Ini 8 Universitas di Australia Paling Top Untuk Mahasiswa

Ini 8 Universitas di Australia Paling Top Untuk Mahasiswa

Universitas di Australia – Australia merupakan salah satu negara tujuan studi yang populer, apalagi bagi para pelajar Indonesia.

Salah satu alasannya adalah karena kualitas pengajaran yang diberikan universitas di Australia. Bahkan beberapa universitas di Australia menempati posisi tinggi dalam daftar peringkat universitas dunia.

universitas di australia yang terkenal
Ini 8 Universitas di Australia Paling Top Untuk Mahasiswa

Bagi pelajar Indonesia, ada alasan lain yang menjadikan Australia sebagai negara favorit. Apalagi kalau bukan jarak yang tidak terlalu jauh. Sewaktu-waktu keluarga memanggil, kalian bisa pulang dengan segera. Bagi kalian yang sedang mencari kampus terbaik di luar negeri, berikut ini daftar 8 kampus top di Australia

1.University of Melbourne

Universitas dengan usia lebih dari 160 tahun ini merupakan kampus tertua kedua di Australia. Selama bertahun-tahun, universitas Melbourne terus masuk dalam peringkat atas dunia. Pada tahun 2019 ini, mereka berada di peringkat 39 versi QS World University Rankings dan peringkat 32 versi Times Higher Education.

Beberapa bidang studi unggulannya diantaranya Kedokteran, Teknik, Ilmu Sosial, dan life science. Mahasiswa yang kuliah di universitas Melbourne juga sangat beragam. Kalian akan bertemu dengan mahasiswa dari 130 negara. Total ada sekitar 45 ribu mahasiswa dengan 12 ribu diantaranya berasal dari luar Australia.

Universitas Melbourne juga menjadi salah satu kampus favorit bagi pelajar Indonesia. Tiap tahun ada banyak pelajar Indonesia yang meneruskan pendidikannya ke sini. Bahkan di kampus ini ada beberapa organisasi mahasiswa Indonesia seperti Indonesian Student’s Association, Indonesian Studies and Language Association, serta Indonesian Campus Ministries.

2.Australian National University (ANU)

Universitas Nasional Australia atau ANU merupakan universitas pertama di negara itu yang fokus pada penelitian. Kampus yang terletak di ibukota Australia, yaitu Canberra ini telah menghasilkan banyak prestasi internasional.

Alumni maupun peneliti universitas ini telah berhasil memenangkan sebanyak enam hadiah nobel. Contohnya saja pemenang nobel fisika 2011, yaitu Brian Schmidt merupakan wakil rektor ANU.

Salah satu bukti pengakuan reputasi ANU adalah mereka memiliki peringkat 49 dunia versi Times Higher Education. ANU juga memiliki alumni yang hebat.

Bahkan ada dua mantan Perdana Menteri Australia yang penah kuliah di ANU, yaitu Bob Hawke (Perdana Menteri 1983-1991) dan Kevin Rudd (2007-2010). Dari Indonesia, ada Bapak Chatib Basri yang pernah menjadi Menteri Keuangan tahun 2013-2014.

3.University of Sydney

Universitas Sydney adalah universitas pertama yang berdiri di Australia pada tahun 1851 atau 3 tahun sebelum universitas Melbourne. Reputasi universitas Sydney sebagai yang terbaik masih terjaga, bahkan mereka merupakan universitas terbaik ke 42 versi QS World University Rankings 2019 dan peringkat 59 versi Times Higher Education.

Dengan bangunan kampus yang sangat indah dan fasilitas modern, mahasiswa akan dibuat enjoy saat menjalani studi di sini. Saat ini universitas menampung sekitar 43 ribu mahasiswa yang berasal dari 134 negara. Tidak hanya urusan studi, Sydney menarik minat banyak mahasiswa asing karena reputasinya sebagai salah satu kota terbaik di dunia.

4.University of Queensland

Bagi kalian yang memiliki minat dengan bidang Sains, Teknologi, atau Kedokteran, universitas Queensland bisa menjadi pilihan. Karena mereka memiliki reputasi hebat dalam penelitian bidang studi tersebut. Untuk membantu studi dan penelitian mahasiswanya, universitas Queensland memiliki fasilitas penelitian nomor wahid.

