Bukan Cuma test Pack, Ini Cara Tes Kehamilan Dengan Gula

Bukan Cuma test Pack, Ini Cara Tes Kehamilan Dengan Gula

Cara Tes Kehamilan Dengan Gula – Meskipun akan lebih akurat apabila tes kehamilan menggunakan peralatan medis seperti test pack atau langsung berkonsultasi kepada tenaga medis, namun ada saja yang ingin mencoba tes dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Baca Juga  Khasiat Beras Kencur Untuk Kesehatan Pria Dan Wanita

Hal seperti itu biasanya untuk pengujian pertama untuk meyakinkan tanda-tanda lain yang sudah lebih dulu muncul. Nah, salah satu bahan yang bisa dijadikan alat ukur tes kehamilan adalah gula pasir.

 cara tes kehamilan dengan gula
Bukan Cuma test Pack, Ini Cara Tes Kehamilan Dengan Gula

Pada dasarnya, yang akan diukur adalah keasaman rahim atau cairan di dalam vagina. Oleh karena itu, peralatan yang dipakai harus diusahakan tidak mempengaruhi keasaman atau pH dan alat-alat yang dibutuhkan untuk tes kehamilan dengan gula ini adalah mangkuk dan tentu saja gula pasir.

Baca Juga  Ini 5 Manfaat Jus Alpukat dari Diet Sampai Ibu Hamil

Bersihkan mangkuk menggunakan air panas sebelum digunakan. Pilih mangkuk berbahan kaca. Sementara itu, mengenai gula, sebenarnya bisa menggunakan semua jenis gula, namun akan lebih efektif apabila yang digunakan adalah gula putih. Hal tersebut karena di dalam gula pasir terdapat senyawa lebih kuat yang bereaksi dan mendeteksi adanya kadar Hcg dalam urin.

Persiapan kecil juga harus dilakukan. Sehari sebelum menguji urin, sebaiknya Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi cairan. Hal itu untuk memekatkan urin yang nantinya dikeluarkan.

Waktu dan Cara Tes Kehamilan Dengan Gula

Sama dengan tes urin lainnya, waktu yang paling baik untuk melakukan tes hamil menggunakan gula ini adalah ketika pagi hari setelah bangun tidur. Hal tersebut dikarenakan hormon hCG dalam tubuh yang terbawa urin masih kuat dan belum terpengaruh dengan kondisi tertentu.

Baca Juga  Jangan Panik, Ini 7 Cara Meringankan Perut Kram Saat Hamil

Untuk melakukannya, cukup ambil beberapa tetes urin. Pindahkan ke dalam mangkuk dan campurkan dengan gula pasir putih. Penting untuk menjaga urin tidak terkontaminasi dengan cairan atau zat lain yang mempengaruhi senyawa. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga muncul reaksi tertentu yang terlihat pada gula putih.

tes kehamilan
Bagamanakah Hasil Tes Kehamilan?

Ketika urin dan gula bercampur, reaksi yang lazim terjadi apabila Anda hamil adalah muncul gumpalan. Sementara itu, apabila gula terurai seperti terkena air mineral biasa, artinya Anda tidak hamil.

Keakuratan hasil dari tes kehamilan dengan gula ini berdasarkan respon kimiaawi antara gula pasir putih dan urin. Diketahui bahwa pada urin perempuan hamil memiliki HCG, yaitu sebuah hormon yang diproduksi oleh plasenta. Hormon inilah yang akan membuat gula menggumpal.

Namun, perlu diingat tes kehamilan dengan gula ini hanyalah sebagai pengujian cepat. Apabila hasilnya menunjukan bahwa Anda hamil, maka hal itu bisalah dianggap 99% kebenaran. Namun, apabila hasilnya negatif hamil, tentu harus diuji dengan cara lain. Jangan sampai telat untuk memeriksakan diri hanya karena mempercayai hasil tes ini yang menyatakan Anda tidak hamil.

3 Penyebab Kegagalan Tes Kehamilan yang Perlu Diketahui

Jika hasil percobaan membuktikan gula menjadi menggumpal, maka hampir tidak ada faktor yang membuatnya keliru atau tidak valid. Namun, apabila hasilnya gula terurai, ada banyak faktor yang membuatnya tidak menunjukan hal yang sebenarnya. Beberapa faktor yang membuat tes ini gagal adalah sebagai berikut.

Baca Juga  Begini Cara Tes Kehamilan Dengan Pasta Gigi Secara Rinci

1. Ketidaksterilan wadah yang digunakan. Kekurangan tes kehamilan dengan gula ini memang pada keterbukaan alat-alat yang digunakan.

2. Adanya pengaruh obat-obatan tertentu yang sedang Anda dikonsumsi. Hal itu kemudian bisa menyebabkan hCG tidak terdeteksi dengan baik.

3. Terlalu banyak meminum cairan. Sebenarnya minum banyak cukup baik untuk menjaga kesehatan sistem absorbsi, namun untuk kali ini tidak demikian. Semakin encer urin tersebut maka kadar hormon hCG-nya semakin kurang pekat pula.

Cara Mudah Belajar Bahasa Jerman Sehari Hari Untuk Pemula Mengenang Sejarah Perjanjian Linggarjati, dan 4 Hasil Perjanjiannya
Comments are closed.