Selain Kehamilan, Inilah 6 Penyebab Telat Haid 1 Minggu

Selain Kehamilan, Inilah 6 Penyebab Telat Haid 1 Minggu

Telat Haid 1 Minggu – Menstruasi atau haid adalah proses keluarnya darah dari rahim yang terjadi karena gugurnya sel sel telur yang tidak dibuahi. Siklus menstruasi atau haid pada setiap perempuan akan berbeda-beda, tetapi umumnya akan terjadi setiap 21 hari hingga 35 hari sekali dalam rentang waktu 1 minggu.

Tidak jarang seorang wanita mengalami siklus menstruasi yang berubah hingga 1 minggu. Telat haid 1 minggu tersebut tentu akan membuat khawatir dengan kondisi kesehatan tubuh. Terlebih bagi perempuan yang sudah menikah, hal itu harus diketahui penyebabnya supaya tidak keliru menjalani pola hidup kedepannya.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan siklus datang bulan menjadi bergeser atau berubah. Beberapa hal yang dapat menyebabkan seorang perempuan telat haid 1 minggu dan biasanya telat haid 1 minggu bisa menadakan adanya kehamilan.

Baca Juga  Inilah 7 Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil yang Jarang Diketahui

Kehamilan adalah prasangka secara umum apabila seorang perempuan mengalami telat haid 1 minggu ataupun lebih. Hal ini terutama bagi perempuan yang sudah atau masih aktif berhubungan badan.

Oleh karena itu, untuk memastikan kebenarannya, pengujian menggunakan tespek adalah yang paling efektif.

Yang harus dipahami pada perempuan yang sudah berhubungan badan, hasil positif yang ditunjukkan tespek bisa dipastikan akurat. Namun, apabila hasilnya negatif, maka itu belum menunjukkan bukan kehamilan. Dalam 1 minggu, kehamilan memang belum terdeteksi oleh tespek.

penyebab telat haid 1 minggu
Selain Kehamilan, Inilah 6 Penyebab Telat Haid 1 Minggu

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa penyebab telat haid ada banyak faktor, lalu apa sajakah itu? berikut di bawah ini adalah penjelasannya:

1. Masa Menyusui

Setelah melahirkan seorang anak, bukan mustahil seorang ibu akan kembali mengandung. Namun, kasus yang lebih banyak terjadi ketika seorang ibu baru saja melahirkan dan telat datang bulan hingga 1 minggu adalah karena tubuh yang merespon produksi asi.

Baca Juga  Penyebab Telat Haid Dan Cara Mengatasinya

2. Gaya Hidup Kurang Baik

Faktor yang paling sering menjadi penyebab seorang perempuan memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur adalah gaya hidup yang kurang baik.

Gaya hidup kurang baik yang dimaksud bukan hanya seperti sering merokok, minum minuman keras, ataupun mengalami stres, tetapi juga bisa karena olahraga yang berlebihan.

3. Kondisi Perimenopause

Kondisi ini merupakan kondisi perempuan yang segera memasuki waktu menopause. Perempuan yang sudah memasuki usia 40 tahun lazimnya akan mengalami hal ini.

Salah satu gejalanya adalah menstruasi yang menjadi tidak teratur atau terlambat, sering berkeringat atau kepanasan di malam hari, vagina kering, dan susah tidur.

Baca Juga  Apa Itu Ovulasi? Inilah Ciri - Ciri dan Cara Menghitungnya

telat haid 1 minggu apa tanda hamil

4. Perubahan Berat Badan Drastis

Perubahan berat badan secara tiba-tiba jalan jumlah yang signifikan akan membuat keseimbangan hormon dalam tubuh menjadi kacau. Perempuan penderita anoreksia nervosa dan obesitas adalah yang sering mengalami ini.

Oleh karena itu, jika pun harus melakukan sebuah diet maka harus dilakukan dengan bertahap supaya tubuh tetap sehat.

5. Kondisi Medis Tertentu

Beberapa penyakit atau gangguan di dalam tubuh juga akan mempengaruhi siklus menstruasi seorang perempuan. Hal ini juga mungkin menyebabkan telat haid 1 minggu atau lebih.

Gangguan tubuh yang dimaksud adalah seperti penyakit tiroid, sindrom ovarium polikistik, kista ovarium, gangguan fungsi hati, penyakit kelenjar adrenal, hingga diabetes.

Baca Juga  Beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

6. Efek Samping Mengkonsumsi Obat-Obatan

Beberapa obat tentu akan memiliki efek samping ketika dikonsumsi, terutama dalam dosis yang besar. Beberapa obat seperti pil kb, obat-obatan hormon, obat pasca kemoterapi, obat penurun tekanan darah dan pengencer darah, obat anti nyeri, obat epilepsi, atau obat antidepresan bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur.

Itulah tadi beberapa kemungkinan apabila kamu mengalami telat haid 1 minggu atau lebih. Hal tersebut umumnya akan kembali normal dalam satu atau dua siklus menstruasi ke depan. Namun, apabila hal itu semakin sering terjadi, maka tidak ada salahnya untuk mengkonsultasikan kepada dokter.

Mari Belajar Kata Benda Dalam Bahasa Inggris Disini 8 Kata Kata Mutiara Bahasa Inggris dan Cinta Yang Menginspirasi
Comments are closed.