Syarat, Biaya dan Jurusan Universitas Melbourne Australia

Syarat, Biaya dan Jurusan Universitas Melbourne Australia

Universitas Melbourne – Universitas Melbourne merupakan salah satu universitas negeri yang telah berdiri sejak tahun 1853. Berusia hampir 170 tahun, ini adalah universitas tertua kedua di Australia, didirikan 3 tahun setelah Universitas Sydney.

Selama bertahun-tahun, universitas Melbourne berhasil mempertahankan reputasinya sebagai yang terbaik di Australia. Universitas Melbourne berada di peringkat 32 dunia versi Times Higher Education, sekaligus menjadi yang tertinggi diantara universitas di Australia.

Saat ini kampus utama berpusat di Parkville, Victoria, Australia. Tapi gedung kampus universitas Melbourne terletak di 7 tempat yang berbeda. Selain di Parkville, kampus lainnya ada di daerah Burnley, Southbank, Dookie, Werribee, Creswick, dan Shepparton.

Nah, bagi kalian yang tertarik melanjutkan studi ke Australia, berikut ini ulasan lengkap tentang universitas Melbourne

Mengenal Kota Melbourne

Walau berlokasi di benua Australia yang jaraknya ribuan kilometer dari Eropa, tapi Melbourne tidak jauh berbeda dengan kota-kota di Eropa. Bahkan kota Melbourne tercatat sebagai most liveable city in the world atau kota dengan standard hidup terbaik di dunia.

Kota Melbourne sangat bersih dan teratur. Mereka juga memiliki fasilitas transportasi publik yang modern dan canggih. Ada bus, kereta, atau tram yang siap mengantarkanmu kemana saja. Selain nyaman, moda transportasi yang ada sangat banyak dan tersedia sampai tengah malam. Jadi, jangan khawatir dengan angkutan umum.

Walau kotanya sangat modern, tapi Melbourne juga memiliki alam yang indah. St. Kilda Beach merupakan pantai terkenal yang lokasinya dekat dengan kota. Kalau kalian ingin suasana yang sepi, kalian bisa bersantai ke Brighton beach. Di sepanjang pantai terdapat kayu warna-warni yang menambah keunikan pantai tersebut.

jurusan universitas melbourne

Jurusan – Jurusan Universitas Melbourne Australia

Struktur universitas di Australia sedikit berbeda dengan Indonesia. Ada 10 fakultas atau jurusan di universitas Melbourne Australia, lalu setiap fakultas terdiri beberapa bagian, seperti graduate school, academic department dan School.

•Fakultas Arsitektur, Bangunan, dan Perencanaan

•Fakultas Seni

•Fakultas Bisnis dan Ekonomi

•Sekolah Pascasarjana Pendidikan Melbourne (Melbourne Graduate School of Education)

•Sekolah Teknik Melbourne (Melbourne School of Engineering)

•Fakultas Seni Rupa dan Musik

•Sekolah Hukum Melbourne (Melbourne Law School)

•Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan

•Fakultas Sains

•Fakultas Kedokteran Hewan dan Ilmu Pertanian

Mahasiswa undergraduate bisa memilih beberapa jurusan yang ada di universitas Melbourne, diantaranya sekolah bahasa dan linguistik, sekolah Sejarah dan filsafat, jurusan Akuntansi, Finance, jurusan Pendidikan Kedokteran, Bedah, Keperawatan, sekolah ilmu bumi, dan masih banyak lagi.

Universitas Melbourne juga memiliki beberapa sekolah pascasarjana seperti sekolah pascasarjana humaniora dan Ilmu Sosial, sekolah Pemerintahan, Ilmu Kesehatan, Kedokteran, Psikologi, kedokteran Hewan, dll.

Syarat kuliah di Universitas Melbourne

Bagi kalian yang tertarik kuliah di universitas Melbourne, yang pertama dilakukan adalah mendaftar terlebih dulu. Untungnya, seluruh proses pendaftaran dilakukan secara online. Beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran diantaranya formulir pendaftaran, dokumen imigrasi (misalnya paspor), data diri, GTE (didapatkan dari kantor imigrasi Australia), dll.

Untuk persyaratan pendaftaran selengkapnya, kalian bisa cek website resmi universitas di alamat https://study.unimelb.edu.au/how-to-apply

Setelah kalian bisa memenuhi syarat pendaftaran, selanjutnya kalian harus lolos syarat minimum agar bisa kuliah di universitas Melbourne. Selain harus menjalani tes tertulis dan interview, yang tidak kalah pentingnya adalah memenuhi syarat kemampuan bahasa Inggris.

Bahasa resmi di Australia adalah bahasa Inggris, sehingga unversitas dan pihak imigrasi perlu bukti kemampuan bahasa Inggris kalian. Ini diperlukan untuk menjamin bahwa kalian tidak bermasalah saat harus berkomunikasi, baik di kampus maupun di luar kampus.