Saat ini universitas Queensland menjadi tempat studi bagi 38 ribu mahasiswa, dengan 12 ribu diantaranya mahasiswa asing dari 141 negara. Sebanyak hampir 14 ribu mahasiswa mengambil program Doktoral, dan ini menjadi salah satu yang terbesar di Australia.

Mahasiswa akan menikmati keuntungan lain. Berlokasi di kota Brisbane, biaya hidup lebih rendah dibanding kota-kota besar di Australia lainnya. Suasana kota yang lebih santai serta masih banyak kawasan hijau membuat kalian lebih bisa menikmati hidup.

universitas di australia

5.Monash university

Memiliki mahasiswa sebanyak 60 ribu, universitas Monash memegang rekor sebagai yang terbesar di Australia dalam urusan jumlah mahasiswa. Kekuatan utama universitas Monash adalah pada bidang Teknik dan Teknologi. Bahkan oleh majalah TIMES, mereka dinobatkan sebagai yang terbaik di Australia dalam bidang Teknik dan Teknologi.

Hebatnya lagi, universitas yang berpusat di Melbourne, Victoria ini melebarkan sayapnya hingga ke luar negeri. Mereka membuka kampus di Malaysia, sekolah pascasarjana di Jiangsu, Cina, serta pusat penelitian di Prato, Italia dan Mumbai, India.

6.University of New South Wales (UNSW)

Satu lagi universitas terkemuka yang berlokasi di Sydney. Universitas yang terkenal dengan nama UNSW ini menjadi salah satu yang terdepan dalam riset. Menurut majalah financial times tahun 2014, UNSW juga menjadi salah satu yang terbaik dalam pendidikan MBA.

UNSW juga sangat populer bagi siswa Indonesia. Ini mungkin dikarenakan banyaknya alumni terbaik yang dihasilkan UNSW. Salah satunya adalah Meutya Hafid, mantan reporter yang menjadi terkenal karena pernah disandera di Iraq. Selain itu, banyak alumni UNSW yang telah memiliki jabatan tinggi di berbagai perusahaan multinasional.

7.University of Western Australia (UWA)

Universitas Australia Barat atau UWA berpusat di kota Perth. Universitas yang mulai beroperasi pada tahun 1911 ini menjadi universitas pertama di negara bagian Australia Barat. Mereka terkenal karena reputasi dan kualitasnya dalam Ilmu Pertanian, Psikologi, Pendidikan, serta Ilmu Bumi dan Kelautan.

Universitas menampung sekitar 24 ribu mahasiswa yang tergabung dalam sembilan fakultas, yaitu Arsitektur, Teknik, Komputasi dan Matematika, Landscape dan Seni Visual, Bisnis, Seni, Pendidikan, Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan, Hukum, serta Studi tentang penduduk pribumi Australia.

Di luar kuliah, mahasiswa tidak perlu jauh-jauh mencari hiburan. Karena kampus berdekatan dengan beberapa objek wisata seperti konservasi alam teluk Matilda, sungai Swan, serta pantai.

8.University of Adelaide

Universitas Adelaide berdiri pada tahun 1874 dan menjadi universitas tertua ketiga di Australia. Sampai sekarang universitas ini masih termasuk dalam jajaran elit universitas dunia. Universitas Adelaide sangat cocok bagi pelajar yang ingin mendalami ilmu-ilmu eksakta.

Karena kekuatan utama universitas Adelaide memang di bidang seperti Fisika, Kimia, Ilmu Lingkungan, Ilmu Bumi, serta Matematika dan Komputasi.

Dari universitas Adelaide ini, alumninya telah memenangkan sebanyak lima hadiah nobel. Universitas ini juga memiliki alumni yang reputasinya sangat baik. Perdana Menteri wanita pertama Australia, yaitu Julia Gillard dan hakim agung wanita pertama di Australia, yaitu Roma Mitchell merupakan contoh kecil alumni universitas Adelaide.

Selain memilih jurusan yang sesuai bakat, kedelapan universitas di Australia di atas bisa kalian jadikan prioritas utama bagi kalian yang hendak melanjutkan studi ke negeri kanguru. Kuliah di universitas yang memiliki Kualitas dan reputasi dunia akan membuat kalian lebih leluasa dalam memilih karir di masa depan.

Universitas di Australia juga menawarkan berbagai pilihan jurusan yang menarik. Bidang ilmu apa saja, kalian bisa menemukan dengan mudah di Australia. Jadi, universitas mana yang akan kalian pilih?

Comments are closed.