Mengenal Sistem Pemerintahan Jerman dan Sejarah Negara Jerman

Mengenal Sistem Pemerintahan Jerman dan Sejarah Negara Jerman

Sistem pemerintahan Jerman – Tahukah Anda bahwa ternyata sistem pemerintahan Jerman tidak lepas dari sejarah terbentuknya negaranya, karena negara Jerman terbentuk dari proses panjang politik negara-negara di sekitar kawasan Eropa Barat. Salah satunya adalah Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2. Pada Perang Dunia I, Jerman sebagai negara kuat dibawah pengaruh Kekasairan Jerman mempunyai peran yang amat penting. Jerman berseteru dengan

Perang Dunia ke 1 diakhiri dengan tergulingnya Kekaisaran Jerman dan pembentukan negara republik Weimar. Sistem Republik di Jerman ini kemudian memunculkan partai nazi Jerman. Nazi dipimpin Hitler kemudian merangsek menjadi penguasa Jerman. Serta menyerukan Partai Nazi Hitler inilah yang dikenal dalam sejarah sebagai agresor di wilayah Eropa.

Hitler berkeinginan menyatukan Eropa ke dalam sebuah kekasairan Jerman raya. Upaya Hitler ini mendapat pertentangan dari negara-negara sekitarnya. Sehingga terjadi peperangan panjang. Padahal perang panjang ini diawali dengan serbuan Jerman ke Polandia.

Jerman juga terlibat dalam perang dunia ke 2 dengan bersekutu pada Jepang dan Uni Soviet melawan sekutu. Peperangan dunia kedua membuat Jerman kembali kalah. Dalam perjanjian pembagian hasil rampasan perang dunia kedua. Jerman kemudian dibagi menjadi dua, jerman timur dengan paham sosialis komunis. Jerman Timur sangat tergantung dengan Uni Soviet. Sementara Jerman Barat bergantung dengan blok demokrasi liberal Amerika dan sekutunya.

sistem pemerintahan jerman

Mengenal Sejarah Negara Jerman

Pembagian Jerman Timur dan Jerman Barat ditandai dengan pembuatan tembok berlin. Pembagian ini menandai dimulainya perang dingin antara blok barat dengan blok pakta warsawa. Diantaranya adalah Uni Soviet dan Jerman Timur yang tergabung di dalamnya. Ketika terjadi perubahan politik di negara-negara tetangga Jerman Timur seperti Hungaria dan Uni Soviet. Kemudian terjadi peleburan Jerman Timur dan Jerman Barat menjadi satu. Yaitu republik federal Jerman.

Penyatuan keduanya merupakan konsekuensi melemahnya perang dingin antara Amerika dan USSR (Uni Ssoviet) saat itu. Ketika Uni Soviet mengalami kemunduran Karena adanya reformasi. Diawali dari politik keterbukaan Joset Stalin hingga munculnya glasnost dan perestroika oleh Perdana Menteri Nikita Kruschevh. Serta reformasi disekitar Negara-negara Jerman seperti Austria dan Hungaria.

Reformasi demokrasi ini membawa Uni soviet pecah menjadi beberapa negara bagian. Berkurangnya pengaruh Uni Soviet di Eropa. Serta politik kebijakan Austria dan Hungaria untuk membuka perbatasan dengan Jerman. Disusul reformasi politik di Negara-negara NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) yang memaksa Jerman untuk melakukan reunifikasi.

Kini Republik Federal Jerman. Merupakan salah satu Negara maju di Eropa Barat. Ibukota Negara Jerman terletak di Berlin. Sebagai ibukota politik dan bisnis. Bahasa resmi Negara ini adalah Jerman. Dengan sistem politik dan pemerintahan menggunakan republic parlementer. Dimana kepala negara dipimpin oleh Presiden sementara kepala pemerintahan dipimpin oleh seorang kanselir.

Kanselir Jerman memegang jabatan politik yang amat penting di dalam negeri dan di luar Jerman. Di dalam negeri, Kanselir merupakan jabatan pemimpin utama dalam kepala pemerintahan. Kanselir dipilih melalui proses pemilu, dimana pemilu pendahuluan untuk memilih anggota parlemen. Parlemen Jerman diisi dua kamar, Bundestag sebagai kamar parlemen. Sementara kamar kedua, zweitstimme. Dalam bahasa Eropa, biasa disebut majelis rendah dan majelis tinggi.

sistem pemerintahan jerman

Mengenal Sistem Pemerintahan Jerman

Penduduk Jerman yang berjumlah 82,67 juta jiwa memilih 2 hal dalam pemilu. Pemilu pertama memilih calon melalui daftar nasional yang diajukan partai. Sementara daftar kedua merupakan kandidat bakal calon yang juga akan mengisi parlemen. Karena komposisi parlemen Jerman yang 598 orang dibagi dua. 299 pertama diisi kandidat yang diajukan melalui partai. Sementara, sisanya diisi kandidat personal sebagai wakil dari 299 daerah pemilihan.

Parlemen Jerman akan memilih seorang kanselir sebagai kepala pemerintahan. Sistem pemerintahan Jerman mirip dengan sistem parlementer di Eropa. Dimana seorang perdana menteri dipilih berdasarkan kesepakatan politik di parlemen. Dimana perdana menteri dipilih dari partai penguasa di parlemen. Atau gabungan dari beberapa partai yang mengajukan seorang calon perdana menteri.  Kanselir Jerman selain memimpin kepala pemerintahan.

Juga menjadi salah satu pemain penting dalam Uni Eropa. Sebagai pemain penting, Kanselir Jerman merupakan salah satu tokoh terpandang dalam beberapa negosiasi di Uni Eropa. Hal ini disebabkan karena tingginya ekonomi Jerman, iklim budaya multikulturalisme, serta stabilitas politik di Jerman yang stabil. Memudahkan struktur politik Jerman mudah bekerjasama dengan semua pihak.

Selain Dijadikan lalapan, Inilah 10 Khasiat Daun Kemangi 7 Manfaat Kentang Rebus yang Menakjubkan Bagi Kesehatan Tubuh
Comments are closed.