Bagaimana cara membuktikan kemampuan bahasa Inggris? Yaitu dengan menunjukkan hasil tes TOEFL atau IELTS. Biasanya universitas di Australia lebih banyak yang menggunakan IELTS daripada TOEFL. Score IELTS akan sangat mempengaruhi diterima tidaknya kalian di universitas Melbourne. Begitu persyaratan score IELTS terpenuhi, berarti kalian sudah berhasil melewati salah satu syarat kuliah di universitas Melbourne.

Biaya Kuliah di Universitas Melbourne

Bagi siapa saja yang mau kuliah di luar negeri, biaya pasti menjadi salah satu pertimbangan. Lalu berapa biaya kuliah atau tuition fee di universitas Melbourne. Biaya yang dibahas di sini hanyalah biaya kuliah dan biaya hidup saja. Tentu saja kalian juga harus mempersiapkan biaya persiapan seperti biaya pendaftaran, visa, maupun biaya tes IELTS.

Besarnya biaya kuliah di universitas Melbourne tergantung dari jurusan yang diambil dan credit points (jumlah SKS) yang diambil dalam satu tahun. Tuition fee Jurusan Seni Pertunjukan, Pendidikan, Pumaniora, dan Ilmu Sosial berkisar antara 29.000 sampai 33.000 Australia Dollar atau sekitar 290 juta hingga 330 juta Rupiah per tahun.

Sedangkan bidang studi lainnya seperti Pertanian, Teknik, Ekonomi, Matematika, serta hukum ada kisaran 43.000 Australia Dollar atau 430 juta Rupiah per tahun.

Seperti di kampus-kampus lainnya, jurusan yang berhubungan dengan Kedokteran masih memegang predikat sebagai jurusan mahal. Kedokteran gigi biaya kuliahnya sekitar 67.000 Australia Dollar per tahun, sedangkan Kedokteran (medicine clinical) mencapai 91.000 Australia Dollar per tahun.

biaya hidup di universitas melbourne

Biaya hidup Pelajar Di Australia

Selain biaya kuliah, biaya hidup menjadi pertanyaan yang sering disampaikan pelajar Indonesia. Wajar saja, karena perbedaan kurs membuat biaya hidup di luar negeri terasa mahal. Kalau misalkan saja $AUD 1 = Rp 10.000, maka wajar saja kalau biaya hidup di Australia jauh di atas Indonesia.

Kalau biaya hidup total selama sebulan, pasti sangat tergantung dari lifestyle masing-masing mahasiswa. Tapi pemerintah Australia sudah menetapkan biaya hidup minimum selama 1 tahun adalah $AUD 20.290 atau $AUD 1691/bulan.

Angka tersebut hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok saja, seperti sewa tempat tinggal (akomodasi), makan, transportasi, telepon, dan biaya ekstra lainnya.

universitas melbourne australi
Cara Agar Bisa Mendapatkan Beasiswa di Universitas Melbourne?

Bagi kalian yang ingin kuliah di universitas Melbourne, bisa dibilang wajib hukumnya mendapat beasiswa. Kalaupun bukan beasiswa penuh, beasiswa parsial juga akan membantu memenuhi kebutuhan hidup kalian. Bahkan sebagian besar mahasiswa asing menjalani perkuliahan di universitas Melbourne dengan dukungan beasiswa.

Beasiswa akan membuat kalian tidak terbebani dengan biaya hidup dan bisa lebih konsentrasi pada studi. Tidak hanya itu, memenangkan beasiswa menunjukkan bahwa kalian orang yang terpilih diantara kandidat lainnya. Ini akan membuat Curriculum Vitae kalian lebih meyakinkan.

Ada lebih dari 400 beasiswa yang tersedia untuk mahasiswa asing yang kuliah di universitas Melbourne. Sebagian beasiswa diberikan berdasar prestasi akademik mahasiswa. Artinya kalian harus terdaftar dulu sebagai mahasiwa universitas Melbourne.

Beasiswa tersebut bisa berasal dari pemerintah Australia, organisasi nirlaba, perusahaan, atau dari universitas Melbourne sendiri. Beberapa beasiswa yang memberikan kuota mahasiswa sangat banyak diantaranya Melbourne Mobility Award, Graduate Research Scholarships, Melbourne Access Scholarships, Student Grants, dll.
Informasi beasiswa universitas Melbourne bisa dilihat di https://scholarships.unimelb.edu.au/about-scholarships.

Selain itu, kalian juga bisa mencoba beasiswa yang memang dikhususkan bagi mahasiswa internasional. Diantaranya International Undergraduate Scholarship, Australia award scholarship (AAS), Endeavour, dll.

Nah bagi teman-teman semua yang mau kuliah di Australia, jangan ragu untuk menjadikan universitas Melbourne sebagai pilihan. Selain berkesempatan menjalani studi di universitas kelas dunia, ada banyak pengalaman yang akan kalian dapatkan. Semoga bermanfaat dan sukses selalu ya!!

Comments are closed.