ujian Baccalaureat Prancis dan pada tahun terakhir, mereka mengambil ujian Baccalaureat Umum

Setelah mereka mencapai “Bac” para siswa dapat melanjutkan studi mereka di Pendidikan Tinggi, di Universitas, di BTS (Sertifikat Teknisi Tinggi), atau DUT (Technical University Diploma) atau di Grandes Ecoles (Spesialis Sekolah Pelatihan Pendidikan Tinggi).

Pelajar asing muda yang datang ke Prancis untuk bersekolah, baik selama 3 bulan, 6 bulan atau satu tahun, umumnya mengikuti tahun pertama Lycée atau tahun kedua Lycée. Berikut adalah beberapa detail tambahan tentang sekolah di Perancis.

Dari anak-anak hingga Juniors, siswa diperkenalkan ke bahasa Inggris. Di sekolah menengah mereka dapat memilih antara bahasa modern yang berbeda (Inggris, Jerman atau Spanyol) sesuai dengan sekolah. Pada usia 13 tahun, di Quatrième mereka dapat memilih bahasa Inggris, Jerman, Spanyol atau Italia sebagai bahasa modern kedua. Bahasa lain ditawarkan untuk siswa Lycée yang ingin melakukan bahasa modern ketiga Cina, Rusia, Portugis, Jepang.

Di pagi hari para siswa biasanya menerima 4 jam pelajaran dengan istirahat 15 menit pada pukul 10:00. Pada tengah hari para siswa biasanya memiliki istirahat 1 – 2 jam.

Mereka bisa pulang untuk makan atau makan bersama teman-teman mereka di kantin sekolah (biasanya swalayan dengan pilihan makanan terbatas). Akses ke kantin biasanya membutuhkan pra-pembayaran untuk makanan yang dicatat pada kartu magnetik yang ditunjukkan oleh siswa di pintu masuk kantin.

Mata Pelajaran Sekolah Perancis yang diajarkan di Lycée

sekolah di perancis

Lycées yang menyediakan pendidikan umum menawarkan 3 aliran terpisah. Di bawah ini adalah jurusan dan pelajaran yang terkait dengannya (jumlah jam normal per minggu yang diindikasikan untuk siswa yang sekolah di Perancis):

1. L Stream (Literature)

Berpusat pada studi sastra yang sejalan dengan dunia modern. Ini mempromosikan studi bahasa modern dan menawarkan beragam pilihan kursus khusus.

Berikut adalah jadwal dan mata pelajaran untuk siswa di Première: 4 jam bahasa Prancis, 4 jam Sejarah-Geografi, 4½ jam 2 Bahasa Modern, 2 jam Olahraga, ½ jam Pendidikan Moral dan Sipil, 1½ jam Sains, 2 jam Sastra, 2 jam Sastra Asing dalam Bahasa Asing, 3 jam Pendidikan Wajib (baik: Bahasa Modern ke-3, pelajaran lebih lanjut dalam Bahasa Modern ke-1 atau ke-2, Bahasa dan budaya Antiquity, Art (5h) atau Circus Seni (8 jam)). Total 26½ jam pelajaran per minggu.

2. ES Stream (Ekonomi dan Sosial)

Memungkinkan siswa secara progresif menyesuaikan konsep, metode, dan isu-isu kritis dari tiga ilmu sosial: Ekonomi, Sosiologi, dan Ilmu Politik. Minggu sekolah meliputi *: 4 jam bahasa Prancis, 4 jam Sejarah-Geografi, 4½ jam 2 Bahasa Modern, 2 jam Olahraga, ½ jam Pendidikan Moral dan Sipil, 3 jam Matematika, 1½ jam Sains, 5½ Ilmu dan 5 jam Ilmu Ekonomi dan Sosial. Total 27½ jam pelajaran per minggu.

3. S Stream (Ilmiah)

Untuk siswa termotivasi oleh mata pelajaran ilmiah (Matematika, Fisika-Kimia), Ekologi dan Agronomi, Ilmu Komputer dan Digital. Setiap minggu siswa memiliki *: 4 jam bahasa Prancis, 2½ jam

Sekianlah pembahasan singkat mengenai jenjang sekolah Perancis dan jika misalkan Anda ingin menanyakan informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut maka bisa klik baner di bawah ini.

Comments are closed.